CHICO & RITA (2011)

Tidak ada komentar
Sebuah kisah cinta yang memiliki segalanya mulai dari romantisme, ratapan, perpisahan, pertemuan dan kebahagiaan karena perjalanan cinta itu sendiri. Sebenarnya hal-hal tersebut disuguhkan secara lengkap oleh duo stradara Fernando Trueba dan Javier Mariscal dalam film animasi unik  yang satu ini. Kisah cinta antara seorang pianis muda bernama Chico dengan penyanyi wanita dengan suara emas bernama Rita adalah isi ceritanya. Alunan musik latin yang romantis jadi pembalut kisahnya. Animasi yang tidak ditampilkan secara megah dan detail tapi malah lebih seperti gambar-gambar dalam buku mewarnai anak SD justru jadi keunikan yang membedakan film ini dengan animasi lainnya sekaligus menjadi penyegar karena ditambah juga dengan nuansa dan konten yang dewasa dan jauh dari konsumsi anak-anak.

Dikisahkan Chico adalah seorang pianis muda berbakat baik dalam memainkan lagu sampai mencipta lagu. Pertemuannya dengan Rita, penyanyi bersuara emas membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Sepertinya kisah mereka akan berjalan manis setelah satu malam yang indah dan berujung pada Chico membuat sebuah lagu yang dia beri judul "Rita". Tapi nampaknya takdir tidak semudah itu dalam menyatukan mereka. Berbagai rintangan dari berbagai arah selalu membuat mereka sulit untuk terus menjalin cinta.Kisah cinta yang berawal dari Kuba ini berlanjut hingga New York bahkan Las Vegas. Bagaimanakah akhirnya cinta keduanya berujung?
Kisah cinta antara Chico dan Rita adalah salah satu kisah cinta paling menyentuh yang pernah saya tonton dalam bentuk animasi. Mungkin hanya kisah Wall-E dan Eve yang bisa menandingi mereka. Disajikan dalam sudut pandang Chico yang sudah berusia sekitar 60 atau 70 tahunan, kita akan diajak menerka dan terus mengikuti bagaimana akhirnya hubungan Chico dan Rita apakah mereka akhirnya bersama atau bersatu. Berbagai rintangan yang muncul menambah sisi romantisme kisah mereka. Hingga akhirnya kita akan sampai pada sebuah ending yang tentunya akan paling tidak menyentuh perasaan penontonnya.
Permasalahan terbesar yang membuat "Chico & Rita" gagal menjadi sebuah sajian luar biasa bagi saya adalah rangkaian plotnya yang terlalu banyak lubang dan sering terasa melompat. Sungguh hal itu terasa mengganggu karena hubungan antara Chico dan Rita jadi kadang berasa tidak konsisten. Suatu waktu mereka bertengkar tapi tiba-tiba tanpa sebuah penyelesaian yang tepat dan jelas mereka sudah romantis lagi dan begitu seterusnya. (SPOILER: Bahkan sebuah adegan sebelum ending saat Chico diperliahtkan memenangkan Grammy terasa aneh bagi saya)

Segi animasi yang sebenarnya jadi kekuatan film ini juga terasa jadi kelemahan di beberapa bagian terutama untuk membangun emosi yang muncul. Seringkaliemosi yang terlihat di wajah karakternya terlalu datar dan tidak selaras dengan emosi vokal yang dimunculkan para aktornya. Kadang terdengar suaranya sudah memunculkan emosi yang sesuai dan kuat tapi animasi wajah karakternya terlihat lempeng saja, sungguh sebuah hal yang patut disayangkan.

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, secara keseluruhan "Chico & Rita" adalah karya yang berbeda dengan yang lain dalam konteks positif dan berhasil menjadi sebuah film yang menghibur. Untungnya dasar cerita film ini sudah romantis bagi saya jadi walaupun muncul beberaoa kekurangan film ini tidak jadi terperosok. Ada kejutan menyenangkan juga saat munculnya sebuah potongan adegan dalam mimpi Chico yang menunjukkan sebuah adegan dalam film klasik "Casablanca". Oya, yang jelas film ini bukan tontonan anak kecil walaupun bentuknya animasi karena cerita dan beberapa adegannya termasuk suguhan khusus dewasa seperti adegan seks dan nudity. Yang jelas "Chico & Rita" tetaplah sebuah kisah cinta indah yang menunjukkan bahwa cinta itu bagaikan sebuah lantunan musik indah yang tidak lekang oleh waktu.


RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar