PIRATES OF THE CARIBBEAN: ON STRANGER TIDES (2011)

Tidak ada komentar
Franchise POTC dan karakter Captain Jack Sparrow bisa dibilang adalah sebuah comfort zone bagi pihak Walt Disney selaku distributor dan Johnny Depp yang menjadi sang tokoh utama. Franchise ini adalah mesin pengeruk uang yang sangat menguntungkan. Tiga filmnya yang berhasil mengumpulkan pendapatan diatas $2 milyar dari peredarannya diseluruh dunia adalah bukti tak terbantahkan bahwa walaupun makin kesini filmnya makin dihajar kritik karena penurunan kualitas, petualangan sang kapten eksentrik terbukti sangat menjual. Untuk Depp sendiri, karakter Jack Sparrow yang sudah dia perankan 3 kali dan mengahsilkan 1 nominasi Oscar dan 2 Golden Globe menjadikan karakter itu sudah sangat lekat pada dirinya.

Karena itulah walaupun tanpa Orlando Bloom dan Keira Knightley serta sutradara Gore Verbinsky, film keempatnya ini tetap dibuat. Sebagai sutradara, Rob Marshall digaet. Sedangkan Penelope Cruz dijadikan "pendamping" bagi sang kapeten Jack. Cerita film ini masih melanjutkan akhir film ketiganya dimana Jack Sparrow yang kembali kehilangan kapal dan krunya oleh Captain Barbossa (Geoffrey Rush) sedang melakukan perjalanan mencari Fountain of Youth. Ditengah perjalanan dia bertemu kembali dengan wanita dari masa lalunya, Angelica (Penelope Cruz) yang juga mengarah ke tujuan yang sama dengannya. Pertemuan dengan Angelica membawa Jack keatas kapal seorang bajak laut yang paling ditakuti, Edward Teach alias Blackbeard (Ian McShane) yang juga mengincari mata air tersebut. Selain mereka, Barbossa yang kini berada di pihak angkatan laut Inggris juga mengarah ke tempat yang sama tapi dengan tujuan yang sepertinya berbeda.

POTC terbukti bisa tetap hidup walaupun tanpa Bloom dan Kinghtley ataupun sutradara Gore Verbinski karena nyawa utama film ini memang Johnny Depp. Dan untuk perannya sebagai Jack Sparrow, Depp terlihat makin luwes dalam aktingnya karena Jack Sparrow memang sebuah comfort zone bagi Depp. Dia sendiri yang menghidupkan karakter ini, maka tidak ada acuan yang terlalu pasti untuk mengatakan aktingnya kurang. Paling yang bisa dilihat hanya karakterisasi Jack Sparrow yang sepanjang franchise film ini jika diperhatikan kadang sedikit berbeda.
Tapi sehebat apapun, Depp tetap tidak bisa mengangkat film ini sendirian. Karena itulah keputusan mempertahankan Barbossa adalah hal yang tepat karena hubungan Sparrow-Barbossa sebagai 'kawan tapi lawan' adalah hal yang menarim disimak. Selain itu, masuknya Penelope Cruz memang membantu film ini tetap hidup dan bertenaga. Ian McShane sebagai Blackbeard juga cukup bagus walaupun sosok Blackbeard nyatanya tidak semengerikan dan sesadis seperti apa yang diceritakan sebelum sosoknya muncul secara nyata.

Film ini juga merupakan film POTC yang durasinya paling pendek, yaitu "hanya" sekitar 130 menit tapi nyatanya film ini tidak terasa sesingkat itu. Memang plot film ini tidak selambat yang dikritik orang, tapi saya tetap tidak merasa bahwa installment keempat ini memiliki sebuah kisah yang menarik diikuti apabila tidak diisi oleh tokoh-tokoh yang menarik. Jalan ceritanya terlalu biasa dan tidak semenarik atau mungkin serumit film-film sebelumnya. Boleh saja film ini mengalami penyederhanaan cerita, tapi seharusnya dibarengi dengan peningkatan adegan aksi yang seru. Tapi nyatanya adegan aksinya juga tidak ada yang spesial. Apa yang membuat saya cukup terhibur adalah karena para pelaku adegan aksi biasa saja itu adalah akrakter yang lumayan menarik dan unik, andaikan film ini hanya menghadirkan bajak laut waras biasa saja, saya jamin filmnya hanya sebagai pengantar tidur.

OVERALL: Comeback yang kurang menggigit dari Jack Sparrow tapi masih mampu lumayan menghibur dan masih sanggup meraih penghasilan luar biasa (diatas $1 Milyar) yang sepertinya akan menjadi pembuga bagi trilogi baru franchise ini.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar