AIRPLANE! (1980)

2 komentar

Harus diakui bahwa selera humor saya sangat jarang sejalan dengan para sineas Hollywood, khususnya kalau sudah menyangkut film yang menawarkan komedi absurd dan parodi. Akhir-akhir ini film parodi garing macam itu memang banyak dijumpai. "Vampire's Suck" adalah yang teranyar. Tapi khusus untuk film parodi jaman dulu sekitar tahun 80an beda cerita. Saya cukup terhibur dengan film parodi di jaman itu. Yang paling saya ingat tentunya "The Naked Gun"  yang dibintangi almarhum Leslie Nielsen. Dan kali ini saya berkesempatan menonton film serupa yang rilis tahun 1980 berjudul "Airplane!". Kalau "The Naked Gun" memparodikan film polisi, seperti judulnya "Airplane!" memparodikan film yang bersetting di pesawat, tepatnya film kecelakaan pesawat. Film ini juga dibintangi Leslie Nielsen.

Ted Striker (Robert Hays) adalah mantan pilot pesawat tempur di perang dunia II. Akibat kesalahan yang dia lakukan, anggotanya tewas. Ted sendiri mengalami trauma berkepanjangan. Hal yang membuat sang kekasih, Elaine (Julie Hagerty) yang bekerja sebagai pramugari meninggalkannya. Ted yang berusaha mendapatkan Elaine kembali nekat menaiki pesawat yang dinaiki Elaine menuju Chicago. Padahal Ted masih trauma dengan segala hal yang berurusan dengan pesawat. Parahnya lagi, akibat keracunan makanan pilot dan 2 co-pilot pesawat tersebut sakit dan pingsan. Akhirnya Ted harus melawan trauma yang dia alami untuk mendaratkan pesawat tersebut dengan selamat sambil berusaha mendapatkan Elaine kembali.

Seperti layaknya film parodi lain, film ini menampilkan banyak humor yang mempunyai tingkat absurd yang tinggi. Kadang cukup surealis, kadang juga konyol tingkat tinggi. Tapi beda dengan film parodi jaman sekarang, lawakan yang ditampilkan walaupun konyol tapi punya kelucuan dan "kecerdasan" sendiri sehingga tidak asal konyol. Beberapa adegan memang berasa garing buat saya, tapi masih banyak adegan yang mampu membuat saya terhibur walaupun untuk membuat tertawa terbahak-bahak masih hanya ada sedikit adegan saja yang mampu. Scene yang lucu cukup memorable seperti auto pilot "otto" yang lucu. Tapi banyak juga scene yang hanya sekilas lewat dan garing.

Keunggulan film ini juga terletak pada para pemainnya yang tidak hanya asal tampil konyol. Leslie Nielsen menunjukkan dirinya memang raja parodi. Beberapa kata yang dia ucapkan dengan tampak innocent cukup mampu memancing tawa dan memorable. Seperti saat dia salah mendengar kata "Surely" menjadi "Shirley". Kemunculan Kareem Abdul Jabar juga menjadi kelucuan tersendiri dimana dia membuat lawakan tentang dirinya sendiri walaupun berperan sebagai orang lain.

OVERALL: Film parodi yang cukup mampu menghibur saya. Tapi melihat tanggapan kritikus luar yang memuji film ini setinggi langit makin menguatkan pendapat bahwa selera humor saya dan orang amrik memang jauh beda.

RATING:

2 komentar :

Comment Page:
Fariz Razi mengatakan...

ini film sinting! jayusnya keterlaluan hahaha tapi sangat sangat 'original' kalo dibandingkan sama film-film parodi lain hehe

Movfreak mengatakan...

Gaktahu kenapa jayusnya itu yang malah bikin ketawa
:D