HATCHET II (2010)

Tidak ada komentar

Saat sedang iseng-iseng browsing saya menemukan sebuah film horror-slasher yang jajaran pemainnya menampilkan 3 sosok legendaris dalam dunia film slasher. Film yang berjudul "Hatchet" itu menampilkan Kane Hodder yang terkenal sebagai Jason Voorhees, Tony Todd sang Candyman, dan yang terakhir Robert Englund yang dikenal sebagai Freddy Krueger. Ketiganya adalah sosok pembunuh berantai legendaris. Diantara mereka, Kane Hodder yang mendapat peran terbesar, yakni menjadi Victor Crowley, sang pembunuh berantai di film itu. Sedangkan Tony Todd menjadi Reverend Zombie, seorang tokoh sampingan yang merupakan pemilik toko voodoo. Sedangkan Robert Englund perannya paling kecil, yaitu menjadi ayah tokoh utama film ini yang menjadi korban pertama dari Victor Crowley diawal film. Tahun 2010, atau 4 tahun dari film pertamanya sekuel film ini dibuat dengan judul "Hatchet II". Masih disutradarai Adam Green, Tony Todd dan Kane Hodder kembali bermain di sekuel ini. Sedangkan tokoh utama film ini, Marybeth yang di film pertama dimainkan Tamara Feldman kali ini dimainkan oleh Danielle Harris yang sudah 4 kali bermain di fillm Halloween sehingga mendapat julukan "Scream Queen"

Film ini mengambil momen tepat setelah film pertama berakhir dimana Marybeth berkonfrontasi dengan Victor. Marybeth akhirnya berhasil kabur dan ditolong oleh seorang pria tua yang membawa Marybeth kedalam kabinnya. Pria yang awalnya ramah itu berubah sikap setelah mengetahui siapa ayah Marybeth dan mengusir Marybeth untuk pergi dan menemui Reverend Zombie untuk meminta bantuan. Setelah Marybeth pergi meninggalkan kabin, kita akan diperlihatkan Victor Crowley memulai aksinya kembali dengan membantai sang pria tua menggunakan ususnya sendiri.


Marybeth lalu pergi menemui Reverend Zombie dan akhirnya terkuak kalau sang ayah adalah satu dari beberapa anak yang menyebabkan kematian Victor Crowley dahulu. Dan kini Victor kembali bangkit sebagai zombie pembunuh yang tidak bisa mati. Bukannya menikmati keselamatan yang dia dapat, Marybeth malah meminta Rev. Zombie menemaninya kembali ke rawa untuk mencari jasad keluarganya yang tertinggal sekaligus untuk balas dendan kepada Victor. Rev. Zombie yang setuju lalu mengumpulkan beberapa orang pemburu dan akhirnya mereka berangkat bersama menuju ke rawa. Marybeth sendiri mengajak sang paman yang awalnya tidak percaya akan legenda Victor Crowley. Bersamaan dengan mereka menginjakkan kaki di rawa, mulai saat itu jugalah Victor Crowley sang zombie pembunuh memulai kembali aksi pembantaiannya.

Poin plus dari film ini adalah cara pembunuhan yang dilakukan oleh Victor cukup menghibur dan kadang lucu. Menjerat orang dengan usus sendiri, membelah 2 orang sekaligus dengan gergaji mesin panjang dengan mengangkat mereka terlebih dahulu lewat selangkangan (combo!!!) sampai membunuh pria dan wanita yang sedang bercinta (combo #2 !!!) Masih banyak juga cara membunuh lain yang tidak kalah sadis dan unik. Kane Hodder sendiri tidak perlu repot dan kesulitan melakukan semua itu. Yak, mana mungkin seorang Jason Voorhees kesulitan membantai orang. Tony Todd juga masih mampu menunjukkan karisma yang cukup menyeramkan seperti yang dia tampilkan sebagai Candyman. Begitu juga Daniella Harris yang membuktikan gelarnya sebagai Scream Queen. Aksinya di ending film juga cukup bad-ass.

Sayangnya di bagian tengah, Hatchet II sempat kehilangan momen serunya. Selama hampir 30 menit saya dibuat bosan. Sepertiga durasi film lebih digunakan untuk pengumpulan tim untuk masuk rawa. Untuk film adventure-horror mungkin hal itu perlu. Tapi untuk slasher macam film ini saya rasa berbagai tetek bengek macam itu tidaklah perlu dan hanya membuat tensi film turun drastis. Yang membuat saya sebal, setelah waktu yang digunakan untuk mengumpulkan tim cukup lama, pada akhirnya mereka tidak mampu melakukan apapun dihadapan Victor. Sebenarnya masing-masing dari mereka punya kepribadian yang cukup menarik apabila diberi sedikit kesempatan "melawan" dan mencoba survive. Tapi mereka hanya diberi porsi untuk dibantai.

Saya merasa Adam Green ingin membuat "The Next Friday the 13th". Itu terlihat dari beberapa hal. Yang pertama adalah setting tempat, kalau Friday the 13th adalah danau, Hatchet memakai rawa. Kemudian tokoh pembunuhnya. Jason Voorhees adalah seorang bocah cacat yang diejek temannya, lalu sempat mati sebelum kemudian bangkit kembali. Victor Crowley? Dia juga adalah bocah cacat yang sebelum kematiannya terkurung didalam rumahnya yang dibakar oleh bocah-bocah yang seumuran dengan dia. Kesamaan yang terakhir jelas: Kane Hodder. Rencananya film ini akan dibuat 2 sekuelnya lagi yang akan rilis tahun 2011 dan 2012 yang sayangnya dari kabar yang saya dengar Adam Green tidak akan terlibat lagi di franchise ini.


RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar