SPIRITED AWAY (2001)

1 komentar

Menurut saya film animasi terbaik sampe saat ini dari Amerika adalah franchise Toy Story. Selain gambarnya bagus, cerita didalamnya juga solid. Selain lucu, banyak akndungan pesan yang menyentuh. Dan salah satu yang membidani terciptanya Toy Story adalah John Lasseter. Nah kalo film ciptaannya aja sekeren itu, bagaimanakah film yang digemari Lasseter? Jawabannya adalah Spirited Away. Film yang sampe saat ini ajdi film terlaris sepanjang masa di jepang ini sukses bikin Lasseter kepincut dan akhirnya Disney merilisnya di Amerika. Dan hasilnya? Oscar di tahun 2002 untuk film animasi terbaik berhasil diraih. Wow, sekeren itukah filmnya?

Chihiro, seorang gadis kecil dibawa oleh kedua orangtuanya untuk pindah rumah. Chihiro yang udah kerasan dengan tempat tinggal dan kawan lamanya ngerasa gak senang dengan keputusan ortunya. Hal itu bikin dia ngambek sepanjang perjalanan. Sampe mereka sadar kalo mereka udah nyasar dan sampe disebuah terowongan. Kedua orangtua Chihiro masuk ksitu. Chihiro yang awalnya gak mau masuk akhirnya ikut juga. Dibalik tuh terowongan terdapat sebuah desa yang isinya restoran semua, tapi gak ada satupun orang. Sampe sang ayah nemu sebuah warung yang menyediakan banyak makanan. Kedua orang tuanya makan dengan lahap.


Tapi Chihiro memilih pergi sendiri jalan-jalan. Sampe dia bertemu anak cowok yang menyuruhnya pergi dan dia mengatakan kalo Chihiro gak seharusnya disitu. Chihiro yang kembali ketempat orang tuanya kaget karena mereka berdua udah berubah jadi babi sambil makan dengan rakus. Dan di sekitar Chihiro muncul banyak sosok bayangan hitam misterius. Apa sebenernya yang terjadi dengan kedua orangtua Chihiro? Dimanakah sebenrnya mereka berada?

Sungguh film ini emang luarbiasa! Dari segi cerita sangatlah hebat. Pesan moral utama film ini adalah berusaha untuk tumbuh dewasa dan mandiri. Dan semua itu disajikan dengan sangat menyentuh dan terkadang lucu juga melihat Chihiro yang mencoba membiasakan diri dari anak manja menjadi anak yang harus bekerja dan mandiri. Dan semua itu disajikan tanpa harus menggurui. Karakter Chihiro sendiri merebut perhatian saya dengan caranya sendiri. Tidak eprlu tampil manis ato heroik. Kepolosannya udah bikin saya jatuh cinta dengan karakter bocah ini. Dan lagi saya gak bisa menebak cerita film ini. Apa yang akan terjadi dengan Chihiro selanjutnya dan tokoh lainnya juga membuat saya selalu penasaran. Keanekaragaman tokoh yang ditampilka juga sangat menghibur mata. Sangat terlihat kreativitas luarbiasa dalam mendesain tokoh dalam film ini. Dan alunan musik pengiting juga makin menambah keasyikan menonton film ini.

OVERALL: Sebuah film yang menunjukkan kalo animasi Asia juga bisa berbicara banyak. Salah satu film animasi terbaik yang pernah saya tonton.

RATING: 

1 komentar :

Comment Page:
Unknown mengatakan...

udah pernah nonton film2 studio ghibli lainya selaim spirited away?