MULHOLLAND DRIVE (2001)

10 komentar
Sudah cukup lama sejak terakhir kali saya menonton film David Lynch. Terakhir saya menonton Eraserhead dengan kemampuan nalar saya yang saat itu masih cetek. Sekarang setelah cukup yakin dengan sedikit peningkatan kemampuan untuk memahami film Lynch, saya untuk ketiga kalinya menonton film karyanya. Yang jadi pilihan adalah film Lynch yang bisa dibilang filmnya yang paling terkenal, yakni Mulholland Drive. Lewat film ini David Lynch berhasil memenangkan Best Director di Cannes Film Festival. Lewat film ini juga Lynch mendapat nominasi Best Director Oscar untuk yang ketiga kalinya meski masih belum bisa menang. Lewat film ini jugalah Naomi Watts angkat nama di Hollywood sebelum kemudian terkenal dengan banyak membintangi film-film remake. Hal ini cukup menarik mengingat dia disini berperan sebagai seorang aktris muda yang tengah mencoba menapaki karir di Hollywood. Mulholland Drive sekarang ini juga menjadi salah satu film yang paling sering dibicarakan khususnya dalam forum-forum film untuk mencari tahu interpretasi dan makna-makna dari film ini. 

Berkisah tentang Betty (Naomi Watts) seorang gadis muda, polos dengan impian tinggi untuk menjadi selebriti menginjakkan kakinya di Los Angeles untuk pertama kalinya. Disana ia tinggal di apartemen milik bibinya yang juga merupakan seorang aktris dan tengah menjalani syuting di Kanada sehingga Betty bisa menempati apartemennya yang kosong itu. Tapi sesampainya disana ia justru bertemu dengan seorang wanita misterius yang mengaku bernama Rita (Laura Harring). Kemudian diketahui bahwa Rita mengalami amnesia setelah kecelakaan mobil yang ia alami di malam sebelumnya. Betty yang merasa kasihan akhirnya memutuskan membantu Rita mencari jati dirinya yang asli sambil tetap meneruskan usahanya mendapat peran di film besar. Disisi lain ada juga kisah tentang sutradara bernama Adam (Justin Theroux) yang dalam prosesnya menyutradarai sebuah film mendapat tekanan dari sekelompok mafia untuk menggunakan aktris pilihan mereka sendiri yang tentunya membuat Adam merasa kehilangan kebebasannya. Belum cukup sampai disitu, nasib buruk Adam berlanjut saat mengetahui sang istri berselingkuh dan kemudian rekening miliknya dibekukan.
Jika melihat dari sinopsis itu saja film ini terlihat sederhana saja. Hingga sekitar 95 menit pertama Mulholland Drive terlihat bagaikan sebuah film sederhana tentang bagaimana seorang gadis muda berusaha menggapai mimpinya di Hollywood yang keras dan tentang bagaimana kebebasan sutradara Hollywood yang dikekang oleh campur tangan pihak lain yang mempunyai kuasa. Kemudian berbagai hal itu dipadu dengan sebuah misteri pencarian jati diri Rita yang dibalut dengan beberapa keabsurdan. Tapi meski ada misteri dan hal-hal absurd, dua pertiga awal film ini masih tidak sulit dicerna dan enak dinikmati. Tapi tentu saja semuanya tidak berhenti sampai disitu karena ini adalah filmnya David Lynch yang pasti ada keanehan yang gila didalamnya. Memasuki sepertiga akhir film dimulailah parade kegilaan David Lynch yang mengobrak-abrik pemahaman penontonnya akan film ini. Saat itulah penonton akan dibuat menyusun kepingan puzzle dan petunjuk yang sepanjang film ditebar oleh Lynch. Tentu saja jika anda baru menontonnya sekali petunjuk-petunjuk tersebut ada kemungkinan terlewatkan karena terbawa oleh alur cerita di dua pertiga awal yang memang menarik diikuti.
MINOR SPOILER Selain berkisah mengenai kepalsuan Hollywood saya merasa bahwa Mulholland Drive adalah sebuah pemaparan teori seorang David Lynch tentang alam mimpi yang seringkali berjalan dengan begitu absurd dan punya kontinuitas serta peran-peran yang berbeda dengan apa yang ada didunia nyata. Hal itu terlihat dengan pergantian peran dan identitas tokoh-tokohnya dalam dunia mimpi yang ada. Bahkan beberapa benda, lokasi dan even di realita sekalipun bisa turut berganti bentuk dalam dunia mimpi dimana hal-hal itu disajikan oleh David Lynch dalam berbagai simbol-simbol yang nantinya akan menjadi petunjuk bagi para penontonnya untuk memecahkan misteri dalam film ini. Mengenai keunikan alam mimpi dan twist yang ada, saya jadi teringat dengan apa yang disajikan oleh Joko Anwar dalam Pintu Terlarang. Hanya saja dalam Pintu Terlarang kisahnya lebih condong kearah thriller berdarah dan juga lebih terasa sederhana dan lebih gamblang pemaparannya. SPOILER SELESAI Menonton film ini sekali rasanya tidak akan cukup untuk menguak misterinya. Tontonlah film ini beberapa kali dan rasakan kepuasan saat anda mampu sedikit demi sedikit memecahkan misteri dan petunjuk yang diberikan oleh David Lynch.

Kini saya mengerti kenapa film-film David Lynch selalu jadi cult dan punya pengikut bernama Lynchian. Karena meskipun film-filmnya begitu sureal dan sulit dicerna, namun bagaimana penonton penasaran akan jawaban misteri dan segala keanehan yang ada itulah yang membuat ketagihan dan akhirnya membuat orang akan menonton film tersebut lagi dan lagi. Tapi meskipun cerita dan misterinya berhasil membuai anda, jangan lupakan penampilan luar biasa dari Naomi Watts. Watts mampu memainkan dua tipikal karakterisasi yang berbeda jauh dengan sama-sama hebatnya. Satu adalah seorang gadis muda lugu penuh impian yang ceria dan baik hati, satunya adalah seorang gadis dengan kehiudpan yang sudah berantakan dan harinya diisi dengan rasa depresi. Begitu bagusnya sampai saya yakin akan banyak yang mengira kedua tokoh tersebut diperankan oleh dua orang yang berbeda. Lalu ada juga sebuah adegan masturbasi dari Watts yang nantinya akan sangat "dikenang". Entah bagaimana dia tidak mendapat nominasi Oscar. 

RATING:

10 komentar :

Comment Page:
Fariz Razi mengatakan...

masih belum siap mental nntn ini hahaha abis katanya ribet bgt yaa? tapi penasaran...

Rasyidharry mengatakan...

Yaah lumayan ribet si bagian akhirnya soalnya tone filmnya mendadak banget berubah. Tapi daripada Inland Empire masih lebih waras ini :D

Anonim mengatakan...

Ini filmnya memang bagus, gak bisa ditonton sekali...

Udah pernah liat filmnya David Lynch yg judulnya The Straight Story??? Film itu beda sama filmnya Lynch yg lain. Film itu alurnya mudah dicerna soalnya diangkat dari kisah nyata...

Doni

Rasyidharry mengatakan...

Belum nonton, tapi udah niat nonton filmnya Lynch yang laen termasuk itu hehe

Fauzi mengatakan...

Dan jangan lupakan "adegan" Naomi Watts dan Laura Harring. Legendaris banget. benar-benar kagak nyangka. Haha.

Luthfi Prasetya Putra mengatakan...

gue juga sempet teringat pintu terlarang pas nonton film ini. Sepertiga akhir film ini ga bisa dilupain sih, hehehe.

Nyet pok mengatakan...

ada yang bisa ngasih tau inti cerita nih film? bikin saya bego di tempat -_____-

Rasyidharry mengatakan...

Intinya sih film ini banyak eksplorasi ke dunia mimpi :)

Bella Citra mengatakan...

Makasih banyak mas Rasyid reviewnya, sangat membantu saya dalam mengiterpretasi makna film ini :)

Gabriel mengatakan...

Mencoba menarik kesimpulan dari film David Lynch mungkin setiap orang akan mempunyai intepretasi masing-masing.

Intepretasi saya disini Diane Selwyn adalah seorang aktris yang jatuh cinta pada Camilla Rhodes. Diane begitu cemburu ketika Camilla akan menikah dengan Adam & meminta pembunuh bayaran untuk membunuh Camilla. Namun, setelah itu dia merasa sangat bersalah sampai pikirannya menjadi terganggu. Dia membayangkan kehidupan menyenangkan seandainya Camilla menjadi teman & kekasihnya sampai pada akhirnya ia bunuh diri.

Anyway, saya masih sangat pemula dalam menonton karya Lynch. "Lost Highway" juga film dari David Lynch yang bisa membuat pusing kepala tapi sekaligus bikin ketagihan untuk terus menonton film-film Lynch lainnya...Next... "Inland Empire"