THE AMERICAN (2010)

Tidak ada komentar

George Clooney bisa dibilang adalah jaminan dari keberhasilan film yang dia bintangi baik dari segi finansial atau dari segi kualitas. Seringkali sebuah film bisa terkatrol dengan hanya mengandalkan Clooney seorang. Bahkan banyak film yang awalnya tidak diperhitungkan tapi akhirnya malah meraup keuntungan bahkan bertaburan penghargaan. Up in the Air tahun lalu misalnya. Kehebatan George Clooney dari segi akting adalah bagaimana dia bisa membuat karakter yang pada dasarnya tidak memiliki perbedaan dengan sosok Clooney dikehidupan sehari-hari (yang mana sering jadi sasaran kritik yang bilang kalau dia tidak pernah berakting tapi cuma jadi diri sendiri) menjadi mempunyai satu ciri yang membuatnya berbeda di tiap film. Untuk kali ini pria paruh baya yang satu ini menjadi seorang pembunuh.

Jack (Clooney) adalah seorang pembunuh bayaran handal. Sebagai seorang pembunuh seharusnya Jack memang tidak boleh menjalin pertemanan dekat bahkan sampai memiliki kekasih karena itu akan mengancam nyawa keduanya. Tapi Jack malah menjalin hubungan dengan wanita Swedia yang berujung dengan kematian sang wanita. Jack lalu bersembunyi di Roma dengan bantuan Pavel, orang yang memberinya pekerjaan. Pavel menyediakan sarana tinggal bagi Jack dan mewanti supaya Jack tidak lagi berhubungan dekat dengan orang.
Jack kemudian mendapat sebuah pekerjaan  dari Pavel untuk merakit dan mengirimkan sebuah senjata kepada seorang wanita bernama Mathilde. Pekerjaan yang seharusnya mudah bagi Jack ini ternyata tidak berjalan lancar karena Jack mulai jatuh hati dan menjalin hubungan dengan seorang pelacur bernama Clara.

George Clooney sekali lagi memberikan akting terbaiknya. Seperti biasa dia berkating sebagai pria paruh baya yang kalem tapi menghanyutkan. Dan disini ciri khas yang dimunculkan adalah ahli merakit dan memakai senjata. Style Clooney emang pantes buat main di film macam ini. Sebuah film yang bertempo lambat dan mengandalkan aura dari aktor utamanya. Tapi yang paling saya sanjung adalah sang sutradara Anton Corbijn. Saya mengenal orang ini sebagai sutradara video klip khususnya U2. Kehandalan Corbijn sebagai sutradara VC membuat dia jago merangkai adegan yang indah. Sering muncul adegan yang menampilkan keindahan alam yang beneran memanjakan mata.

Style film ini boleh dibilang "tidak Hollywood" tapi lebih cenderung kearah "European Style". Style yang mana mempertontonkan film yang bertempo medium cenderung lambat. Style macam ini punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah kejutan yang ditampilkan seringkali tidak terduga karena temponya yang lambat. Dan The American memiliki itu khususnya diparuh akhir film. Kekurangannya jelas ada ditempo yang lambat yang berpotensi menimbulkan kebosanan. Apa film ini membosankan? Buat saya sih tidak.

OVERALL: Cara Anton Corbijn  merangkai adegan ditambah capture pemandangan indah dan akting bagus dari Georgce Clooney bikin film ini lebih tepat dikatakan "nyaman" daripada membosankan.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar