PEACOCK (2010)

Tidak ada komentar

Efek dari nonton Inception adalah saya jadi tertarik dengan filmography para pemainnya. Saya mulai nyari film-film yang pernah mereka mainkan sebelumnya. Dan saya menemukan film ini dimana tidak hanya satu pemeran di film Inception yang terlibat, tapi dua. Yaitu Cillian Murphy dan Ellen Page. Cillian Murphy saya mengenalnya lewat perannya sebagai Scarecrow di Batman Begins. Sedangkan Ellen Page jelas paling bersinar di Juno dimana dia dapet nominasi Best Actress di Academy Awards. Tapi yang saya heran dengan cast yang menjanjikan begini, kenapa filmnya malah cuma dirilis langsung ke DVD tanpa lewat bioskop? Apakah hasilnya jelek? Ato ada faktor lain?

Film ini bercerita tentang John Skillpa (Cillian Murphy) seorang pegawai Bank yang tinggal di kota Peacock. Dia adalah sosok pria yang sangat pemalu dan susah berkomunikasi dengan masyarakat. Saat berbicara dia gak pernah melihat kearah lawan bicaranya dan selalu berbicara dengan tergagap. Bahkan rumahnya selalu tertutup. Sama juga ditempat kerja dimana John bekerja disebuah ruang kecil yang sangat tertutup. Dibalik itu semua, John punya alter ego. Sosok wanita bernama Emma yang akhirnya dikenal warga sekitar sebagai istri John. Emma sendiri punya karakter yang beda dari John. Dia bisa bersosialisasi bahkan ngobrol dengan orang lain walopun tetep ada sedikit malu-malu. Konflik dimulai saat suatu hari sebuah kereta "nyelonong" masuk ke halaman rumahnya.


Emma yang sedang menjemur pakaian untungnya tidak terluka. Tapi hal itu membuat penduduk kota menyadari keberadaan Emma. Mau gak mau dia harus banyak bersosialisasi. Masalah bertambah saat walikota malah menjadikan kereta yang nyungsep di halaman belakang itu sebagai bahan kampanye. Udah gitu suatu malam datang seorang wanita bernama Maggie (Ellen Page) bersama anaknya meminta bantuan John. Maggie sendiri pernah memiliki hubungan dengan John dahulu kala. Bagaimana John/Emma menyikapi kondisi yang memusingkan ini?

Saya rasa pujian patut diberikan buat Cillian Murphy yang sukses memerankan 2 karakter beda gender. Karakternya bisa berubah drastis dari John yang pemalu menjadi Emma yang lebih terbuka. Tampilan fisiknya juga cukup berbeda walopun kadang saya masih merasa melihat Emma lebih pantas sebagai banci. Tapi ssaya rasa itu udah cukup baik. Begitu juga Ellen Page yang (lagi-lagi) harus menjadi ibu muda. Yah, walopun gak sehebat di Juno, tapi aktingnya masih tetep baik. Dan saya sendiri masih heran dengan fakta dia udah berusia 23 tahunan. Padahal dengan wajah imutnya dia masih terlihat remaja. Dari segi cerita kita bener-bener digiring untuk menebak apa sebenernya yang diinginkan John dengan berperan sebagai Emma. Dan apa akhirnya dia memilih menjadi John atau Emma? Atau malah tetap keduanya.  Mungkin satu-satunya kekurangan adalah di bagian kereta masuk ke halaman rumah yang kerasa banget tipuannya. Tapi yah, toh ini bukan film yang mengumbar efek. Kesimpulan saya mengapa film ini cuma dirilis ke DVD mungkin karena cuma belum ada studio yang mau memasarkannya. Bukan karena kualitasnya buruk.

OVERALL: Sebuah film psikologikal yang cukup menarik walopun dari unsur thrillernya masih terasa kurang.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar