BRIDESMAIDS (2011)

Tidak ada komentar
Sekumpulan wanita yang membuat kekacauan menjelang hari pernikahan salah seorang sahabat mereka? Sebuah premise yang mungkin bisa membuat film ini dikatakan sebagai "The Hangover" versi wanita. Dengan diproduseri oleh Judd Apatow, film ini memang cukup memebrikan harapan akan munculnya suguhan komedi yang dianggap cerdas. Tapi tunggu dulu, walaupun disebut cerdas, saya tidak selalu berhasil terhibur dengan suguhan cerdas dari Apatow. "Funny People" yang rilis 2 tahun lalu adalah buktinya dimana film itu meraih puja puji atas komedinya yang dianggap cerdas dan memberikan banyak sentilan. Tapi saya pribadi tidak menyukai karya Apatow tersebut dimana saya merasakan komedinya adalah komedi yang garing dan tidak lucu. Nah, pertanyaannya apakah "Bridesmaids" ini akan sama seperti itu atau malah lebih bagus?

Annie (Kirsten Wiig) adalah wanita berusia 30an tahun yang tengah menghadapi cobaan hidup yang berat dimana usahanya dalam membuka toko kue baru saja bangkrut dan dia juga ditinggal kekasihnya. Annie yang sedang mengharapkan hubungan yang serius dari seorang pria malah lebih sering berakhir menjalani hubungan yang hanya sebatas hubungan seks saja dengan Ted (Jon Hamm). Hal itu masih diperparah dengan kehidupan sehari-harinya dimana dia "terjebak" tinggal bersama 2 bersaudara yang aneh dan menyebalkan. Disaat itulah sahabatnya sejak kecil, Lillian (Maya Rudolph) menunjuk dirinya sebagai maid of honor dalam pernikahan Lillian.

Dalam persiapan pernikahan tersebut, Annie diperkenalkan dengan beberapa orang teman Lillian yang akan membantunya sebagai bridesmaids, yaitu Rita (Wendi McLendon-Covey) yang tengah menghadapi permasalahan dalam mengurus anak dan suaminya, Becca (Ellie Kemper) yang baru saja menikah, Megan (Melissa McCarthy) calon adik ipar Lillian yang obesitas, dan Helen (Rose Byrne) teman Lillian yang kaya raya. Dalam persiapan tersebut Annie mulai terganggu dengan keberadaan Helen yang unggul segalanya dibanding dirinya serta dianggapnya berusaha merebut Lillian sebagai sahabat baiknya padahal Helen dan Lillian baru kenal beberapa bulan.
Sungguh "Bridesmaids" diisi oleh momen-momen yang sanggup memancing tawa. Okelah memang plot cerita yang ditawarkan biasa saja dan standar baik itu dalam kisah cinta Annie ataupun hubungannya dengan Lillian. Semuanya standar dan tidak ada konflik yang mengejutkan. Tapi film ini sanggup mengisi jalinan cerita yang biasa itu dengan momen komedi yang bisa dibilang diatas rata-rata film komedi yang rilis tahun ini yang mayoritas hanya mampu membuat saya hanya tersenyum simpul. Beberapa momen di film ini sanggup membuat saya tertawa lepas. Tentu saja salah satu momen terlucu adalah "tragedi fitting baju". Semua itu tentu berkat naskah yang ditulis Annie Mumolo dan Kristen Wiig.


Yak, peran Kristen Wiig yang juga ikut menjadi penulis naskah membuat dirinya tidak kesulitan berakting dengan baik disini. Sangat pantas Simon Pegg menjuluki dia sebagai "wanita terlucu didunia" karena penampilannya disini memang selalu berhasil mengundang tawa. Tidak hanya itu, tokoh yang dia mainkan juga berhasil mengundang simpati. Disaat dia kesal dengan Helen saya juga merasakan hal yang sama dan berharap Annie akhirnya mendapat yang terbaik. Selain Annie, tokoh Megan juga merupakan tokoh yang lucu. Dia lucu tanpa harus mengeksploitasi tubuhnya yang gemuk dan bertingkah tolol. Sayang beberapa karakter gadis lain kurang mendapat porsi seiring berjalannya durasi. Padahal adegan fitting baju yang jadi favorit saya menampilkan sebuah kelucuan yang mana porsi semua gadis tersebut sama besar.


Kekurangan berikutnya selain porsi yang kurang dari tokoh lain adalah durasi film yang melewati dua jam. Meskupun diisi banyak adegan lucu, durasi sekitar 130 menit tetap terasa agak kepanjangan untuk film komedi macam ini. Sehingga tetap ada waktu beberapa menit yang agak membosankan. Tapi secara keseluruhan "Bridesmaids" adalah salah satu komedi terbaik tahun ini.


RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar