PAUL (2011)

4 komentar
Kolaborasi duo Simon Pegg & Nick Frost dengan sutradara Edgar Wright lewat "Shaun of the Dead" dan "Hot Fuzz" memang terbukti mampu meraih sukses. Saya sendiri sangat terhibur dan menyukai kelucuan Frost & Pegg ditambah gaya penyuteradaraan Edgar Wright di "Shaun of the Dead" (belum nonton "Hot Fuzz). Tapi bagaimana kalau duo itu bermain bersama di film yang disutradarai orang lain? Kali ini mereka bermain di sebuah film comedy+sceince fiction yang disutradarai oleh Greg Mottola (Superbad, Adventureland). Disini Pegg dan Frost juga menjadi penulis naskah dimana mereka berdua melakukan "road trip" supaya bisa menghasilkan naskah bagus sesuai inspirasi yang mereka dapat sepanjang perjalanan.

Graeme (Pegg) dan Clive (Frost) adalah sahabat bahkan bisa disebut "bromance" yang sedang menghadiri acara comic con. Keduanya memang penggila komik sehingga mau jauh-jauh datang dari Inggris. Selain menghadiri comic con, mereka berdua juga melakukan perjalanan melintasi Amerika menggunakan RV untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang dipercaya pernah disinggahi alien. Dalam perjalanan mereka menjumpai kecelakaan dimana mereka melihat mobil yang menyalip mereka tiba-tiba terguling. Saat itulah mereka menjumpai pengemudi mobil tersebut yang ternyata adalah seorang (atau seekor) alien yang bernama Paul (Seth Rogen). Disitulah Paul meminta bantuan mereka berdua untuk menolongnya kabur dari agen rahasia pemerintah yang sedang memburu dirinya guna mengambil otak Paul untuk diteliti.
Dalam perjalanan itu malah akhirnya turut juga seorang wanita yang begitu taat pada agama bernama Ruth (Kristen Wiig) yang awalnya mengira Paul adalah iblis. Keadaan bertambah parah karena selain 3 agen pemerintah, Moses (John Carroll Lynch) yang adalah ayah Ruth juga ikut mengejar mereka untuk menyelamatkan putrinya. Tentunya selain menegangkan perjalanan ini juga dipenuhi berbagai kekonyolan duo Graeme dan Clive serta kelucuan dari Paul, sang alien yang selain cerdas juga urakan.
Andaikan bukan duo Simon Pegg dan Nick Frost yang bermain dan menulis naskah, saya rasa film ini akan jadi film komedi/parodi biasa yang jatuhnya garing. Layaknya "Shaun of the Dead", duo ini tidak hanya pintar melucu tapi juga mampu menciptakan chemistry persahabatan yang amat kuat, walaupun di film ini tidak sebagus di "Shaun of the Dead" tapi masih masuk kategori bagus. Dalam menulis naskah mereka berdua mampu menyelipkan parodi dan mengambil beberapa poin dari film-film science fiction lain. Ide mengenai cameo Steven Spielberg juga cerdas dan lucu. Jika bukan mereka, saya yakin parodi yang muncul adalah parodi khas Amerika yang buat saya garing. Keduanya juga mampu berakting baik dengan sosok Paul yang hanya rekaan CGI.

Sayangnya, sutradara Greg Mottola sepertinya tidak mempunyai cara pandang yang benar-benar serupa dengan Pegg & Frost dalam penceritaan komedi layaknya yang dipunyai Edgar Wright. Saya merasa film ini sangatlah Hollywood. Hal itu membuat ide naskah yang cukup unik menjadi terasa standar. Bahkan saya sudah bisa menebak ending film ini mau dibawa kemana saat Paul menunjukkan kemampuannya menyembuhkan luka makhluk lain. Untung di bagian akhir sedikit ada kejutan dari pengungkapan fakta siapa sebenarnya rekan yang membantu Paul untuk kabur. Ada juga penampilan singkat Sigourney Weaver yang cukup menghibur.

Hal lain yang saya kurang suka adalah sosok Paul yang disuarakan oleh Seth Rogen. Entah kenapa saya sudah sebal dengan sosok Seth Rogen bahkan dari hanya mendenganr suaranya saja. Apakah ini bawaan dari "The Green Hornet" ? Sosok Paul sudah digambarkan urakan dan slenge'an, ditambah suara Rogen, Paul berpotensi menjadi karakter yang menyebalkan bagi saya yang untungnya tidak sampai pada taraf itu. Untuk efek CGI bagi tampilan visual Paul sudah bagus dan terlihat real. Kristen Wiig juga berakting cukup baik dan menghibur ditambah sumpah serapah yang dilontarkan gadis yang dari luar terlihat polos itu.

OVERALL: Jauh bila dibandingkan "Shaun of the Dead" yang menampilkan Pegg+Frost, tapi "Paul" masih menyimpan momen-momen lucu yang sanggup menghibur.

RATING:

4 komentar :

  1. wah ini nonton dimana? :o penasaran nih walaupun review2nya gak begitu bagus. dan toss saya jg gak suka seth rogen apalagi suaranya hahaha

    BalasHapus
  2. Download yg masih bad quality :P
    Premise awal bolehlah, eksekusinya aj yg kurang mantap. Sama ditambah suara super nyebelin si Seth Rogen haha

    BalasHapus
  3. Wah.. iya saya suka banget ama ama duo pegg dan frost, udah nonton hot fuzz dan shaun of the dead, dan selera humor mereka kena banget ama selera saya...

    jadi pengen nonton nih film..

    Tapi iya emang, saya juga gag tuh ama Seth Rogen, baik Green Hornet maupun film2nya yang lain... *lho, kok kita jadi aliansi benci seth rogen??

    Tapi semoga aja penampilannya yang cuma numpang suara gag terlalu menganggu ya??

    BalasHapus
  4. Belum nonton Hot Fuzz nih :(

    Haha, udah kebawa nyebelin, jadi cuma denger suaranya aja udah lumayan sebel :P

    BalasHapus