THE SPY NEXT DOOR (2010)

Tidak ada komentar
Jackie Chan adalah aktor terbesar Asia saat ini. Itu jelas dan gak bisa terbantahkan. Kiprahnya udah melanglang buana sampe ke Hollywood. Udah banyak film Hollywood yang dia bintangi. Dan cukup sukses pula pendapatannya. Tapi ada satu kekurangan dalam tiap film Holly Jackie. Kualitas. Kata itu sepertinya susah didapat. Filmnya selalu bertema ringan, dengan plot yang terlalu sengaja dibikin komedi. Dan andalan utamanya jelas aksi beladiri Jackie Chan. Dan sayangnya peran Jackie di film Holly kebanyakan terbatas cuma di peran komedi yang tidak memerlukan akting yang memadahi. Tapi tahun 2010 ini sepertinya beda. Lewat fiilm terbarunya, The Karate Kid, Jackie Chan berhasil membuktikan kapasitas aktingnya. Meskipun agak beda dengan peran biasanya (disini dia tampil serius) tapi dia bisa bermain baik. Selain itu, ada lagi satu filmnya di tahun ini, yaitu The Spy Next Door. Apa dia tampil sebrilian di Karate Kid ato malah kembali ke peran biasanya?

Bob Ho (Jackie Chan) adalah seorang mata-mata asal Cina yang dipinjamkan ke CIA. Dia adalah agen terbaik disana. Tapi dia merasa lelah dan ingin memiliki kehidupuan normal agar bisa menikahi sang kekasih, Gillian. Diapun memilih pensiun. Gillian sendiri adalah janda yang memiliki 3 orang anak. Anak-anak Gillian tidak menyukai Bob karena dianggap kurang keren dan sebagainya. Sampe suatu hari Gillian harus meninggalkan anak-anaknya sementara waktu untuk menjenguk ayahnya, Bob menawarkan diri menjaga ketiga anaknya demi usaha mendekatkan hubungan mereka.
Ternyata hal itu gak mudah. Ketiga anak itu emang cukup bandel. Hal itu diperparah saat si anak cowok, Ian malah mendownload sebuah file rahasia milik teroris Rusia karena dikiranya itu sebuah file rekaman konser. Hal itu bikin Bob dan ketiga anak itu dikejar-kejar oleh para teroris Rusia.

NO! NO! NO! Jackie kembali lagi ke film dan peran macam beginian. Jalan ceritanya amat sangat mudah ditebak. Kerasa banget jualan satu-satunya film ini adalah Jackie Chan. Liat aja openingnya yang menampilkan adegan film-film lawasnya. Buat apa coba? Akting Jackie juga tergolong buruk disini. Gak kerasa chemistry antara Bob dan Gillian. Gak pantes banget jadi orang pacaran. Yah, emang Jackie bukan tipe aktor romantis. Kekurangan lain adalah disisi penjahatnya. Gak bisa apa nampilin penjahat yang serius? Kelucuan itu cukup ditampilkan aksi kung fu jackie. Gausah ditambahin tingkah konyol para penjahat. Kalo teroris macem gitu, sepertinya dunia bakalan aman terus. Oya, saya ralat. Jualan film ini gak sepenuhnya Jackie Chan. Lihat di posternya, ada nama Billy Ray Cyrus yang tetulis cukup gede. Yak, Miley's father. Konyolnya walopun ditulis sebagai salah satu pemeran utama, tokohnya di film ini malah gak penting. Keliatan banget cuma buat jualan. Tapi bukannya gak ada hal positif disini. Setidaknya aksi kung fu komikal Jackie masih menghibur saya. Usia emang berpengaruh pada gerakannya, tapi masih terlihat cukup brilian.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar