WES CRAVEN'S NEW NIGHTMARE (1994)

Tidak ada komentar
Freddy Krueger adalah tokoh horror favorit saya. Memang keberadaannya lebih tidak logis dibandingkan Jason Voorhees, Michael Myers apalagi Ghostface, tetapi dibandingkan rekan-rekannya tersebut Freddy lebih memiliki karakterisasi yang menarik. Jika Jason ataupun Michael hanya diam dibalik topengnya, Freddy lebih komikal dan cenderung cerewet dan punya selera humor yang cukup tinggi. Gaya membunuhnya juga bisa dibilang kreatif. Selain itu Freddy juga membutuhkan kemampuan akting yang tidak main-main dibandingkan Kane Hodder sebagai Jason yang hanya harus diam dibalik topengnya.

Kali ini di insatllemnt ketujuh dari "Nightmare on Elm Street" Wes Craven kembali menjadi sutradara dimana sebelumnya ia menjadi sutradara difilm pertama yang melegenda itu sebelum kualitas franchise ini menjadi makin naik turun (lebih banyak turun). Di film ketujuh ini Wes Craven datang dengan ide yang berbeda dan membuat kisah ini tidak menjadi lanjutan franchise ini tapi lebih seperti spin-off. Dikisahkan kali ini Freddy yang sebelumnya diketahui hanya tokoh horror yang diperankan oleh Robert Englund ternyata memang benar adanya dan merupakan sosok iblis yang mencoba masuk kedalam dunia nyata.

Freddy menyadari bahwa gerbang baginya untuk menuju dunia nyata adalah dengan melewati Heather Langenkamp, yang tidak lain adalah pemeran tokoh Nancy dalam film "Nightmare on Elm Street". Bahkan teror dari Freddy juga ikut menyerang orang-orang yang terlibat dalam film tersebut melalui mimpi, mulai dari Robert Englund sang pemeran Freddy bahkan sampai sang sutradara Wes Craven yang menjadikan mimpi tersebut menjadi inspirasi untuk menulis naskah film yang menceritakan kembalinya Freddy dari kematian. Apakah naskah itu memang menjadi nyata dan membawa Freddy hidup kembali dialam nyata? Yang jelas Freddy yang terlihat disini berbeda dari yang sebelumnya karena selain tampilan fisiknya yang agak beda, sifatnya juga lebih jahat,dan lebih gelap, tanpa selera humor layaknya Freddy yang kita kenal.
Ada dua orang yang patut mendapat tepuk tangan meriah dalam proyek film ini. Siapa lagi kalau bukan Wes Craven yang berhasil menulis sebuah naskah yang termasuk cerdas untuk ukuran film slasher dan Robert Englund yang sekali lagi memperlihatkan perforam luar biasa bahkan disaat dirinya harus memerankan karakter Freddy Krueger yang agak berbeda dari yang biasa dia perankan. Inilah contoh seorang aktor yang berhasil melebur dan hidup dalam karakter. Sungguh, siapapun tidak akan bisa menggantikan Robert Englund dimata saya dan para fans sebagai sosok Freddy Krueger.

Wes Craven memang berhasil membuat script yang unik, dan penggamabaran Freddy yang lebih gelap (dimana ini adalah gambaran awal Wes Craven mengenai Freddy sebelum film pertamanya)  menjadikan film ini punya tone yang lebih gelap. Tapi sayangnya Wes kurang berhasil dalam menjadikan Mimpi buruknya yang baru ini menjadi sebuah sajian horror yang mencekam. Film ini terasa kebingungan antar menjadi sebuah film misteri apa menjadi sebuah horror slasher. Dibilang misteri sebenarnya penjelasan atas misteri yang terjadi agak kurang memuaskan. Tapi untuk ukuran slasher apalagi franchise Nightmare, film ini terasa terlalu "lembut" dimana Freddy dipertontonkan "hanya" berhasil membunuh tidak sampai 5 korban dan tanpa memperlihatkan kesadisan atau gore. Padahal karakterisasi yang lebih gelap harusnya memungkinkan diperlihatkannya adegan pembunuhan yang lebih sadis.

Oke, "New Nightmare" ini memang tidak terlalu seram, tapi untuk sebuah film horror slasher, film ini termasuk sudah memenuhi syarat dan bukanlah film yang buruk. Yang buruk adalah keputusan mengganti Robert Englund sebagai Freddy dalam remake-nya tahun lalu, karena walaupun filmnya buruk dengan adanya Robert saya yakin akan lebih mengatrol kualitasnya sehingga tidak membosankan. Karena Robert Englund adalah Freddy Krueger! Jadi teruslah bernyanyi, "One, two...Freddy's coming for you...!!!"

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar