IMBLOG'S PICKS: TWISTING FILMS

6 komentar

Event "IMBlog's Picks" masuk ke bagian ke-2. Kalo di bagian pertama lalu kami memilih 20 film terbaik Indonesia periode 2000 s/d 2009, kali ini yang dipilih adalah 20 film rilisan 2000 s/d 2009 yang mempunyai twist atau kejutan terbaik. Dan diantara 20 film  ini ternyata terselip 1 film Indonesia! Apakah itu? Ini dia 20 film dengan twist terbaik versi Indonesian Movie Blogger:
20. SCREAM 3

Thriller cerdas yang menegangkan sekaligus sulit menebak pelakunya (DATABASE FILM)

19. MATCH POINT



18. A BEAUTIFUL MIND

Ron Howard menyajikan sebuah kamuflase yang memikat dan didukung oleh olah acting yang prima dari duo Russel Crowe dan Paul Bettany. Awalnya saya percaya sekali dengan apa yang dialami oleh tokoh yang diperankan oleh Russel Crowe, tidak tahunya (Curhatsinema)

17. THE DEPARTED

Penokohan dan jalan cerita yang dihadirkan memang sangat berpotensi mendatangkan sebuah kisah yang tidak mudah ditebak akhirnya.  (Curhatsinema) 

16. THE BOY IN THE STRIPED PYJAMAS

Sebuah ending yang tidak hanya mengejutkan tapi juga menyesakkan dan menyedihkan.

15. MOTHER

Mengejutkan melihat ternyata semua fakta yang dikira bohong dan coba disangkal sama sang ibu ternyata kenyataan yang sebenarnya. Mengejutkan sekaligus miris.

 14.THE HANGOVER

Berbeda dengan film – film yang masuk dalam daftar ini, The Hangover tampil beda karena berbalut guyonan sepanjang durasinya. Bukti, twist tidak hanya hadir dalam film – film tegang. Dengan misteri akan apa yang sebenarnya terjadi mampu membuat penonton terpaku menunggu penjelasan demi penjelasan. Untuk sampai pada hal tersebut, kita tak hentinya disuguhi kejutan demi kejutan yang tak dapat kita tebak dan mampu mengocok perut. (Curhatsinema)

13. PINTU TERLARANG

Bangga seorang sineas Indonesia pernah menghasilkan film thriller dgn twist rapi. Bahkan sampai di akhir film, tetap tersimpan rapi dengan open endingnya (Tulisanku Tentang Film)

12.SAW
Pure twist, never see this coming from the first time! Lelaki yang dikira udah jadi mayat itu tiba-tiba bergerak, berdiri, and there he is, JIGSAW. (The Yellow Brick Road) 

11. TRIANGLE
Setelah sebelumnya kita disuguhi tiga kisah di atas kapal yang membingungkan, ketika kembali ke darat kita sadar kalau kita terseret dalam sebuah lingkaran setan yang tak ada habisnya. (Curhatsinema)
10. THE ORPHANAGE
Kita dibuat untuk meyakini akan beberapa hal yang dihadirkan sebelumnya untuk kemudian….BAM! Sebuah kenyataan menyadarkan kita akan apa yang sebenarnya terjadiSebuah kenyataan yang sangat menyesakkan (Curhatsinema) 
   
9. ATONEMENT
Film ini sangat spesial. Dengan setting Era 1930 Inggris film ini tidak sekedar menyuguhkan drama aristocrat biasa. Fiksi dan Kenyataan dicampur aduk dengan baik. Original scorenya juga sangat unik dengan dentuman mesin ketik yang berirama. (Tulisanku Tentang Film)

8. IDENTITY
Multiple personality disorders, si protagonis diketahui punya beberapa kepribadian lagi dan salah satunya adalah si pembunuh berantai (The Yellow Brick Road) 

7. ETERNAL SUNSHINE OF THE SPOTLESS MIND 
Plot yang cukup rumit bikin endingnya susah ketebak. Twist ending yang romantic.

6.OLDBOY
Sangat WTF dan menantang etika (Saya Cerita Film)

5.THE PRESTIGE
Christopher Nolan adalah sang Maestro! Tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dalam The Prestige, Nolan membangun emosi penontonnya hingga mampu mencapai klimaks yang benar-benar nendang (CurlyBandidas)    

4. A TALE OF TWO SISTERS 
Arah ceritanya bener-bener bisa bikin penonton gak berpikir tentang ending sebenernya.

3.THE MIST  
 
Salah satu twist ending yang membuat saya misuh – misuh tidak terima. WTF deh. Shocking ending (DATABASE FILM)

2. MEMENTO
 
Twist ending yang sama sekali gagal saya tebak sampai film selesai.


1.THE OTHERS

Dan inilah dia film dengan twist yang dianggap paling mengejutkan. Walaupun pada dasarnya tidak jauh beda dengan "The Sixth Sense" Shyamalan tapi kemasan yang bagus membuatnya tidak terasa basi.

Sebuah kenyataan yang dihadirkan menjelang di akhir, mampu meruntuhkan segalaapa yang kita yakini sebelumnya. Sangat tidak terduga sekali. Salut dengan Pedro Almodovar yang dengan sabar membangun tembok kepercayaan, untuk kemudian dengan cantiknya dia runtuhkan dengan sebuah hantaman besar.  (Curhatsinema)


Memutar-balikkan fakta dengan brilian, visualisasi retro yang menarik, akting gemilang dari Nicole Kidman (DATABASE FILM)

Sama sekali tidak menyangka akhirnya akan seperti itu. Mencengangkan, karena semuanya disusun secara sangat masuk akal.  (Saya Cerita Film)

6 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

kok shutter island nggak masuk?

Anonim mengatakan...

shutter island film tahun 2010 ;)

Movfreak mengatakan...

Hehe, yap. "Shutter Island" rilisan 2010 jadi gak masuk list :)

Anonim mengatakan...

memento deh juaranya,, btw donnie darko dan mulholland drive gak masuk ya?

Abay van Kasma mengatakan...

inception jg

Rio Aditya mengatakan...

ane tambahin , kl 2000-2009
frailty (favorit),cypher,runaway jury,thick as thieves(pinter),eden lake(jangan banting tv/monitornya kl selesai nonton),martyrs(ini juga),the skeleton key(ini juga) , the village ,the life of david gale ,the notebook , taking lives,secret windows , mindhunters, basic , the machinist