CHRISTOPHER NOLAN: MIND BLOWING DIRECTOR

2 komentar

Beberapa bulan lalu saya mulai mengadakan sebuah polling di blog ini untuk menentukan "sutradara mana yang dianggap terbaik?" Dan yang mendapat suara terbanyak adalah Cristopher Nolan, disusul Steven Spielberg dan James Cameron. Spielberg dan Cameron memang bisa dibilang lebih legendaris dari Nolan, tapi Nolan memiliki sebuah kelebihan yaitu membuat film yang plotnya "mind blowing" dan punya cerita yang cerdas.

Pertama kita lihat "sejarah" sutradara satu ini. Pria kelahiran London 40 tahun lalu ini mengawali debut penyutradaraannya dengan membuat sebuah film pendek yang dia produseri dan dia tulis sendiri skenarionya pada tahun 1989 dengan judul "Tarantella". Film pendek kedua yang juga dia sutradarai, produseri dan tulis sendiri skenarionya rilis pada tahun 1996 dengan judul "Larceny". Setahun kemudian film pendek ketiganya berjudul "Doodlebug" rilis. Disana dia berkolaborasi dengan Jeremy Theobald yang mana akan menjadi aktor utama yang membintangi film panjang pertama Nolan yang rilis setahun berikutnya, 1998 dengan judul "Following".


Following yang berbujet hanya $6,000 ini rilis pertama Toronto Film Festival. Film yang menampilkan gambar hitam putih ini menceritakan tentang seorang pria yang mengikuti seorang pria tak dikenal disekitar jalanan London dan akhirnya malah terjebak dalam masalah kriminal. Film ini menjadi pertanda ciri khas film Nolan yang menggunakan plot tidak linear alias melompat-lompat. Film berdurasi 69 menit ini mendapat banyak pujian dimana situs Rotten Tomatoes memberi nilai 76%.Following juga memenangkan berbagai penghargaan di festival-festival film. Dari segi finansial Following juga cukup sukses dengan menghasilkan $48,000 atau 8X bujet.















Film keduanya rilis tahun 2000 dengan judul "Memento". Film ini didasari dari cerita pendek yang ditulis sang adik, Jonathan Nolan dan dikembangkan oleh Christopher. Film ini menjadi film yang melambungkan nama aktor Guy Pearce dan dibintangi aktris Carrie-Anne Moss yang sebelumnya melambung lewat perannya sebagai Trinity di The Matrix. Film ini mendapat sambutan luar biasa dan diakui sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Masih mengandalkan plot melompat andalan Nolan. Memento berhasil membuat penonton penasaran hingga akhir film. Film ini mendapat nilai 93% di Rotten Tomatoes. Lewat Memento pula Nolan mendapat nominasi Oscar pertamanya untuk kategori Best Screenplay. Pendapatannya juga cukup memuaskan dimana berhasil mendapat keuntungan lebih dari $30 juta.

2 Tahun kemudian Nolan me-remake film Norwegia berjudul "Insomnia". Film yang menggunakan judul sama ini dibintangi oleh 3 bintang besar berkualitas Oscar. Robin Williams, Al Pacino, dan Hillary Swank. Ini menjadi film pertama Nolan yang pendapatannya diatas $100 juta. Kali ini Nolan menggunakan plot yang linear dan lebih sederhana tapi tidak membuat film ini kehilangan momen mencekam dan membuat penasaran. Rotten Tomatoes memberi nilai 92% untuk film ini.

Tahun 2005 Nolan mulai mendaki puncak kesuksesan lebih tinggi dengan me-reboot franchise Batman yang mati suri akibat kegagalan Batman & Robin. Film yang diberi judul Batman Begins ini mengambil kisah awal mula Bruce Wayne menjadi Batman. Film ini juga menjadi pertanda awal kerjasama Nolan dan aktor Christian Bale. Nolan membuat film ini menjadi gelap dan tidak kekanak-kanakan seperti 2 film Batman sebelumnya. Lewat film ini pula Batman berhasil mendapatkan image keren lagi. Batman Begins menjadi salah satu film superhero terbaik yang pernah ada dan mendapat nilai 84% di Rotten Tomatoes. Untuk urusan penghargaan, film ini mendapat nominasi Oscar untuk Best Cinematography.

Disela-sela pembuatan sekuel Batman Begins Nolan mengadaptasi novel "The Prestige". Film ini kembali dibintangi Bale dan Michael Caine. The Prestige juga diisi Hugh Jackman, Scarlett Johansson, dan David Bowie. Film yang menceritakan tentang konflik dunia sulap ini mendapat sambutan cukup baik dimana dari bujet $40 juta berhasil kembali lebih dari $100 juta. Walaupun begitu, film yang mendapat nilai 75% di Rotten Tomatoes ini dianggap sebagai salah satu film "terlemah" Nolan. Nah, disini kehebatan Nolan terlihat. Film yang kembali memakai plot melompat khas Nolan ini masih termasuk film yang luarbiasa dan itu dianggap salah satu yang terlemah dari Nolan.
















Dan tibalah tahun 2008 yang fenonenal itu. Dimana sekuel Batman Begins rilis dengan judul "The Dark Knight". Film ini menjadi film superhero terlaris dengan pendapatan diatas $1 Milyar dan dianggap juga sebagai film superhero terbaik sepanjang masa, bahkan salah satu film terbaik sepanjang masa dan mendapat nilai 94% di Rotten Tomatoes. Film ini juga menandai perpisahan dunia dengan aktor Heath Ledger yang memerankan The Joker dimana dia mendapat penghargaan Best Supporting Actor di Oscar. Yang mengejutkan dan sangat kontroversial film ini tidak masuk nominasi Best Picture Oscar.

Disaat dunia menunggu sekuel The Dark Knight, Nolan malah membuat film yang ide ceritanya murni berasal dari buah pemikirannya berjudul Inception yang rilis tahun 2010 ini. Dan seperti yang kita tahu film bertabur bintang ini diakui sebagai film supercerdas dan superlaris. Nilai 87% didapat dari Rotten Tomatoes. Berbagai penghargaan mampir. Pendapatan diatas $800 juta masuk. Incepion juga mendapat beberapa nominasi untuk Golden Globe tahun ini termasuk Best Picture dan Best Director untuk Nolan sendiri. Nama Nolan makin dikenal sebagai sutradara yang TIDAK PERNAH MEMBUAT FILM JELEK.

Proyek kedepan Nolan dia dikabarkan akan menjadi produser di film Superman terbaru yang disutradari Zack Snyder walau sempat ada kabar Nolan batal jadi produser. Tapi yang pasti 2012 nanti Nolan akan membuat film "The Dark Knight Rises" yang akan menjadi pelengkap trilogi Batman miliknya sekaligus akan menjadi film Batman terakhir yang disutradarinya dan terkahir pula dibintangi Christian Bale. Kabarnya Tom Hardy akan menjadi musuh utama dan belum diketahui akan memerankan apa. Yang jelas film ini akan jadi fil m superhero paling ditunggu disamping "The Avengers" yang kebetulan dijadwalkan juga rilis tahun 2012. The Avengers akan jadi senjata utama Marvel, dan The Dark Knight Rises jadi andalan DC. Patut ditunggu apa Nolan kembali berhasil membuat film luarbiasa. Yang jelas saat ini dia sudah menjadi salah satu sutradara terbaik disaat baru berusia 40 tahun.

2 komentar :

  1. Mampir juga ke sini gan
    http://www.erreviewsinem.blogspot.co.id

    BalasHapus