THE DEBT (2011)

Tidak ada komentar
Sekali lagi remake oleh Hollywood kali ini dari film Israel rilisan tahun 2007 yang berjudul sama. Tapi remake yang satu ini cukup potensial karena disutradarai oleh John Madden (Shakespeare in Love) dan naskahnya ditulis oleh Matthew Vaughn (Kick-Ass, X-men: First Class). Selain itu didalamnya juga ada nama seorang Helen Mirren dan Tom Wilkinson sehingga film ini punya potensi untuk menjadi sebuah thriller yang menarik karena pada dasarnya film aslinya juga adalah film yang mendapat kritikan positif dan mendapat beberapa nominasi penghargaan. Jadi apakah pada akhirnya The Debt akan jadi sebuah remake yang berhasil atau justru jatuh seperti banyak remake lainnya?

Sarah (Romi Aboulafia) baru saja merilis buku terbarunya yang mengisahkan tentang cerita heroik mengenai ibunya, Rachel (Helen Mirren) yang 31 tahun lalu bersama mantan suaminya, Stefan (Tom Wilkinson) dan rekannya David (Ciaran Hinds) pernah menyelesaikan sebuah misi untuk menangkap seorang penjahat perang bernama Dieter Vogel (Jesper Christensen) yang pernah melakukan berbagai tindakan sadis terhadap kaum Yahudi pada Perang Dunia II. Tapi sebenarnya dibalik keberhasilan itu ada sebuah kebohongan yang telah tersimpan selama 31 tahun dalam misi tersebut dan kebohongan itu perlahan mulai terkuak.

Sebelum membahas lebih jauh hal pertama yang saya soroti dan kurang suka adalah pemilihan cast dalam film ini. Helen Mirren jelas tampil luar biasa sebagai Rachel versi tua. Bahkan dia adalah yang berakting paling bagus. Jessica Chastain sebagai Rachel versi muda juga tampil tidak kalah bagus dan makin membuktikan bahwa 2011 adalah tahun yang hebat bagi dirinya setelah tampil bagus dalam film-filmnya yang lain macam The Tree of Life, The Help, sampai Take Shelter. Yang saya kurang suka adalah cast dari tokoh David. David muda diperankan oleh Sam Worthington dan versi tua diperankan oleh Ciaran Hinds. Yang saya rasakan pertama adalah keduanya sama sekali tidak memiliki kemiripan fisik dan sangat jauh dan tidak pas untuk memerankan karakter yang sama tapi beda umur. Belum lagi akting Sam Worthington yang terasa datar.

Dari segi cerita, film ini memakai alur yang maju mundur sehingga bisa memancing rasa penasaran penonton. Melihat alur masa sekarang dan masa lalu yang dimainkan bergantian kita akan merasa ada yang tidak beres dengan misi yang terjadi tahun 1966 itu. Hingga saat fakta demi fakta mulai terungkap itulah saat dimana kita akan dipuaskan oleh segala beberapa twist yang terpasang meskipun endingnya sendiri jauh dari kata mengejutkan dan cenderung biasa saja tapi toh dari awal The Debt sudah mampu memberikan sebuah sajian thriller yang cukup cerdas dan sangat menghibur tidak saja karena twist dan kejutan yang ada tapi juga tensinya yang cukup menegangkan.

Bukan hanya itu, The Debt juga masih punya bahan perenungan didalamnya dan yang paling terasa adalah mengenai ambiguitas moral. Bayangkan saja, trio agen yang mengemban misi dalam film ini terlihat begitu mengutuki perbuatan sang target yang memang sudah bertindak begitu sadis pada kaum Yahudi, tapi disisi lain mereka malah melakukan sebuah kebohongan besar demi menyelamatkan diri mereka sendiri. Tapi jika dipikir lebih jauh lagi apa yang dilakukan oleh mereka bertiga juga tidak bisa sepenuhnya disalahkan karena berbagai pertimbangan.

Secara keseluruhan The Debt bukanlah thriller sempurna yang sangat superior. Kalau ditinjau dari kisahnya yang aslinya adalah film Israel dan bukan diangkat dari kisah nyata mungkin saja ceritanya adalah pelampiasan rasa dendam kaum Yahudi kepada Nazi dan para penjahat perang dunia II, tapi setidaknya remake ini adalah remake yang berhasil dan sebuah thriller bagus yang diisi momen menegangkan, twist sekaligus intrik cerdas dan sama sekali tidak mengecewakan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar