ETERNAL SUNSHINE OF THE SPOTLESS MIND (2004)

8 komentar

Udah lama saya mencari sebuah film komedi romantis yang bisa menandingi (500) Days of Summer atau bahkan melebihi film drama favorit saya itu. Banyak film lain bergenre serupa yang saya anggap bagus macam It's Complicated, 10 Things I Hate About You, She's Out of My League, sampe Adventureland tapi masih belum bisa menandingi (500) Days of Summer. Hingga saya denger ada sebuah film bergenre komedi romantis yang katanya bagus bahkan banyak yang menjadikannya sebagai film romance terbaik dekade ini. Judulnya panjang dan agak aneh, "Eternal Sunshine of the Spotless Mind". Begitu saya cari infonya emang kritikus menilai film ini sangat baik. Sutradaranya adalah Michel Gondry, orang yang lebih dikenal sebagai sutradara video musik. ESOTSM adalah filmnya yang kedua. Saya langsung inget Marc Webb sang sutradara (500) Days of Summer yang juga lebih dikenal sebagai pembuat video musik, dan film itu adalah proyek film perdananya. Apakah sutradara yang mengawali karir bikin video klip selalu filmnya lebih yang berkualitas?

Joel Barish (Jim Carrey) adalah pria yang sedang menjalani hubungannya dengan seorang wanita yang cukup unik bernama Clementine Kruczynski (Kate Winslet). Hubungan mereka memang mulai memanas. Hingga kesabaran Clementine habis. Dia merasa bosan berhubungan dengan Joel. Celementine memutuskan pergi ke sebuah klinik bernama Lacuna yang merupakan penyedia layanan penghapusan memori. Clementine meminta memori tentang Joel dihapus. Mengetahui hal itu, Joel yang sedang dalam kondisi patah hati berat memutuskan melakukan hal yang sama. Dia memutuskan menghapus memori tentang Clementine agar bisa terbebas dari rasa sakit hati yang dideritanya.
Tapi ternyata proses penghapusan memori itu tidak berjalan lancar dikarenakan di alam bawah sadarnya Joel masih mencintai Clementine dan menolak memori tentangnya dihapus.

Dan akhirnya saya berhasil menemukannya. Film drama yang berhasil merebut hati saya seperti (500) Days of Summer. Bahkan lebih baik. Yang pertama saya singgung adalah duo Jim Carrey dan Kate Winslet. Tokoh Clementine emang unik dengan warna rambut yang mencolok dan tingkah laku yang agak "liar". Seperti bukan tipikal karakter Kate Winslet, tapi dengan kemampuan aktingnya selama ini saya tidak terkejut dia bisa menghidupkan tokoh ini. Justru yang bikin saya agak kaget adalah Jim Carrey. Disini dia tampil lebih serius dan manusiawi. Keliatan banget dia emang bisa berakting, bahkan lebih baik daripada aktingnya di I Love You Philip Morris. Walopun begitu ada kalanya dia menunjukkan peran komikalnya disaaat melucu dan itu berhasil dengan baik. Keduanya bisa memutarbalikkan harapan saya saat nonton film bergenre begini. Biasanya saya akan ebrharap kedua karakternya tidak bersatu diakhir film (karena bakal jadi standar banget) Tapi layaknya duo Tom Hansen dan Zoey Deschannel, duo Carrey-Winslet berhasil membuat saya peduli dan berharap keduanya bisa kembali bersama diakhir film.

Art Direction film ini juga luar biasa. Lihat aja, banyak banget adegan sederhana tapi indah dan memorable di film ini. Macam tiduran diatas kolam beku, sampe momen saat muncul ranjang dipinggir pantai, Very beautiful!

Bagaimana alur dan plot film ini yang sedikit melompat emang agak bikin bingung diawal. Tapi begitu mendekati pertengahan film saya berhasil memahaminya dan langsung kagum luar biasa dengan penceritaan dan penggambaran film ini. Lihat juga adegan pembacaan puisi oleh tokoh Mary yang dimainkan Kirsten Dunst. Indah banget walopun sederhana. Saya juga pernah baca (lupa dimana) yang bilang kalo pewarnaan rambut tokoh Clementine adalah bergantung dari kondisi yang dia alami. Gak tahu bener apa enggak. Film ini juga gak berusaha menampilkan teknologi canggih nan rumit dalam hal penghapusan memori agar terlihat keren dan rumit. Cukup dengan sebuah hal sederhana, penonton udah puas tanpa bertanya "kok bisa gitu?"

OVERALL: Film ini sudah berhasil meramu keromantisan, kelucuan, dan hal yang menyentuh dengan sangat baik dan berhasil menjadi film drama favorit saya menandingi (500) Days of Summer.

RATING: 

8 komentar :

  1. hey gan....
    kapan tayange?

    BalasHapus
  2. Anonim7:50 PM

    waktu pertama kali liat film ini, jujur saya agak kebingungan apa pointnya....
    sampai saya hrs mengulang untuk kedua kalinya, baru "ngeh"....film yg menarik dan Jim Carrey bermain bagus bgt, mengingat dia lbh dikenal aktor komedi...
    tapi saya g setuju kalo film ini lbh bagus daripada 500 days of summer....:p

    BalasHapus
  3. Emang menurut saya bagusan ini, tapi kalo secara personal lebih milih (500) Days of Summer haha

    BalasHapus
  4. Film romcom yang menandingi (500) Days of Summer? Coba deh nonton Annie Hall, ceritanya hampir sama :)

    BalasHapus
  5. Perasaan film 500 days of summer itu standar banget tapi gatahu dah overrated kali ya soalnya artis jg gitu ..

    BalasHapus
  6. Perasaan film 500 days of summer itu standar banget tapi gatahu dah overrated kali ya soalnya artis jg gitu ..

    BalasHapus