AVENGERS 4: PLOT AND TITLE THEORY

29 komentar

WARNING: Artikel ini mengandung banyak SPOILER untuk Avengers: Infinity War dan kemungkinan Avengers 4.
Tidak biasanya saya menulis artikel mengenai teori untuk film yang belum, bahkan masih lama dirilis. Tapi setelah kali kedua menonton Inifnity War, kembali melihat satu per satu karakternya lenyap dari eksistensi dibarengi guntur yang sayup-sayup terdengar layaknya akhir dunia, ada urgensi untuk menuangkan isi pikiran lebih lanjut selain melalui review. Seperti kita tahu, film keempat Avengers yang awanya bertajuk Infinity War Part 2 kini tak memiliki judul. Jangkan detail plot, Marvel bahkan enggan mengungkap judulnya demi melindungi kerahasiaan. Lewat artikel ini, saya coba menebak berbagai elemen tersebut. Tentunya ini untuk senang-senang semata, dan mengingat filmnya baru akan dirilis lebih dari setahun lagi, persentase ketepatan teori ini tidak terlalu besar.

Saya menerima berbagai pertanyaan seputar perubahan sikap Doctor Strange, yang akhirnya menyerahkan Time Stone demi menyelamatkan nyawa Tony Stark. Keputusan ini saya yakin punya korelasi besar dengan sekuelnya. Untuk memahaminya, perhatikan 2 kalimat terakhir Strange, yaitu “We’re in the endgame now” dan “There’s no other way”. Ingat, penerawangan Strange menunjukkan, dari 14 juta kemungkinan masa depan, hanya satu di antaranya yang berakhir dengan kemenangan kubu Avengers. Mengacu pada kedua kalimat di atas, saya yakin jika dalam versi masa depan itu, Tony memegang peranan penting. Tanpanya, peluang kecil mengalahkan Thanos bakal sepenuhnya musnah. Pun bila Strange memilih melindungi Time Stone, tidak ada jaminan ia bisa menggagalkan usaha Thanos merebutnya. Kita sedang melihat seorang penyihir yang tengah berusaha memenuhi ramalan.
Ramalan itu membawa kita pada foto proses pengambilan gambar Avengers 4 yang menampilkan koper bertuliskan Binarily Augmented Retro-Framing (B.A.R.F.), teknologi teranyar Tony yang tampil sekilas di adegan pembuka Captain America: Civil War. Melalui B.A.R.F., seseorang bisa mengakses masa lalu berdasarkan memorinya dengan detail senyata mungkin. Dengan sedikit pengembangan, mungkin ditambah bantuan Shuri dan Hank Pym—menjembatani Infinity War dan Ant-Man and The Wasp—bukan mustahil itu jadi asal mula mesin waktu. Awalnya saya menduga, perjalanan waktu bakal berguna menghidupkan lagi superhero yang telah mati. Tapi untuk apa? Dengan keenam Infinity Stones, berapa pun jumlah superhero disatukan, tidak akan punya dampak berarti. Apalagi di foto lain, terlihat Tony dan Scott Lang mengunjungi Battle of New York, bertemu Captain America dan Thor dalam balutan kostum lama mereka. Tujuan “menghidupkan kembali” tak masuk akal, sebab semua jagoan yang terlibat di pertempuran itu bertahan hidup dari penghakiman Thanos.

Saatnya mengajukan pertanyaan mendasar. Bagaimana cara mengalahkan Thanos yang dipersenjatai Infinity Gauntlet? Sederhana. Memakai Infinity Gauntlet juga. Serupa B.A.R.F. yang muncul sekilas untuk menyiratkan peran besar di film mendatang, diperlihatkannya cetakan gauntlet di Nidavellir pun saya yakin menyimpan maksud serupa. Bagaimana jika strateginya adalah membuat satu lagi gauntlet sembari mengumpulkan enam Infinity Stones dengan cara kembali ke masa lalu memakai B.A.R.F.? Perlu diingat, B.A.R.F. bekerja dengan memanfaatkan memori penggunanya. Dan kalau diperhatikan, mereka yang bertahan hidup di akhir Infinity War, tahu di mana letak terakhir masing-masing batu. Steve berebut Space Stone dengan Red Skull, Thor dan Malekith berlomba mendapatkan Reality Stone, Rocket mewakilia Guardians of the Galaxy yang menghalangi usaha Ronan memakai Power Stone, Nebula mengetahui letak Vormir sebagai tempat disimpannya Soul Stone, Wong sebagai penjaga Sanctum Sanctorum tentu tahu apa yang mesti dilakukan dengan Time Stone, dan semua Avengers menjadi saksi kekacauan yang dibuat Loki dan Mind Stone di tongkatnya pada Battle of New York.
Kevin Feige beberapa kali menyatakan Avengers 4 tidak hanya akhir, juga penghormatan  bagi riwayat 10 tahun para superhero MCU, dan tidak ada penghormatan yang lebih tepat selain membawa mereka kembali menuju kenangan lama sambil memberi kesempatan menyelesaikan urusan yang urung dituntaskan. Thor akhirnya dapat berdamai dengan Loki, dan terpenting, Steve berkesempatan memenuhi janji yang tertunda untuk berdansa dengan Peggy. Itu akan jadi konklusi mengharukan.

Apa judul yang tepat bagi kisah di atas? Saya rasa Avengers: Endgame bukan judul yang buruk, meski teori ini masih menyisakan setumpuk pertanyaan. Apa peran Hawkeye dan Ant-Man? Siapa yang mesti berkorban dan dikorbankan untuk memperoleh Soul Stone? Dan berdasarkan kabar terbaru, Emma Fuhrmann akan memerankan versi remaja Cassie Lang, puteri Scott Lang. Apakah artinya superhero yang tersisa akan melakukan perjalanan ke masa depan? Untuk apa? Jawaban bagi pertanyaan terakhir sebenarnya sudah tersirat dari foto yang menampilkan Tony di Battle of New York. Rambutnya memutih, dan mengenakan seragam S.H.I.E.L.D. Mungkinkah Avengers 4 akan membawa kita melompat beberapa tahun ke depan pasca Infinity War guna memberi waktu bagi Tony dan rekan-rekannya mengembangkan teknologi B.A.R.F.?

Masih ada perasaan menggantung. Walau sering mengadaptasi secara lepas, Marvel Studios cenderung mengambil elemen dari satu atau dua komik. Saya mulai mencari, adakah komik dengan kisah mirip teori di atas, sekaligus punya judul yang sempurna diterapkan bagi Avengers 4 dalam perannya selaku babak penutup dan penghormatan? Saya menemukan satu. Dalam kisah tersebut, berbagai versi alternatif Avengers dari masa lalu dan masa depan disatukan, dibawa ke masa kini, yang menghadirkan kemungkinan bahwa perjalanan waktu di film keempat nanti bukan cuma bertujuan mengumpulkan Infinity Stones, juga nama-nama yang tewas di Infinity War, bahkan bukan mustahil versi lain dari mereka yang masih hidup. Judulnya agak cringey, klise, tapi mewakili tujuan filmnya.
Siap untuk Avengers 4Ever?

Ngobrol-ngobrol teori dan spoiler versi vlog bisa ditonton di sini:

29 komentar :

Comment Page:
oktabor mengatakan...

Adakah franchise film yang punya pondasi dan visi yang sedemikian kuat selain MCU?

Kevin Jonathan mengatakan...

menurut abang peranan hawkeye sama capt marvel apa dong bang di avengers 4 ?Soalnya Kevin Feige perasaan pernah ngomong kalau capt marvel adalah superhero terkuat di jagat MCU...

Victor Sinata mengatakan...

yang agak membingungkan sebenarnya after infinity war event, Thanos mo ngapain lagi ya? i don't get any reasonable motives setelah apa yang sudah dilakukannya...

dan avenger pertama dari battle of nu york survives ya semua ya...


Avenger 4 --> Avenger:Impossible dengan Tom Kurus menjadi bintang utama...

Rasyidharry mengatakan...

@oktabor Di antara franchise yang berusaha shared-universe jelas nggak ada. Lihat aja, mayoritas pada runtuh di tengah jalan.

@Kevin Hawkeye entah ya. Mungkin keluarganya termasuk yang lenyap, dia dendam, dan berubah pakai nama Ronin. Captain Marvel yang masih burem (selain buat seimbangin kekuatan Avengers lawan Thanos ya).

Rasyidharry mengatakan...

@Viktor Nah, dibalik. Bukan lagi Thanos yang punya motivasi, tapi survivor dari Infinity War.

Zulfikar Knight mengatakan...

Jdi Captain Marvel ini tampilannya gimana nanti di Avengers 4 klo di present time? Udah berumur 40an kah atau gmana? Karena film solonya set nya tahun 90an


Trus Valkryie kemana. Bukannya 1 pesawat ama Thor? Dia mati?

Rasyidharry mengatakan...

Nggak baca banyak Captain Marvel jadi kurang paham dia tambah tua atau nggak, tapi paling nanti dibuat penuaannya jadi lebih lambat setelah dapet kekuatan dari ras Kree.

Valkyrie nggak dijelasin, tapi dia confirm bakal muncul di Avengers 4.

Beny Kristia mengatakan...

gini bang, kalo menurut saya. mungkin scott lang dan wasp ga ngilang karena apa? karena mungkin pada film ant man dan the wasp mereka secra sengaja atau ga sengaja mungkin ada di QUANTUM REALM yang dimana di film solonya ant man bilang quantum realm itu ga tebatas ruang dan waktu. tapi masih jadi pertanyaan tersendiri, bagaimana nasib hawkeye.

Rasyidharry mengatakan...

@Benny masuk akal. Dan kalau nggak salah, emang ada cerita di komik (lupa judulnya apa) yang intinya Avengers ngumpet di quantum realm. Kalo Hawkeye cukup yakin sih, keluarganya termasuk yang ilang, dendam, terus ganti identitas jadi Ronin yang lebih brutal.

Anonim mengatakan...

Heran kenapa banyak yang kesal sama Peter Quil(Star Lord).
Kan karakternya doi emang gitu, doi selalu meluapkan emosinya ketika orang tersayang nya terbunuh.
Ingat GOTG 2, bokap kandung nya aje di tembak gitu pas tau emak nya sengaja dikasih tumor.

Ini membuktikan bahwa Russo Brothers memperhatikan tiap detil karakter yang super bejibun di film SUPER MEGAH ini.

#PeterQuillDidNothingWrong

Aliando Bae mengatakan...

Yg jadi pertanyaan nya apakah anggota avenger yg menghilang macam Dr. Stranger, Black Panther, dan Guardian Galaxy gak bakal ada kelanjutanya atau sekuelnya tuk film solo mereka.?

Rasyidharry mengatakan...

@Aliando Ada lah, jelas balik lagi mereka. Tuh di atas udah sedikit dijelasin

Aliando Bae mengatakan...

Ohh mereka di selamatkan melalui batu waktu ya yg memutar waktu

Wahid Kurniawan mengatakan...

Movie theory nya TOP. Luarbiasa..

Anonim mengatakan...

Barusan ngecek IMDb, Tessa Thompson ga disebutin ikut Untitled Avengers 4. Ya mungkin disembunyiin kayak si pemeran Red Skull. Kritik untuk teori time travel, BARF itu kan framing ya, jadi cuma ibarat presentasi tapi udah high tech banget, dan bisa di altered sesuai kebutuhan (Tony Stark ngubah di Civil War, dimana versi yang ditampilkan BARF adalah versi dia ngucapin selamat tinggal ke orangutanya), tapi gak bisa ngubah realita itu sendiri, dalam arti lain gak mungkin bisa time travel, karena cuma bisa visit, kayak liat album foto. Untuk time travel tetep yang paling kuat kemungkinannya ya pake Time Stone, yang mana masih dipegang Thanos. Yang bisa mendekati mungkin Quantum Realm, dimensi dimana waktu gak jadi variable. Tapi kita baru tau sedikit bgt tentang Quantum Realm di Ant Man (2015). Kecuali Ant Man and The Wasp sama Captain Marvel nanti eksplor lebih jauh tentang Quantum Realm, rasanya susah ngedapetin cara selain Time Stone untuk time travel.

Ini cuma pendapat aja, hehe

satriawan wiguna mengatakan...

Alasan mereka gak publish judul Avengers 4 kan karena takut spoiler ya. Misalnya kalo judulnya Avengers: Secret Wars atau Annihilation ya berarti spoiler kalo Thanos arc selesai di Infinity War. Atau kalo judulnya Infinity Gauntlet (Yang kayaknya sih ini kemungkinan terbesar), bisa jadi ketauan kalo Thanos menang.

Nah kayaknya kalo judulnya Avengers 4ever gak nunjukin spoiler apa2 deh.

Didi Wijaya mengatakan...

misal teori ini yang dipakai, kembali ke masa lalu dan mengambil 6 infinty stones.
pertanyaannya, apakah di dunia marvel perubahan masa lalu tidak mempengaruhi masa sekarang?
apakah memungkinkan 6 infinity stones yang ada pada thanos sekarang masih ada jika di masa lalu sudah diambil?

Azwar Efendi mengatakan...

Masuk akal jg, trs klo udah dpt, yg gunain sarung tangannya siapa ya ?, captain marvel kah ?

Rasyidharry mengatakan...

@Aliando Kayaknya bukan pake Time Stone sih, mungkin teknologi time travel.

@Anonim Yap, paham soal BARF, makanya di atas dijelasin kalo Tony & Hank, atau mungkin Shuri ngembangin itu jadi total teknologi time travel. Rada kejauhan sih mikirnya, tapi namanya adaptasi komik mah semua mungkin 😂

@Satriawan Secret Wars/Annihilation nggak mungkin. Mustahil 10 tahun building kelar di satu film. Feige udah confirm kok, kalau nggak "se-spoiler" itu judulnya. Avengers Forever bisa spoiler karena di komik dengan judul itu, ceritanya Avengers dari berbagai masa (past & future) disatuin.

@Didi Nah itu yang menarik ditunggu, apakah (kalo teori ini bener) soal paradoks bakal dibahas.

@Azwar Karena Captain Marvel yang terkuat, yang paling mampu dia. Tapi kalau Marvel mau gambarin pengorbanan karakter, kayaknya Captain America, dan kelar itu dia mati (walaupun di komik Capt pernah pakai dan sehat wal afiat)

yazuli al amin mengatakan...

Kemaren trailer rilis aja banyak yg salah nebak ,apalagi yg blom ad apa2.. Lupain dulu mari nikmati film lainya hahha

Rasyidharry mengatakan...

@yazuli Ya namanya juga iseng-iseng kan. Just for fun

h3nQ mengatakan...

mgkn superhero yg tersisa berusaha ngumpulin stones nya..gauntlet si thanos kan udah rusak..mgkn nanti pake cetakan gauntlet yg di nidavellir..trus yg bakal pake gauntlet nya si captain marvel..sbg superhero terkuat..hohoho

fikry syahrial mengatakan...

mau tanya, kalo di komiknya, Thanos matinya bagaimana?

Rasyidharry mengatakan...

@h3nQ yap kurang lebih teorinya gitu. Tapi mungkin yang pakai Captain America, buat nutup cerita dia selama ini yang selalu soal pengorbanan

@fikry Wah relatif, lagi ngomongin cerita yang apa. Kalo Infinity Gauntlet (materi adaptasi utama Infinity War) dia nggak mati. Gauntletnya direbut Nebula, yang gantian dia pake buat ngubah dunia sesuai kemauan dia, terus Thanos gantian bersatu sama superhero Bumi buat rebut gauntlet itu lagi. Endingnya, Thanos menyepi di persawahan, sama kayak ending film Infinity War.

h3nQ mengatakan...

ya bang Rasyid..kasi kesempatan si thanos bercocok tanam selama setaon dl..wkwkwk

pinkranger29 mengatakan...

yg kaga jadi debu ya anggota avengers pertama, betul kagak w,
dan berharap sih smuanya yg jadi debu nongol dan ikutan battle bareng2 wkwk

Anonim mengatakan...

ko gue ngeliatnya artikel pre- dan post- Infinity War ini semacam onani dari seorang MCU fanboy yah haha

Rasyidharry mengatakan...

@Anonim True. I'm jerking off with my article, while you don't even have some balls to write your own name and chose to hide with anonymity :)

SALEMBAY mengatakan...

Ane baca teori dari atas ke bawah
Dan diahiri dengan kata onani...

Magnifecent ..😀😁