TOP 30 KIM KI-DUK MOVIE MOMENTS

6 komentar
Jika tidak menghitung Moebius yang baru akan screening di Venice Film Festival bulan ini, maka Kim Ki-duk telah merilis total 18 film sepanjang lebih dari 16 tahun karirnya. Dari kedelapan belas film tersebut, saya sudah menonton 17 diantaranya dimana satu-satunya film yang belum berhasil saya tonton adalah Wild Animals yang merupakan film kedua Kim Ki-duk (filmnya sulit didapat). Saya sendiri berniat memposting daftar ranking film Kim Ki-duk setelah selesai menonton semua karyanya. Tapi berhubung Wild Animals sulit didapat dan saya sudah begitu ingin memposting sebuah list tentang sutradara favorit saya ini, pada akhirnya saya memilih untuk membuat daftar momen favorit saya dalam film-film Kim Ki-duk. Tentunya daftar ini bisa berubah mengingat masih ada satu film yang belum saya tonton. Jadi berikut ini adalah 30 momen favorit saya dalam film-film Kim Ki-duk yang tentunya banyak mengandung SPOILER, apalagi banyak momen terbaik sang sutradara berasal dari ending filmnya.

30. FIGHT SCENE from BAD GUY (2001)
Selalu ada cara bagi Kim Ki-duk menghantarkan kekerasan dalam filmnya. Adegan pertarungan antara Han-gi yang diperankan aktor andalan Kim, Jo Jae-hyun ini menggambarkan dengan sempurna kebrutalan karakternya saat dia menghajar segerombolan tukang pukul yang mencoba membuat kekacauan di tempatnya bekerja. Dengan kondisi babak belur penuh darah Han-gi melipat sebuah kertas dan menyulapnya menjadi sebuah senjata mematikan.

29. SPRING...AGAIN from SPRING, SUMMER, FALL, WINTER...AND SPRING (2003)
Apa yang menarik dari seorang biksu kecil bermain-main dengan hewan di dekat sungai? Fakta bahwa kisah perputaran hidup seorang pria milik Kim Ki-duk ini telah mencapai satu putaran dan kembali lagi keawal, menggambarkan roda kehidupan yang berputar tanpa pernah putus. Memancarkan sedikit kengerian sekaligus perenungan bagi saya.

28. THE STAGE from REAL FICTION (2000)
Dalam film yang menjalani syuting hanya selama 3,5 jam dan tanpa retake ini, karakter yang dimainkan oleh Joo Jin-mo masuk kedalam sebuah panggung pertunjukkan teater untuk bertemu dengan seorang pria misterius yang bermonolog diatas panggung sambil meminta untuk ditembak. Sebuah self-reflection mengenai hasrat terpendam yang cukup gamblang namun begitu sempurna.

27. SINGING WITH TEARS from ARIRANG (2011)
Dalam dokumenternya ini Kim Ki-duk mengutarakan segala kegundahannya mengenai kehidupan sambil kemudian menyanyikan lagu favoritnya, Arirang. Kim menyanyi sambil berkatarsis ria, dan perlahan nyanyian tersebut berubah menjadi sebuah momen emosional yang membuat air matanya mengalir deras. Salah satu momen terjujur dan paling personal dalam film Kim Ki-duk.

26. CUT! from REAL FICTION (2000)
Siapa sangka dengan kisahnya yang mengaburkan batas antara fiksi dan realita, film ini ditutup dengan momen "kurang ajar" saat sang sutradara berteriak "Cut!" dan menutup filmnya. Saya yang sepanjang film begitu keras memeras otak untuk berpikir mana yang kenyataan mana yang fiksi seolah "ditertawakan" oleh Kim yang seperti berbicara "tentu saja semuanya fiksi, kan ini hanya film"

25. NEVER SLEEP AGAIN from DREAM (2008)
Saya begitu menyukai scene yang satu ini karena begitu jarang saya dibuat tertawa oleh film Kim Ki-duk. Oke, mungkin adegan yang satu ini tidak dimaksudkan untuk lucu, tapi melihat ekspresi Lee Na-young saya tidak kuat untuk tidak tertawa namun disisi lain semakin menguatkan simpati saya pada karakter yang ia perankan.

24. FIRST INTERCOURSE from SPRING, SUMMER, FALL, WINTER...AND SPRING (2003)
Gambaran sempurna bagaimana seorang biksu sekalipun adalah pria biasa, manusia biasa yang akan memasuki fase "musim panas" dalam hidupnya dimana libido serta hasrat seksual mencapai puncaknya. Bukan seks menyakitkan ala Kim Ki-duk, hanya sebuah seks yang polos dari seorang yang pertama kali melakukannya.

23. SEX SCENE from THE BOW (2005)
Sang gadis muda akhirnya kehilangan keperawanannya melalui sebuah hubungan seks dengan...sosok tidak terlihat. Tiba-tiba sebuah panah melesat kearah sang gadis dan hubungan seks pun dimulai. Absurd namun entah mengapa terasa indah dan "melegakan".

22. ACTION! from ARIRANG (2011)
Jika Real Fiction yang menggabungkan fiksi dan realita ditutup dengan "cut!", maka dokumenter yang juga membaurkan kedua hal tersebut ini justru ditutup dengan teriakan "action!". Dan sang sutradara pun menembak dirinya sendiri melepaskan segala tekanan yang menghimpitnya.

21. THE SHOOTING from THE COAST GUARD (2002)
Awal dari segala kegilaan yang menyerang karakter utamanya adalah sebuah penembakan brutal yang terjadi di tengah malam ini. Sebuah adegan seks liar di pinggir pantai berubah menjadi pembantaian saat seorang warga sipil diberondong peluru. Belum cukup, ia pun diledakkan dengan granat hingga tubuhnya hancur. Sang kekasih pun menangis memeluk potongan tubuh sang kekasih. Tragis.

20. TIME LOOP from TIME (2006)
Bahkan dalam salah satu karyanya yang paling lemah (menurut saya) Kim KI-duk masih sanggup menghadirkan sebuah momen absurd yang penuh makna. Adegan opening tersebut ternyata adalah ending film ini, dan dua gadis yang bertabrakan ternyata adalah satu orang yang sama. 

19. FORTUNE TELLING from THE BOW (2005)
Sang kakek ternyata adalah seorang peramal. Bagaimana cara ia meramal? Cukup biarkan si gadis berayun di samping kapal sambil tersenyum senang, sedangkan sang kakek menembakkan panahnya. Dimana anak panah tersebut mendarat disitulah yang akan mempengaruhi hasil ramalan. Adegan yang menegangkan, namun sungguh indah melihat senyum riang nan polos dari Han Yeo-reum disini.

18. FIRST TALK from BAD GUY (2001)
Karakter Han-gi yang sepanjang film membisu akhirnya berbicara. Dengan susah payah dan penuh amarah ia menghajar sahabatnya seolah berteriak "tahu apa kau tentang cinta?!" Han-gi pun berubah dari sosok berdarah dingin menjadi pria yang menyimpan kesedihan atas cinta terpendamnya.

17. CAN I GO BACK IN? from PIETA (2012)
Dalam kisah absurd tentang ibu dan anak ini karakter Lee kang-do dengan brutal "memaksa" kembali masuk kedalam vagina sang ibu. Hanya sebuah adegan gila? Tentu tidak. Disini terpancar jelas bagaimana kepedihan hati sang pria berdarah dingin tersebut yang begitu membenci kondisinya sekarang.

16. SEX IN PRISON from BREATH (2007)
Akhirnya Yeon dan Jang Jin berhubungan seks untuk pertama kalinya. Yang membuat adegan ini ironis adalah, gamabarnya menyorot mereka berhubungan seks bergantian dengan adegan disaat suami Yeon dan puteri kecilnya sedang bermain salju diluar penjara...menanti ibu dan istri mereka yang tengah beruhubngan seks dengan seorang terpidana mati. Diiringi musik yang indah, adegan ini pun terasa indah berkat editing yang cermat tapi juga terasa begitu menyakitkan.

15. CHANG-GUK'S DEATH from ADDRESS UNKNOWN (2001)
Adegan kematian yang terasa begitu tragis dan gila akibat cara Kim Ki-duk menyajikannya. Setelah menyiksa sang ibu, Chang-guk menaiki motor milik kekasih ibunya yang baru saja ia gantung dengan penuh emosi. Kehilangan kendali ia pun terlempar dari motor sebelum jatuh di area persawahan dengan kondisi bagian atas badannya tertanam kedalam lumpur.

14. THE LAST SEX from CROCODILE (1996)
Untuk pertama kalinya kedua karakter utama film ini berhubungan seks tanpa adanya paksaan dan karena sama-sama menginginkannya. Ironisnya itu juga adalah terakhir kalinya mereka berhubungan seksual. Iringan musik yang dipakai pada adegan ini tidak pernah bisa lepas dari ingatan saya. Sangat luar biasa.

13. CONJUGAL VISIT from BAD GUY (2001)
Sun-hwa mengunjungi Han-gi di penjara. Disinilah untuk pertama kalinya saya merasa Sun-hwa benar-benar mencintai Han-gi. Dengan berurai air mata ia melampiaskan emosinya pada Han-gi yang hanya bisa terdiam dengan rokoknya. Sebuah adegan dengan romantisme yang unik namun begitu menyentuh.

12. GIRL AND HER DOG from ADDRESS UNKNOWN (2001)
Bagaimana cara Eun-ok melampiaskan hasrat seksualnya? Ternyata dia memilih bercanda dengan anak anjing yang ia miliki lalu membiarkan anjing tersebut menjilati kemaluannya. Disisi lain, Jihum yang begitu mencintai Eun-ok mengintip dari balik jendela memperhatikan bagaimana gadis yang ia puja melampiaskan hasratnya.

11. SUICIDE ATTEMPT from THE ISLE (2000)
Ada dua adegan percobaan bunuh diri yang terasa menyakitkan dan sama-sama menggunakan kail pancing di film ini. Tapi saya lebih "menyukai" adegan saat Hee-jin mencoba bunuh diri dengan mengaitkan mata kail di kemaluannya lalu mengikatkan benangnya pada perahu yang tengah berjalan. Menyakitkan disaat Hee-jin ingin mati ditangan pria yang begitu ia cintai.

10. LEAVING THE PATH from SAMARITAN GIRL (2004)
Sang ayah mengajari puteri yang begitu ia sayangi menyetir mobil sambil memberi tanda pada jalur yang harus ia lewati. Secara diam-diam sang ayah meninggalkan puterinya sendiri. Untuk apa? Tidak lain untuk melepaskan puterinya hidup di jalannya sendiri setelah "melatihnya" mengarungi jalan penuh bebatuan tersebut.

9. FATE from DREAM (2008)
Salah satu film paling cerah dari Kim Ki-duk ini diakhiri dengan cukup tragis saat kedua karakternya memilih bunuh diri. Namun Ran yang gantung diri berubah menjadi kupu-kupu mengunjungi Jin yang lebih dahulu bunuh diri. Diatas hamparan salju putih keduanya pun berpegangan tangan. Akhirnya mereka bisa bersatu.

8. DRAGGED BY A CAR from PIETA (2012)
Dengan rasa sakit hati setelah kehilangan sang ibu, Kang-do memilih mengakhiri hidupnya dengan mengikatkan tubuhnya di sebuah mobil. Mobil tersebut melaju di pagi buta sambil meninggalkan jejak darah Kang-do yang mewarnai aspal jalan. Tragis namun dikemas dengan begitu indah oleh Kim Ki-duk.

7. BROKEN GLASS from BAD GUY (2001)
Sun-hwa akhirnya sadar bahwa Han-gi selama ini terus memeprhatikannya dari balik kaca. Han-gi pun menyalakan korek api, menandakan keberadaannya. Sun-hwa akhirnya memecahkan kaca penghalang diantara mereka berdua. Contoh sempurna keindahan sinematografi yang membalut adegan emosional hingga terasa begitu menyentuh. 

6. DROWN WITH LOVE from CROCODILE (1996) 
Sederhana saja, salah satu contoh sempurna bagaimana Kim mampu mengemas ending yang tragis namun disisi lain menyimpan harapan sekaligus keindahan. Kedua tokoh utamanya duduk bersandingan di bawah sungai Han, mengakhiri hidup mereka bersama.

5. THE PREGNANT GIRL from THE COAST GUARD (2002)
Mee-young yang mengalami tekanan mental semenjak kematian kekasihnya diketahui hamil. Saat sang kakak memerintahkannya mencari siapa diantara para tentara yang berhubungan seks denagnnya, Mee-young mulai mencium satu per satu dari mereka yang melakukan tindakan tersebut. Mengenaskan melihat Mee-young yang terlihat begitu bahagia disini. Tentunya iringan musik yang ada terasa begitu menyayat.

4. I AM THE SOLDIER from THE COAST GUARD (2002)
Adegan penutup yang lagi-lagi terasa begitu menghantui disaat Kang yang berseragam lengkap dengan menenteng senapan bernyanyi ditengah kerumunan orang di pusat kota. Dia pun mulai "berlatih" dengan senjatanya. Saya pun hanya bisa terpaku melihat Kang mengarahkan senjatanya kearah kamera.

3. SPRING SONG from BREATH (2007)
Momen paling ceria dalam sejarah film Kim Ki-duk. Yeon mengunjungi Jang-jin dan mendekor ruangan dengan suasana musim semi. Ia pun bernyanyi dengan begitu ceria, mengajak saya untuk juga turut tersenyum dan secara tidak sadar bersenandung mengikuti nyanyian dan tariannya.

2. THE ISLAND from THE ISLE (2000)
Ah, lagi-lagi sebuah ending yang dirangkai dengan simbolisme indah dari Kim Ki-duk. Sang pria terlihat berenang menuju sebuah rerumputan yang ternyata adalah rambut kemaluan sang wanita. Manusia memang selalu singgah kepada manusia lain meski itu hanya sebatas hubungan seksual.

1. KISSING from 3-IRON (2004)
Sederhana. Adegan paling romantis dalam film Kim Ki-duk, sekaligus merupakan adegan ciuman paling romantis yang pernah saya lihat dalam semua film. Romantis, romantis, romantis.

6 komentar :

  1. Ya ini memang sedikit memalukan, jujur belum ada satu pun karya Kim Ki-duk yang tonton, dan sepertinya saya harus maraton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maraton yang wajib dilakukan hehe

      Hapus
  2. saya penggemar berat film-film Kim Ki Duk. Meski dia sutradara Korea, Film-film Kim Ki Duk anti mainstream. Film-filmnya tidak seperti kebanyakan film Korea lainnya. Saya jatuh cinta dengan film2 Kim Ki Duk saat menonton pertama kali 3-Iron, setelah itu saya berburu film-film lamanya termasuk Samaritan Girl, Pieta dan Spring, Summer, Fall, Winter and Spring.. film-filmnya terletak antara dosa dan kesalehan. Kebaikan dan kejahatan. Hal-hal yang sadis dalam ketenangan. Senang menemukan orang yang menyukai Kim Ki Duk juga. :)

    pohonsagu.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe emang karya Kim Ki-duk jarang yang suka karena konten ekstrimnya. tapi disitulah yang saya suka, eksplorasi sisi gelap manusianya dalem banget tanpa melupakan secercah harapan yang selalu ada

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Film kim ki duk diluar mainstream, tp justru itu kelebihannya (unik).
    Pertama kali tahu kelebihannya itu pas nonton Birdcage inn :)

    BalasHapus