GET LOW (2010)

Tidak ada komentar

Pernahkah anda mendengar sebuah ide aneh untuk mengadakan upacara pemakaman bagi orang yang masih hidup? Begitulah premise yang dipakai untuk film yang dibintangi Robert Duvall, Bill Murray dan Sissy Spacek ini. Ide cerita untuk film ini berasal dari sebuah kejadian nyata yang terjadi di Roane Country, Tennessee pada tahun 1939. Filmnya berpusat pada seorang tokoh bernama Felix Bush (Robert Duvall) yang dibuat berdasarkan tokoh nyata bernama Felix Breazeale. Felix Bush adalah seorang tua yang hidup sendirian selama 40 tahun dirumah pondoknya ditengah hutan. Felix sendiri menolak kehadiran orang lain di area tempat tinggalnya dan selalu menembaki orang yang berkeliaran dengan senapan. Karena perangai dan kemisteriusan itulah yang membuat banyak cerita dan kabar angin yang beredar tentang dirinya diantara masyarakat.

Salah satu kisah yang beredar adalah, Felix merupakan seorang pembunuh berdarah dingin yang dulunya pernah membunuh orang di sebuah perkelahian. Felix juga merasa banyak kabar yang tidak benar beredar di kalangan masyarakat. Hal itulah yang memberinya ide untuk menggelar upacara pemakaman bagi dirinya sendiri. Felix menginginkan semua orang yang mengetahui cerita apapun mengenai dirinya datang kesana. Buddy Robinson (Lucas Black) yang bekerja di perusahaan pemakaman milik Frank Quinn (Bill Murray) akhirnya menawarkan jasa mereka pada Felix.

Lalu mereka memulai membuat sebuah pesta pemakaman yang unik dengan strategi pemasaran yang juga unik dan aneh. Tapi masalah sebenarnya apa tujuan dari Felix mengadakan ini semua? Sebenarnya bagaimanakah masa lalu yang sesungguhnya dari Felix? Apa memang dia pembunuh atau hanya gosip belaka?  Misteri makin bertambah saat ternyata Felix diketahui mengenal bahkan cukup akrab dengan Mattie Darrow (Sissy Spacek) seorang janda yang juga teman Frank.

Sekilas memang ide film ini nampak absurd. Mengadakan upacara pemakaman bagi orang hidup? Oh, salah. Bukan upacara melainkan pesta pemakaman. Bahkan Felix mengadakan sebuah kuis yang diadakan pada acara tersebut untuk menarik minat pengunjung. Kuis yang sangat-sangat aneh. Bahkan film ini menurut saya sudah memiliki kadar absurd yang mendekati film-film bikinan Coen Brothers. Bedanya, film bikinan Aaron Schneider ini masih lebih waras. Plot yang ada bukan mengumbar twist unik layaknya film Coen tapi memendam sebuah misteri mengenai masa lalu Felix. Tidak lupa juga sisipan komedi yang sangat mengena dan tiap kali dimunculkan mampu membuat saya tertawa. Karakter-karakter yang muncul juga bukan karakter yang bisa dibilang biasa. Sekali lihat karakter Felix jelas akan menarik perhatian. Begitu pula dengan Frank yang dimainkan Bill Murray yang juga menyimpan misteri apakah dia orang yang bisa dipercaya atau tidak?

Walaupun dipenuhi berbagai keanehan dan sisi unik, susungguhnya realistas yang muncuk di "Get Low" cukup sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Banyak orang termasuk saya tentunya yang pernah punya pengalaman menemui orang macam Felix. Dimana di daerah tempat tinggal mereka terdapat sosok misterius yang ditakuti oleh anak-anak sekaligus dihindari oleh orang dewasa. Anak-anak takut karena sejak awal sudah dicekoki segala cerita mengerikan tentang orang itu dari orang tua mereka. Padahal belum tentu cerita itu benar adanya. Bahkan banyak terjadi kisah itu ikut terbawa sampai orang yang bersangkutan meninggal. Intinya kita tidak boleh menghakimi orang hanya dari cerita yang kita dengar tanpa mengetahui kebenaran yang sesungguhnya karena itu tidak beda dari sebuah fitnah.


OVERALL: Premise cerita unik yang disuguhkan dengan menarik adalah keunggulan film ini. Dan itu amsih ditambah akting pemainnya khususnya Robert Duvall yang menyajikan akting kelas Oscar.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar