NEVER LET ME GO (2010)

Tidak ada komentar

Premise awal film ini sangatlah menarik dan menjanjikan. Cerita tentang kloning yang harus rela menyerahkan hidupnya hanya sebagai alat bantu donor yang seakan mereka tidak memiliki perasaan namun pada kenyataannya mereka memiliki perasaan bahkan bisa merasakn cinta. Jajaran pemain juga menjanjikan. Trio pemeran utama Carey Mulligan, Andrew Garfield dan Keyra Knightley dan ditambah Sally Hawkins sebagai pendukung jelas sangat menjanjikan. Film ini sendiri adalah adaptasi dari novel berjudul sama karangan Kazuo Ishiguro.
Film ini dibagi menjadi 3 bagian cerita. Yang pertama menceritakan mengenai kehidupan masa kecil 3 murid dari sebuah sekolah bernama "Hailsham", yaitu Kathy (Isobel Meikle-Small), Ruth (Ella Purnell) dan Tommy (Charlie Rowe). "Hailsham" bukanlah sekolah biasa. Sekolah tersebut adalah salah satu dari beberapa sekiolah yang murid-muridnya adalah hasil kloning yang mana disekolah tersebut mereka hidup dan dididik hingga tiba waktunya mereka dewasa dan siap untuk menjadi donor bagi sang pemilik kloning kapanpun dibutuhkan. Konflik diantara ketiganya terjadi disaat Kathy mengetahui bahwa sahabatnya, Ruth menjalin hubungan dengan Tommy yang sudah lama dia cintai.

Kathy terus berharap hubungan Ruth dan Tommy berakhir namun hal itu tidak terjadi. Di bagian kedua, Selang sekitar 7 tahun ketiganya meninggalkan "Hailsham: dan tinggal di "The Cottage" yang berisi alumnus-alumnus sekolah kloning lainnya. Disanalah mereka bertiga mulai mengenal dunia luar. Kathy (Carey Mulligan) yang masih terlihat sendiri dan Ruth (Keyra Knightley) dan Tommy (Andrew Garfield) yang masih tetap menjalin hubungan. Beberapa waktu disana akhirnya setelah mengalami berbagai macam hal dan konflik Ruth dan Tommy putus. Tapi Kathy lebih memilih meninggalkan tempat itu dan menjadi "carer" yang bertugas menjaga dan merawat pendonor. Di sesi ketiga 10 tahun sudah semenjak mereka berpisah dan akhirnya kini mereka kembali bertemu dalam kondisi yang berbeda dimana mereka sudah harus menghadapi proses donor.
"Never Let Me Go" sangat berpotensi menjadi sebuah film yang menyentuh sisi kemanusiaan dan apabila berhasil akan menghasilkan drama yang cukup mengharukan. Walaupun terdapat beberapa kejutan kecil yang cukup asyik diikuti, tapi penyederhanaan dan penyingkatan disana sini malah mengakibatkan sisi emosional yang seharusnya ada jadi hilang. Melihat bahwa kloning yang sebenarnya mempunyai cinta dan perasaan berusaha memperjuangkan cinta itu disaat mereka hanya dipandang sebagai alat donor belaka harusnya bisa menghadirkan sisi emsosi yang begitu kuat. Segala konflik dan dilema yang dialami karakternya seolah hanya diceritakan begitu saja supaya kita tahu tapi tidak diceritakan supaya kita mengerti dan ikut merasakan dan mendalami perasaan masing-masing karakter yang karakterisasinya juga tidak dibangun dengan baik.

Untungnya walaupun karakterisasinya kurang, para pemain yang ada mampu berakting semaksimal mungkin dalam membuat karakter yang kurang tersebut menjadi lebih menarik disaksikan. Carey Mulligan cukup baik sebagai gadis pendiam yang memendam segala beban dan perasaannya. Begitupun Andrew Garfield yang walaupun tidak sebaik penampilannya di "The Social Network" tapi masih masuk kategori cukup bagus. Dan saya paling suka Keyra Knightley yang disaat dia dituntut bermain sebagai gadis yang keras dan emosian dia berhasil, dan disaat harus menjadi gadis yang lemah dan rapuh dia juga berhasil. 

Kelebihan lain film ini jelas ada pada kolaborasi sinematografi yang indah dan alunan musik yang nyaman didengar dan lebih menyentuh dibanding pemaparan kisah di filmnya. Khusus untuk sinematografi, sisi ini adalah keunggulan terbesar dalam "Never Let Me Go" dimana saya sering disuguhi tampilan gambar yang memukau khususnya di setting outdoor. Pemilihan lokasi yang tepat juga mendukung teknik pengambilan gambar yang mumpuni tersebut.

VERDICT: Menyia-nyiakan potensi dari segi cerita, "Never Let Me Go" masih terselamatkan oleh sinematografi menawan dan akting para pemainya yang cukup baik,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar