DUE DATE (2010)

Tidak ada komentar
Disutradarai oleh Todd Phillips yang sukses membuat saya terpingkal lewat "The Hangover" dan dibintangi oleh Robert Downey Jr. yang kemampuan aktingnya tidak diragukan lagi dan Zach Galifianakis yang juga membintangi "The Hangover", film ini jelas membuat banyak orang berekspektaisi tinggi. Saya sendiri membayangkan film ini sebagai film bromance yang lucu dan mampu membuat saya sakit perut dan penasaran dengan jalinan ceritanya sepanjang durasi layaknya "The Hangover"

Peter Highman (Robert Downey Jr.) sedang bersiap menuju Los Angeles dari Atlanta untuk menyambut kelahiran anak pertamanya. Sesampainya di airport, Peter mendapat sebuah insiden yang mempertemukannya dengan Ethan Tremblay (Zach Galifianakis) seorang aktor yang menyebut dirinya sebagai "Hollywood" karena mempunyai obsesi menjadi aktor besar. Ethan juga bertujuan ke Los Angeles. Bedanya, dia berada di Atlanta untuk pemakaman ayahnya. Yang aneh dari dia, dia membawa abu sang ayah untuk disebar di Grand Canyon.
Dari awal Peter sudah merasa Ethan adalah orang aneh dan banyak bicara. Sialnya tas mereka bahkan sempat tertukar dan mereka bertemu lagi di dalam pesawat. Pertemuan yang menyebabkan sebuah insiden yang membuat keduanya diusir dari pesawat dan dilarang terbang. Sial bagi Peter dompetnya hilang dan membuatnya tidak memiliki apapun dan terpaksa harus melakukan perjalanan dengan Ethan. Sebuah perjalanan melintas Amerika yang tentunya penuh dengan insiden aneh dan juga berbagai masalah besar.

Sayangnya film ini jauh dibawah ekspektasi awal saya. Kelucuan yang saya harapkan bisa mendekati "The Hangover" tidak terjadi. Sedikit sekali momen yang bisa memberikan kelucuan yang membuat saya tertawa lepas. Parahnya, momen kelucuan yang ada sangat terasa dipaksakan. Berbagai macam insiden dan masalah diharapkan mampu membuat penonton tertawa, tapi sayang permasalahan yang dihadirkan terlalu banyak. Dua karakter utama yang digambarkan terlalu sering berkonflik juga membuat hubungan mereka tidak begitu enak diikuti. Bayangkan saja, dalam suatu momen terjadi konflik akibat ulah Ethan, lalu setelah konflik selesai keduanya berbaikan, lalu Ethan berulah lagi, dan begitu seterusnya tanpa ada motif lain.

Akting Downey Jr. dan Zach Galifianakis sebenarnya sudah ada di porsi yang tepat. Tapi dasarnya cerita yang ada sudah tidak spesial membuat keduanya tetap tidak mampu mengangkat greget film ini. "Due Date" juga sempat mencoba menjadi film bromance yang harapannya menyentuh tapi sayang gagal total. Karena buat saya masih tidak logis Peter bisa menerima Ethan sebagai sahabat baiknya walaupun sempat ditolong beberapa kali. Bandingkan dengan di film "I Love You Man" yang hubungan antara 2 pria di film itu dibangun dengan sangat baik dan membuat yang menonton simpatik.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar