MOON (2009)

2 komentar

Film ini bagaikan angin segar bagi genre science fiction. Bukan bermasuk mengatakan film genre ini sekarang buruk, tapi yang sayalihat mayoritas film-film sci-fi lebih mengutamakan pameran CGI untuk menggambarkan setting canggih nan futuristik dan terkadang melupakan sisi cerita dan sisi science yang harusnya terkandung dalam film ber-genre tersebut. Film ini lebih mengetengahkan sisi science dan psikologis manusia yang ada didalamnya ketimbang memamerkan efek tercanggih dalam parade benda futuristik. Film yang menjadi debut penyuteradaraan bagi Duncan Jones ini sayangnya kurang terdengar gaungnya. Tapi memang sulit mengharapkan film indie macam ini akan dilirik Oscar karena kita tentu tahu bahwa Oscar selain merupakan kompetisi film terbaik juga kompetisi strategi produser dalam mengkampanyekan film mereka. Tapi di ajang "British Independent Film Awards" film ini berjaya dengan meraih 2 kemenangan dari 7 nominasi yang mereka dapat termasuk di kategori "Best British Independent Film".

Di masa depan, sebuah perusahaan bernama Lunar Industries sanggup memaksimalkan sumber energi baru untuk Bumi. Dan sumber energi tersebut berasal dari Bulan. Untuk itulah dibangun sebuah pangkalan disana. Di pangkalan itu ditugaskan satu orang untuk menjaga dan mengoperasikan semuanya dalam jangka waktu 3 tahun kontrak. Orang itu adalah Sam Bell (Sam Rockwell) yang sudah hampir 3 tahun sendirian disana dan hanya ditemani oleh robot bernama GERTY (Disuarakan oleh Kevin Spacey). Tentunya kesepian yang luar biasa dirasakan oleh Sam. Dia hanya bisa berhubungan tidak langsung melalui pesan video dengan sang istri dan anaknya di Bumi. Sam terkadang seperti melihat sesosok wanita yang hanyalah halusinasinya. Sampai halusinasi tersebut membuat Sam mengalami kecelakaan dan tidak sadarkan diri. Saat sadar dia menyadari bahwa dia tidak sendiri disana.

Bagi pecinta sicence fiction dengan sejuta spesial efek canggih mungkin akan mengantuk melihat film ini. Tapi bagi yang menyukai tontonan berbeda yang lebih mengutamakan segi cerita,"Moon" akan menjadi pilihan tepat. Jika di tahun 2010 kita disuguhi one man show dari James Franco dan Ryan Reynolds, di 2009 ada Sam Rockwell. Selama 93 menit kita akan disuguhi penampilan seorang diri dari Sam Rockwell memainkan seorang tokoh yang mengalami kesepian, tekanan dan kebingungan luar biasa. Sedikit spoiler Sam Rockwell disini akan memainkan lebih dari 1 "karakterisasi". Satu menjadi orang yang sekarat dan lebih bersifat pendiam. Sedangkan yang satunya adalah karakter yang masih kuat namun bertemperamen tinggi. Dengan 2 karakterisasi tersebut Sam Rockwell mampu memainkan setiap ekspresi dari masing-masing karakterisasi dengan sangat baik. Sangat terlihat dia memang sudah hidup dalam karakter yang dia mainkan.

Duncan Jones mampu membangun tempo yang sebenarnya lambat menjadi begitu menarik dan mengasyikkan bagi saya. Usaha saya untuk menebak-nebak fakta yang sebenarnya dan membuat saya berpikir adalah kesenangan tersendiri bagi saya selaku penonton. Dan pada akhirnya fakta yang ada memang bukan fakta yang benar-benar mengejutkan, tapi bagi saya pribadi itu juga bukan fakta yang bisa ditebak begitu saja dalam sekali tebak. Sayangnya untuk film macam ini, ending yang diberikan bagi saya terlalu biasa dan terlalu jelas. Sedangkan untuk setting yang ditampilkan benar-benar mengingatkan saya pada film "Alien". Banyak juga yang bilan mirip dengan "2001: A Space Odyssey" yang saya belum tonton (memalukan!).


OVERALL: Sebuah film yang "tersembunyi" dan sangat sayang untuk dilewatkan bagi para pecinta film yang senang dibuat penasaran dan sedikit berpikir. Apalagi one man show dari Sam Rockwell berjalan dengan sempurna.

RATING:

2 komentar :

Comment Page:
timo mengatakan...

film ini memang luar biasa. twistnya bikin garuk2 kepala dan thoughtful. Sam Rockwell tampil brilian. tapi diatas itu semua, scoringnya menurut gue bener2 menyayat!
eniwei salam kenal dari tiketbioskop.blogspot.com
tukeran taro link yak! :D

Ryna Safitri mengatakan...

The last place you'd ever expect to find yourself ..
250,000 miles from home, the hardest thing to face.
https://www.youtube.com/watch?v=6kDuVLVxo4A