FLIGHT (2012)

Tidak ada komentar
Robert Zemeckis kembali menyutradari sebuah live action setelah terakhir kali melakukannya di tahun 200 lewat dua film, Cast Away dan What Lies Beneath. Tiga film terakhirnya (The Polar Express, Beowulf dan A Christmas Carol) adalah film-film animasi motion capture yang ambisius namun sayang tidak terlalu sukses. Seolah sadar bahwa eksperimen yang ia lakukan selama sekitar satu dekade kurang berhasil, Zemeckis kembali lagi lewat Flight yang dibintangi Denzel Washington. Film ini sendiri mendapat dua nominasi untuk Oscar 2013, yakni Best Actor bagi Denzel Washington dan Best Original Screenplay untuk naskah yang ditulis oleh John Gatins. Filmnya berkisah tentang William "Whip" Whitaker (Denzel Washington), seorang pilot veteran yang juga seorang alkoholik dan pengguna narkoba. Bahkan malam sebelum ia menerbangkan pesawat menuju Atlanta Whip masih sempat pesta alkohol sembari berhubungan seks dengan Katerina Marquez (Nadine Velazquez) yang juga  merupakan pramugari di penerbangan tersebut. Sebelum terbang pun ia masih sempat memakai kokain. Bahkan disaat pesawat sudah mengudara ia juga meminum vodka yang secara diam-diam dicampurkan kedalam orange juice. 

Sampai kemudian pesawat yang ia kemudikan mengalami gangguan teknis dan memaksanya melakukan aksi penyelamatan heroik dengan membuat pesawat terbang secara terbalik sebelum akhirnya mendarat darurat. Dari 102 penumpang termasuk crew, "hanya" enam orang yang meninggal termasuk dua pramugari. Whip pun dianggap sebagai pahlawan. Hidup Whip seolah benar-benar terselamatkan, apalgi ia kemudian bertemu dengan Nicole (Kelly Reilly), seorang wanita yang tengah berusaha lepas dari ketergantungan narkoba. Keduanya pun saling jatuh cinta. Namun setelah dilakukan penelitian, dalam darah Whip ditemukan kandungan alkohol dan narkoba. Hal itu bisa membuatnya dituduh melakukan kesalahan yang berakibat hilangnya nyawa manusia dan membuatnya dipenjara seumur hidup. Dibantu oleh rekannya, Charlie (Bruce Greenwood) dan seorang pengacara Hugh Lang (Don Cheadle) Whip berusaha lepas dari tuntutan hukum. Namun di satu sisi ia juga belum bisa lepas dari permasalahan utamanya: Ketergantungan alkohol.
Flight dibuka dengan sebuah adegan yang begitu menegangkan disaat Whip berusaha mendaratkan pesawat yang tengah mengalami kerusakan tersebut. Bagi saya adegan itu adalah adegan kecelakaan pesawat yang paling menegangkan dalam film. Robert Zemeckis berhasil merangkum suasana teror yang mencekam di dalam pesawat tersebut. Saya ikut terbawa kedalam nuansa horor, panik dan takut yang menyelimuti pesawat tersebut. Momen penyelamatan Whip dimana ia membuat pesawat itu terbang secara akrobatik dan akhirnya mendarat menjadi terasa sangat heroik. Ketegangan juga tidak hanya ditampilkan di opening. Momen menjelang akhir pada adegan dimana Whip menghabiskan malam di hotel sebelum menghadiri hearing juga terasa menegangkan dimana Whip benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengkonsumsi minuman keras. Ketegangan muncul disaat saya benar-benar berharap Whip tidak minum lagi supaya ia bisa terlepas dari jeratan hukum yang menunggunya.

Tentu saja membuat penonton simpati pada sosok Whip bukan tugas yang mudah. Dia adalah seorang alkoholik kelas berat. Walaupun semua orang berusaha membantunya bebas, ia seolah tidak peduli dan masih saja minum. Disaat Nicole yang mencintainya sudah berusaha bebas dari narkoba, Whip masih saja teler. Bahkan disaat ia tahu bahwa jika ia terus minum hukuman berat sudah menanti, ia tidak peduli. Anak dan istrinya meninggalkan Whip karena alkohol, ia juga terancam hancur hidupnya karena alkohol, namun Whip masih saja keras kepala. Jadi apa yang membuat saya bersimpati? Semua itu karena fakta yang jelas bahwa meskipun ia mabuk, kecelakaan yang terjadi bukanlah salah Whip, karena memang mesin pesawat mengalami kerusakan sejak awal, dan yang Whip lakukan hanyalah melakukan pendaratan secara heroik. Untuk kecelakaan tersebut ia adalah murni pahlawan. Tapi ironisnya ia malah tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri dari kecanduan alkohol. 

Tentu kita sudah sering mendengar kalimat "God moves in a mysterious way". Di film ini, naskah John Gatins benar-benar berusaha menggambarkan hal tersebut. Tuhan bertindak lewat cara yang mungkin paling tidak diduga oleh manusia. Seperti Cast Away ataupun Contact yang merupakan karya-karya Zemeckis, Flight juga menggambarkan tentang tokohnya yang berusaha mencari jalan terang di tengah kegelapan yang ia alami. Siapa sangka Whip punya kesempatan memperbaiki hidupnya lewat jalan seperti ini dimana ia sebenarnya adalah seorang pahlawan namun akibat behavior yang ia tunjukkan, bukannya menjadi hero dia bisa terjerumus menjadi zero. Denzel Washington sendiri tampil begitu baik sebagai Whip yang alkoholik, keras kepala namun sebenarnya juga pahlawan dan pilot yang luar biasa. Dia adalah orang yang tengah tenggelam dalam begitu banyak dilema, dan pada akhirnya kita tidak tahu apakah Whip pada akhirnya menemukan Tuhan tapi yang jelas ia menemukan jalan terang.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar