THE BIG LEBOWSKI (1998)

2 komentar

Coen Brothers adalah duo kakak beradik yang emang fenomenal. Banyak film-film karya mereka yang mendapat cap termasuk kategori film terbaik. Dan hebatnya lagi karya mereka selalu punya ciri khas seperti alur cerita yang aneh sampai karakter yang unik dan menarik. Salah satu contoh alur yang aneh liat aja film Burn After Reading yang rilis 2008 dengan plot unik dan twist kreatif mereka. Bicara karakter memorable, Anton Chigurh yang diperankan Javier Bardem di No Country for Old Men. Untuk film ini lagi-lagi terdapat beberapa karakter memorable, dan yang paling diingat tentu The Dude yang diperankan Jeff Bridges.

Cerita film ini berfokus pada tokoh utamanya yang bernama Jeffrey Lebowski, tapi lebih senang dipanggil The Dude. The Dude adalah seorang pengangguran yang super malas, tidak terawat, ekrjanya cuma menghisap ganja, minum White Russian, dan main bowling bareng 2 orang temannya yang gak kalah unik, Walter seorang veteran perang yang emosional dan sok tahu, serta Donny yang polos. "Hidup indah" The Dude dirusak saat tiba-tiba ada 2 orang yang menagih uang darinya yang ternyata mereka salah orang.
Orang yang mereka maksud sesungguhnya adalah milyuner bernama sama, Jeffrey Lebowski atau lebih dikenal dengan Big Lebowski. The Dude yang tidak terima karena saat itu karpetnya dikencingi oleh salah satu dari 2 penagih hutang itu mendatangi Big Lebowski untuk minta ganti rugi. Tidak disangka kunjungan itu membuat Dude terlibat dalam kasus penculikan yang menimpa istri Big Lebowski.

Plot yang ditawarkan disini seperti ciri khas Coen Brothers masih tetap unik, penuh teka-teki dimana-mana. Banyak sub-plot yang bisa membuat penontonnya tertipu dengan apa yang terjadi. Cinematography film ini juga berasa sangat unik. Lihat adegan memorable yang menggambarkan mimpi The Dude yang diberi judul "Gutterball". Yang agak mengganggu dari film ini mungkin penggunaan kata kasar dan keras yang terdapat didalamnya. Tapi untung tidak berlebihan dan masih pas porsinya.  Dan untuk tokoh di film ini seperti yang udah saya bilang, The Dude seperti telah menjadi bagian dari Jeff Bridges sampai saat Bridges memenangkan Oscar tahun kemaren ada yang nyeletuk "Akhirnya The Dude menang Oscar". Yang unik lagi, pakaian yang dipakai sebagai Dude adalah asli pakaian Jeff Bridges sendiri. Mungkin itu yang membuatnya terlihat begitu menikmati. Tokoh Walter juga menarik. Dengan ke-sok tahuannya dia bukannya menyebalkan justru menarik disimak. Oya, film ini juga berhasil menyandang status cult. Bahkan tiap tahunnya diadakan "Lebowski Festival".

OVERALL: Lucu, menarik, dan membuat penasaran. Inilah salah satu karya Coen Brothers yang lagi-lagi fenomenal dan cult.

RATING:

2 komentar :

  1. Sy suka ketika ketiganya adu argumen, dan shut up donny.

    BalasHapus
  2. Ini film yg paling lucu setelah The horrible bosses menurut saya..

    BalasHapus