FINDING NEVERLAND (2004)

1 komentar
Menyenangkan rasanya melihat film yang berisikan Johnny Depp memerankan peran orang normal dengan sangat baik walau tetap agak nyentrik ditemani oleh Kate Winslet yang walaupun bukan penampilan terbaiknya tapi aktingnya disini masih tergolong bagus. Tidak lupa film ini memberikan kesan "magical" tersendiri bagi penontonnya yang mau berimajinasi dan sejenak meninggalkan pikiran serius mereka sebagai orang dewasa dan menjadi bocah kembali dengan imajinasi yang tanpa batas sehingga pada akhirnya mereka akan menemukan "Neverland" yang dalam film ini tersaji dalam sebuah drama yang menyentuh sekaligus indah.

J.M. Barrie (Johnny Depp) baru saja menemui kegagalan pada pertunjukkan teater yang dia buat ceritanya dan dia sutradarai dimana pertunjukkan itu membuat penonton mengantuk dan dikritik buruk oleh para pengamat. Tidak mendapat dukungan moril yang cukup dari sang istri, Mary (Radha Mitchell), Barrie memilih berjalan-jalan sendirian bersama anjingnya ditaman. Disana dia bertemu dengan Sylvia (Kate Winslet) seorang janda yang mempunyai 4 putera.

Tidak butuh waktu lama bagi Barrie yang memang cukup unik untuk menarik perhatian Sylvia dan anaknya kecuali Peter (Freddie Highmore) yang memang menjadi pemurung semenjak ayahnya meninggal. Tapi Barrie tidak menyerah dan berusaha menyenangkan Peter. Bahkan lama kelamaan Barrie lebih dekat dengan Sylvia dan anak-anaknya daripada sang istri dan membuat pernikahannya diujung tanduk. Tapi dibalik itu semua Barrie sedang meniti langkah untuk membuat salah satu kisah paling legendaris dan magical, yaitu "Peter Pan".
Seperti yang sudah saya singgung diatas, salah satu pilar utama film ini adalah duo Depp-Winslet yang menunjukkan performa yang bagus. Untuk Depp aktingnya disini menjadi satu dari total 3 peran dimana dia mendapat nominasi "Best Actor" Oscar (2 lainnya adalah sebagai Jack Sparrow & Sweeney Todd). Hebatnya ini adalah satu-satunya peran dimana dia menjadi orang normal walau tetap memiliki keunikan. Johnny Depp adalah salah satu aktor favorit saya dan adalah sebuah momen yang luar biasa menyenangkan melihat aktingnya di film ini. Bahkan akting para bocah khususnya Freddie Highmore cukuplah mendapat acungan jempol.

Dari segi cerita apabila anda pernah membaca biografi Barrie yang sesungguhnya atau paling tidak membaca kisahnya dan anda menonton film ini dengan harapan mendapat info tambahan yang akurat anda akan kecewa. Naskah yang ditulis di film ini memang didasarkan kehidupan J.M Barrie tapi sesungguhnya tujuan utama film ini bukanlah untuk memperkenalkan sosok pencipta Peter Pan itu lebih jauh tapi memperkenalkan cara pikirnya yang penuh imajinasi dan seakan bisa membawa kehangatan dan keceriaan.


OVERALL: Dalam menonton film ini sejenak lupakanlah cara pikir orang dewasa dalam hal ini lupakanlah ketidakakuratan film ini dari sisi sejarah, dan tanamkan cara pikir anak-anak yang imajinatif dalam hal menikmati film ini dengan apa adanya dan mengikuti Barrie terjun ke alam khayalnya di Neverland, maka anda akan merasakan sebuah film yang menyentuh khususnya dari bagian pementasan Peter Pan berlangsung sampai akhir film. Tapi jika anda ngotot mempertahankan pikiran anda tentang keakuratan sejarah maka yang anda temui hanya biopic gagal yang berisi melodrama belaka.

RATING: