UNFORGIVEN (1992)

1 komentar
Sepanjang sejarah Oscar hanya ada 3 film ber-genre western yang berhasil memenangkan "Best Picture". Dan film yang disutradarai, diproduseri dan dibintangi oleh Clint Eastwood ini adalah salah satunya dan merupakan film western terakhir yang berhasil menang hingga sekarang. Selain menang di "Best Picture", film ini juga menang di 3 kategori lain termasuk "Best Director" untuk Eastwood dan "Best Supporting Actor" untuk Gene Hackman. Clint Eastwood sebenarnya juga mendapat nominasi "Best Actor" melalui film ini tapi dikalahkan Al Pacino.

Di sebuah kota bernama Big Whiskey terjadi sebuah insiden antara 2 orang koboi dan sekumpulan PSK dimana koboi tersebut melakukan kekerasan dengan menyerang salah seorang PSK dengan pisau dan menyayat wajahnya. Tentu saja wanita-wanita tersebut ingin si koboi dihukum seberat-beratnya. Tapi sheriff kota tersebut, Little Bill (Gene Hackman) yang tidak memperbolehkan adanya senjatar dan pembunuhan di kota tersebut berkehendak lain dan hanya menyuruh 2 koboi tersebut membayar denda berupa beberapa ekor kuda. Merasa tidak mendapatkan keadilan, wanita-wanita itu membuat pengumuman akan memberi $1,000 bagi siapa saja yang berhasil membunuh 2 koboi tersebut.

Seorang pemuda, The Scofield Kid (Jaimz Woolvett) tertarik akan hadiah tersebut. Dia lalu menuju Kansas untuk mengunjungi peternakan babi milik William Munny (Clint Eastwood) untuk merekrutnya dalam pekerjaan ini. Munny sendiri disaat muda dulu adalah bandit yang sadis dan seorang pembunuh berdarah dingin sebelum akhirnya sekarang dia hanya menjadi peternak biasa yang menghidupi 2 anaknya yang sudah ditinggal mati sang ibu. Awalnya Munny menolak tawaran tersebut. Tapi setelah merasa dirinya membutuhkan uang bagi kedua anaknya, akhirnya dia menerima tawaran itu. Di tengah perjalanan ikut bergabung juga partner dan kawan lama Munny, Ned Logan (Morgan Freeman). Tapi apakah kedua orang tua yang sudah lama tidak membunuh dan memegang senjata ini mampu untuk menuntaskan pekerjaan tersebut?
Diawal film saya masih tidak terlalu terkesan dengan film ini kecuali dengan beberapa shoot yang memang bagus khususnya adegan-adegan siluet yang muncul diawal dan nantinya muncul lagi di akhir film. Memang cinematography film ini cukup spesial. Dengan pengambilan gambar yang cukup menarik di beberapa bagian. Akting Clint Eastwood dan Morgan Freeman diawal juga tidaklah spesial meskipun bagus. Tapi intensitas cerita dan pandangan saya mulai berubah saat terjadi insiden anatara English Bob dan Little Bill. Cerita menjadi makin menarik, dan ditambah akting yang memang memukau dari Gene Hackman sebagai sheriff yang menurut saya abu-abu. Diawal dia terliaht sebagai sheriff yang berwibawa dan baik, tapi seiring berjalannya film malah dia terlihat sebagai orang yang tidak pandang bulu dalam menjalankan aturan yang dia terapkan dan mengarah kepada sewenang-wenang. Hal ini seakan menjadi sindiran terhadap aturan yang berlaku dimanapun yang mana aturan tersebut terasa "buta" dan tidak fleksibel dalam pelaksanaannya.

Akting Eastwood dan Freeman juga terasa mulai "panas" mulai pertengahan film, khususnya untuk Clint Eastwood. Sebagai peternak yang tua dan lemah (yang untuk naik kuda saja sulit) dia berhasil berakting dengan baik. Lalu disaat karakter William Munny yang dia perankan mulai mengeluarkan sisi pembunuhnya dia juga menunjukkan kharisma dan wibawa yang mampu membuat lawannya takut tanpa dia perlu menghamburkan peluru. Yang jelas film ini memang merupakan kesuksesan besar bagi seorang Clint Eastwood karena peran yang dia mainkan baik didepan kamera sebagai aktor maupun di belakang kamera sebagai sutradara dan produser berhasil dia jalankan dengan sangat baik. Hal itu juga dibuktikan dengan kesuksesan film ini meraup pendapatan diatas $150 juta.

Satu hal lain yang cukup menarik di film ini adalah ambiguitas moral yang coba ditampilkan. Karakter Little Bill yang menjadi sheriff dimana dia adalah orang baik yang coba melindungi kota dari kekerasan akan terasa sebagai sosok yang jahat. Padahal jika ditinjau lebih jauh yang dia lakukan tidaklah keliru dengan melarang penggunaan senjata api dan menghajar orang asing yang berbohong dengan mengatakan dia tidak membawa senjata api. Bukan hal yang baik tapi juga bukanlah hal yang jahat. Sebaliknya karakter William Munny yang di kehidupan nyata akan dikategorikan sebagai orang jahat dan pembunuh berdarah dingin akan terasa sebagai orang tua baik, pria sejati yang mau menolong orang lain dan setia terhadap sahabat dan rela berkorban untuk anak-anaknya. Sebuah ambiguitas moral yang sudah sepatutnya direnungkan penonton dimana dalam melakukan sesuatu tidaklah harus berpatokan pada hukum dan aturan tapi juga harus mempertimbangkan norma dan hati nurani. Bukan film yang sempurna, tapi "Unforgiven" termasuk film western terbaik yang pernah saya tonton dan juga salah satu karya terbaik seorang Clint Eastwood.

1 komentar :

Comment Page:
Azau Azhari mengatakan...

Nonton Online Film Unforgiven (2013) Subtitle Indonesia disini kk
http://cinema69indo.blogspot.com/2014/05/nonton-film-unforgiven-2013-subtitle.html