THE HEAT (2013)

Tidak ada komentar
Meski nominasi Oscar yang didapat oleh Melissa McCarthy terasa berlebihan, tapi harus diakui bahwa perannya sebagai Megan dalam Bridesmaids merupakan sebuah penampilan yang luar biasa lucu. Semenjak keberhasilan itulah nama Melissa McCarthy dalam genre komedi seolah sama dengan Dwayne Johnson dalam genre action. Jika ingin membuat film komedi yang laris, pakailah McCarthy. Jadi walaupun kualitas filmnya buruk sekalipun penonton dijamin bisa terhibur saat McCarthy muncul di layar. Ambil contoh Identity Thief yang diluar dugaan sanggup meraih pendapatan diatas $170 juta. Kali ini McCarthy kembali berkolaborasi dengan sutradara Paul Feig yang tidak lain adalah orang yang berada dibalik kesuksesan Bridesmaids dua tahun lalu. Kali ini McCarthy akan diduetkan dengan Sandra Bullock yang berkebalikan dengan lawan mainnya sedang jarang terlihat bermain dalam film akhir-akhir ini. Namun sesungguhnya kapasitas Sandra Bullock untuk bermain dalam film komedi tidak perlu diragukan lagi, asalkan ia tidak bermain dalam standar All About Steve, maka saya yakin semuanya akan berjalan lancar. 

Meski tidak menampilkan cerita yang baru, tetap saja premis mengenai buddy cop movie yang menampilkan sepasang polisi wanita akan terasa menarik setelah buddy cop yang menghadirkan dua pemeran utama pria sudah semakin terasa membosankan. Akan ada Sarah Ashburn (Sandra Bullock), seorang special agent FBI yang memiliki kemampuan deduksi luar biasa namun tidak disukai oleh rekan-rekannya akibat perangai sombong yang selalu ia munculkan. Disisi lain ada seorang anggota kepolisian Boston bernama Shannon Mullins (Melissa McCarthy) yang juga merupakan seorang polisi lapangan handal namun berkelakuan kasar layaknya preman. Suatu hari mereka berdua terpaksa harus bekerja sama disaat Sarah diberi tugas untuk menyelidiki mengenai seorang bandar narkoba misterius bernama Larkin yang ditengarai melakukan aksinya di Boston. Tentu saja seperti pada buddy movie lainnya Sarah dan Shannon pada awalnya tidak akan bisa berinteraksi apalagi bekerja sama dengan baik, hingga akhirnya berbagai kesulitan yang mereka hadapi mulai membuat mereka bersatu.

Segala formula yang biasa dipakai dalam buddy movie ada disini dan The Heat nampak memilih jalur aman dengan tidak mengutak-atik standar yang ada tersebut. Tentu saja kita semua tahu meski pada awalnya Sarah dan Shannon nampak bagaikan kucing dan anjing yang selalu bertengkar, pada akhirnya mereka akan menjadi partner bahkan sahabat yang begitu dekat satu sama lain. Untuk jalan cerita yang dihadrikan pun tidak memiliki sesuatu yang spesial. Selain konflik utama mengenai kasus yang tengah mereka berdua tangani kita juga akan dihadapkan pada konflik lain yang pastinya menyangkut sisi pribadi mereka dan bagaimana akhirnya mereka berdua bisa menjadi sahabat baik. Pada akhirnya segala konflik tersebut tidak ada yang bisa mengambil atensi saya secara keseluruhan. Sesungguhnya berbagai konflik tersebut telah dibagi dalam porsi yang cukup merata, hanya saja nampak tidak ada usaha untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Misteri mengenai siapa sebenarnya sang pengedar narkoba dan penyelidikan yang ada sama sekali tidak menarik dan terlalu mudah ditebak. Kisah persahabatan ataupun kekeluargaan yang coba diangkat juga tidak terasa mengena. 
Sesungguhnya daya tarik utama dari sebuah buddy cop movie memang bukanlah ceritanya yang menarik melainkan bagaimana kedua karakter utamanya saling berinteraksi. Dalam hal inilah Sandra Bullock dan Melissa McCarthy sanggup melakukan tugas mereka dengan begitu baik entah disaat mereka harus melucu sendiri ataupun saling berinteraksi satu sama lain. Pada awalnya semua terasa tidak berjalan lancar. Sandra Bullock masih jauh dari kata lucu dan Melissa McCarthy malah terasa begitu menyebalkan. Sungguh, di paruh awal film dengan lelucon yang tidak lucu, cerita tidak menarik serta kombinasi kedua pemainnya yang kurang maksimal membuat The Heat terasa begitu berantakan dan membosankan. Namun semua mulai terasa menarik saat duo Bullock-McCarthy mulai menemukan sentuhan mereka. Segala umpatan dan sikap kasar McCarthy yang diawal begitu menyebalkan semakin terasa lucu seiring dengan berjalannya cerita. Dan hal tersebut terasa makin sempurna saat dipadukan dengan bagaimana Sandra Bullock memaksimalkan caranya merespon segala situasi yang ia alami dengan begitu lucu. Sangat disayangkan The Heat tidak berusaha memaksimalkan aspek lainnya, namun untunglah aspek utama dari buddy movie tersebut dapat dimaksimalkan dengan baik.

Jika bicara kurva, maka kurva dari film ini benar-benar terasa seperti tanjakan. Di paruh awal semuanya terasa datar dan membosankan, sampai kemudian perlahan-lahan kelucuannya semakin terasa dan daya tariknya pun semakin meningkat. Memang kelucuan ataupun daya tarik film ini tidak pernah sampai pada titik tertinggi, namun setidaknya masih menjadi hiburan yang menyenangkan dan mampu menghasilkan lebih dari sekedar senyum simpul di mulut saya. Adegan-adegan seperti sumpah serapah yang diucapkan Sandra Bullock di tengah rapat FBI atau bagaimana Bullock dan McCarthy berusaha kabur dari tawana musuh di klimaks adalah beberapa contoh highlights dari film ini. Akhirnya The Heat memang masihlah sebuah sajian menghibur yang sanggup memproduksi tawa dalam kadar yang lumayan, namun sayangnya dengan cerita yang begitu biasa dan hanya mengandalkan performa kedua pemain utamanya, film ini hanya terasa sebagai parade lelucon yang cukup lucu namun tidak lebih. Apalagi The Heat terasa lambat panas dan tidak "sepanas" judulnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar