AMERICAN HUSTLE (2013)

6 komentar
 
David O. Russell memang akhir-akhir ini tengah rajin merilis film dan film-filmnya tersebut selalu dicintai oleh juri Oscar. Mulai dari The Fighter sampai Silver Linings Playbook semuanya meraih keberhasilan di Oscar dimana masing-masing mendapat enam dan delapan nominasi termasuk di kategori Best Picture. Hal yang sama juga nampaknya akan diraih oleh film terbarunya ini, American Hustle. Setelah mendapat buzz yang sangat kuat dan dianggap menjadi salah satu front runner untuk Oscar 2014, yang terbaru adalah keberhasilan film ini meraih kemenangan di ajang Golden Globe untuk kategori Best Musical or Comedy. Saya sendiri bukan termasuk fans dari karya-karya David O. Russell. Saya kecewa dengan The Fighter dan meski saya menyukai Silver Linnings Playbook, namun film tersebut bagi saya tidaklah sehebat yang dibilang banyak orang sampai berhasil meraih delapan nominasi Oscar. Namun saya setuju bahwa David O. Russell memang ahli memilih dan mengarahkan para pemainnya. Maka dari itu American Hustle tetap sangat menarik bagi saya dimana David O. Russell "menggabungkan" jajaran pemain dari dua film terakhirnya mulai dari Christian Bale, Bradley Cooper, Amy Adams, Jennifer Lawrence sampai Robert De Niro yang mendapat sebuah peran kecil.

Cerita dalam American Hustle diadaptasi secara lepas dari sebuah operasi Abscam yang dilakukan oleh FBI pada akhir 70-an hingga awal 80-an. Christian Bale berperan sebagai Irving Rosenfeld yang sekilas terlihat sebagai seorang pemilik laundry biasa namun sesungguhnya dia adalah penipu yang handal dengan modus meminjamkan uang kepada orang-orang. Dia berpartner dengan Sydney Prosser (Amy Adams), seorang mantan stripper yang kemudian mengganti identitasnya menjadi seorang wanita Inggris bernama Lady Edith Greensly. Keduanya tidak hanya menjadi rekan kerja dalam menipu tapi juga menjalin romansa. Namun hubungan mereka "terganggu" dengan keberadaan istri Irving, Rosalyn (Jennifer Lawrence) yang akan mengambil hak asuh anak adopsi Irving jika Irving menceraikannya. Namun penipuan yang dilakukan Irving dan Sidney akhirnya berhasil dibongkar oleh agen FBI, Richard "Richie" DiMaso (Bradley Cooper) yang kemudian memanfaatkan kemampuan menipu mereka berdua untuk menjebak para pejabat korup. Salah satu tergetnya adalah Carmine Polito (Jeremy Renner) walikota New Jersey yang dicintai rakyat dan dikenal sebagai family man. Sang walikota tengah berusaha melegalkan bisnis casino untuk meningkatkan perekonomian New Jersey namun terganjal masalah dana, sebuah situasi yang coba dimanfaatkan oleh Richie.

Tentu saja film bertemakan penipuan seperti American Hustle akan menjadikan konflik tipu menipu penuh intrik dan kepalsuan disana-sini sebagai daya tarik utamanya. Dalam alurnya sendiri akan ada twist berkaitan dengan segala trik dan tipu daya tersebut, dan untuk American Hustle, twist yang muncul terasa efektif, mengejutkan dan dieksekusi dengan baik. Meski penuh dengan segala tipu daya, David O. Russell berhasil menyajikan jalan cerita yang sesungguhnya kompleks ini dengan rapih sehingga tidak sulit untuk dipahami. Namun film ini tidak hanya mengandalkan kejutan dalam alurnya saja, karena di dalam alur tersebut terkandung banyak hal. Tentu saja yang paling kentara adalah kisah tentang ambisi besar yang dimiliki oleh para karakternya termasuk bagaimana mereka berjuang untuk bertahan hidup dengan segala cara. Ya, semua karakter dalam film ini mempunyai ambisi besar mereka masing-masing dan tidak ragu mengambil jalan apapun untuk memenuhi ambisinya. Ada Irving dan Sidney yang berambisi mendapatkan kehidupan yang lebih baik, ada Richie yang berambisi meningkatkan karirnya, dan ada Carmine Polito yang berambisi untuk memperbaiki New Jersey khususnya dalam aspek ekonomi. Menarik melihat bagaimana sosok Carmine yang begitu baik dan dicintai dan bersedian melakukan hal kotor demi kebaikan rakyatnya. Namun hal seperti itu sama saja dengan omong kosong. Mungkin itulah yang menjadi dasar pemberian judul awal film ini sebelum diganti menjadi American Hustle, yakni American Bullshit.
American Hustle juga masih sempat menyelipkan berbagai kisah diluar tipu menipu dan politik. Ada kisah cinta segitiga bahkan sedikit sempilan cerita keluarga dalam filmnya. Dan berkat jajaran ensemble cast-nya yang tampil maksimal segala aspek cerita yang penuh ambisi dan rumit milik David O. Russell ini jadi terasa semakin menarik. Christian Bale bagus sebagai Irving yang cerdas, penuh rencana namun juga sering dilanda kecemasan. Dia juga berhasil mengeksplorasi sisi lain Irving berkaitan dengan anak dan istrinya. Lagi-lagi Bale pun bertransformasi disini menjadi pria dengan perut yang buncit. Kemudian Amy Adams yang tetap cantik (ditambah belahan dada) memperlihatkan performa yang saya yakin semakin menyadarkan juri Oscar untuk memberikan piala padanya. Sosok Sidney berhasil nampak menggoda namun menyimpan kecerdikan serta kelicikan luar biasa, lengkap dengan pergolakan perasaan yang terpancar dari matanya. Jennifer Lawrence pun membuktikan bahwa dia sempurna sebagai wanita "gila" nan depresif seperti yang ia lakoni di Silver Linnings Playbook. Ada juga Jeremy Renner dan Bradley Cooper yang makin melengkapi kehebatan jajaran pemainnya. Bahkan Robert De Niro yang tampil hanya beberapa menit sebagai (lagi-lagi) seorang bos mafia sanggup memberikan ketegangan dan kejutan saat dia tiba-tiba berbicara bahasa Arab.

Ditinjau dari tata artistiknya, American Hustle juga bagus sekaligus unik. Lihat kostum yang dikenakan tiap-tiap karakternya bagaimana sisi glamor terpancar jelas khususnya dari para karakter wanita. Atau lihat juga bagaimana rambut para aktornya yang terlihat nyeleneh bahkan konyol mulai dari Christian Bale yang memakai rambut palsu untuk menutupi kebotakannya, Bradley Cooper dengan rambut keritingnya, sampai Jeremy Renner yang mencolok dengan jambulnya itu. Saya sendiri merasa tata rambut itu merupakan salah satu bagian komedi nyeleneh dan ngawur yang dimasukkan oleh David O. Russell dalam film ini. Bicara soal komedi, American Hustle akan membuatmu tertawa berkat selipan komedinya yang muncul disaat-saat tidak terduga dengan cara yang nyelehen. Bahkan sayapun sudah dibuat geli oleh adegan openingnya yang memperlihatkan Christian Bale dengan perut buncitnya sedang berusaha menutupi kebotakan di rambutnya yang kemudian hanya akan dirusak oleh Bradley Cooper setelah susah-susah ia mengatur rambutnya. Secara keseluruhan American Hustle lebih saya sukai diantara tiga film terakhir David O. Russell dan saya lebih "rela" jika akhirnya film inilah yang berjaya di Oscar nanti meski bagi saya masih ada beberapa film lain yang lebih pantas untuk menang.

6 komentar :

Comment Page:
Dzikra Nur Rahmah mengatakan...

amy adams keren banget aktingnya disini ....

Rasyidharry mengatakan...

Yap, pantas jadi unggulan di Oscar besok

ika ratna mengatakan...

Suka bgt sama karakternya Jennifer lawrence, apalagi di silver linings playbook. Gak sabar nunggu film dia slnjutnya :3

Rasyidharry mengatakan...

Berikutnya dia bakal duet lagi sama Bradley Cooper di "Serena" :)

ika ratna mengatakan...

Wah seriously?! Nice couple. Cant wait :D

hengky perdana mengatakan...

Ngga tau harus komentar apalagi aktor2 ternama semua yg jadiin film ini kuat banget di setiap scene nya apalagi Bradley Cooper yg udah ngga diraguin aktingnya, lagi kalo menurut gue doi emang cocok di komedi. Realisitis aja kalo doi ngga bagus mungkin the hangover ngga bakal ada sekuel2 nya apalagi doi dapet pemeran utama di film itu.