CRAZY, STUPID, LOVE (2011)

7 komentar
Sebuah rom-com yang disutradarai oleh duo Glenn Ficarra dan John Requa yang pernah memberikan suguhan bagus dalam I Love You Phillip Morris jelas cukup menjanjikan. Apalagi didalamnya terdapat banyak sekali bintang mulai dari Steve Carell, Ryan Gosling, Julianne Moore, Emma Stone, Marisa Tomei, Kevin Bacon sampai penyanyi Josh Groban turut meramaikan film ini. Ya, ini adalah sebuah ensemble cast yang sangat menggiurkan. Kisahnya sendiri memiliki beberapa subplot meskipun bukan film dengan plot super banyak macam Love Actually atau Valentine' s Day. Jadi apakah film ini segila dan seromantis judulnya?

Cal (Steve Carell) mendapatkan sebuah makan malam yang menyedihkan dimana saat itu istrinya, Emily (Julianne Moore) meminta untuk cerai. Padahal keduanya telah menikah selama 25 tahun dan pernikahan itu terancam berakhir dimana saat itu Emily juga mengaku bahwa dia telah berselingkuh dengan David Lindhagen (Kevin Bacon) yang tidak lain adalah rekan kerjanya. Meskipun berat menerima hal itu Cal coba berbesar hati dan akhirnya meninggalkan rumah. Dalam kondisi yang masih sakit hati, Cal bertemu dengan seorang womanizer bernama Jacob (Ryan Gosling) di sebuah bar. Merasa kasihan dengan Cal, Jacob akhirnya mencoba membantu Cal keluar dari sakit hatinya dengan cara mengajarkan pada Cal cara untuk bisa menjadi seorang womanizer. 

Jacob sendiri selama ini selalu berhasil merayu wanita dan membawanya ke ranjang kecuali satu orang, yaitu Hannah (Emma Stone). Permasalahn cinta juga datang dari Robbie (Jonah Bobo), putera Cal yang baru 13 tahun dimana dia jatuh cinta dengan Jessica (Analeigh Tipton) yang bekerja sebagai babysitter dirumah itu dan lebih tua 4 tahun darinya. Ironisnya Jessica justru jatuh cinta dengan pria yang jauh lebih tua darinya yaitu Cal, ayah Robbie sendiri. Rangkaian kisah yang terasa begitu gila sebenarnya. Mulai dari perselingkuhan, womanizer, mencoba melampiaskan sakit hati dengan mencoba mendapat wanita sebanyak mungkin, jatuh cinta pada orang yang lebih tua bahkan jauh lebih tua, dan beberapa perbuatan nekat lain yang dilakukan oleh tokoh-tokohnya sebenarnya sudah patut dibilang "gila" dan "bodoh". Menurut saya kata Crazy dan Stupid  bukan berarti perbuatan yang dilakukan oleh tokohnya harus gila segila telanjang didepan umum atau berhubungan seks di parkiran umum. Karena sesungguhnya berbagai perbuatan tokoh-tokoh dalam film ini cukup menggambarkan hal-hal gila nan bodoh yang bisa dilakukan saat orang itu jatuh cinta.
Jika dilihat sekilas kisahnya terlihat sangat kompleks dan bertumpuk. Dan kekurangan film dengan plot kompleks seperti ini biasanya adalah ceritanya yang menjadi kurang fokus sehingga sulit membekas dan menyentuh di hati penontonnya. Well, memang film ini harus diakui kurang bisa menyentuh saya. Dari beberapa konflik yang ditawarkan memang tidak ada yang bisa menjadi sebuah kisah cinta yang menyentuh. Tapi kesemuanya adalah kisah cinta yang manis dan amat menyenangkan untuk diikuti. Humor yang menghiasi film ini sangatlah lucu. Belum pernah saya menonton film lewat laptop sampai tertawa lepas seperti saat menonton film ini. Bahkan Bridesmaids yang buat saya sudah lucu masih tetap kalah lucu jika dibandingkan dengan film ini.
Diluar dugaan penulis naskah Dan Fogelman yang sebelumnya terkenal sebagai penulis naskah film animasi (Cars, Cars 2, Rapunzel) mampu menghasilkan naskah yang cerdas baik itu dari segi dramanya maupun dari segi komedinya. Konfliknya meskipun saya anggap kurang menyentuh tapi pada dasarnya adalah jalinan yang cukup cerdas. Balutan komedinya yang sangat lucu dan cerdas dimana mayoritas datang dari celetukan-celetukan pemainnya. Kemudian bagaiman tiap karakter dihubungkan satu sama lain juga jadi keunikan tersendiri film ini. Tiap karakternya tidak secara dipaksakan bertemu tapi punya hubungan yang cukup unik. Ada beberapa twist yang muncul berkaitan dengan hubungan antar karakternya. Jika anda tidak teliti sekali pasti tidak akan menyadarinya, dan saran saya adalah jangan teliti karena itu akan mengurangi keasyikan menonton dan unsur kejutannya.

Ensemble Cast dalam film ini juga sangat efektif dalam membangun kualitas film khususnya aroma komedinya. Steve Carell tentunya sudah terbiasa dengan peran seperti ini dan cukup baik dalam memainkan porsi drama ataupun komedi. Dia juga berhasil membangun chemistry yang baik dengan Julianne Moore. Moore sendiri jelas tidak perlu diragukan kapasitasnya dalam bermain drama. Dia juga bisa memancing tawa dan biasanya itu berasal dari celetukan-celetukan singkatnya yang sebenarnya terkesan serius tapi sekali lagi karena timing-nya sesuai jadi jatuhnya lucu. Emma Stone seperti biasa sangat lovable dengan kecantikannya dan celetukan-celetukannya yang menggemaskan. Tapi tentu saja favorit saya adalah Ryan Gosling. Saya khawatir aktor favorit saya ini tidak berakting maksimal karena bermain di film santai, tapi ternyata dia memberikan banyak momen lucu dalam pemainnya sebagai "player" ditambah dengan kharisma yang memang sudah jadi ciri khasnya.

Salah satu komedi romantis paling lucu yang pernah saya lihat. Naskahnya cerdas, akting para pemainnya bagus. Agak disayangkan memang dramanya terasa kurang maksimal, tapi setidaknya perasaan manis yang tertinggal setelah menonton film ini masih ada. Beginilah yang namanya komedi romantis. Yaitu sebuah film tentang percintaan yang terasa romantis dan dibalut dengan komedi yang lucu. Cinta memang sering membuat kita berbuat bodoh dan merasa gila karenanya. Begitulah Crazy, Stupid, Love yang merupakan komedi romantis terbaik di 2011 lalu.

RATING:

7 komentar :

  1. paling seru pas semua datang ke taman pas Cal mau kasih kejutan buat mantan istrinya. keren..

    BalasHapus
  2. gw agak kecewa sama film ini, soalnya sebenernya sih premis dan kemasannya bagus, cuman hasilnya entah kenapa agak garing haha

    BalasHapus
  3. @Someone adegan itu sama adegan pas Emma Stone takjub sama body Ryan Gosling sukses buat ngakak

    @Fariz Malah gw awalnya pesimis sama film ini, lebih tepatnya sama semua romcom. Tapi ternyata nih film sukses bikin ngakak

    BalasHapus
  4. hahaha iya. keren film nya. cuma aga ngebosenin di tengah-tengah. durasi nya terlalu lama buat film macam ini.

    BalasHapus
  5. Bagus ni film..
    Kmrn br nnt..Haha
    ada yg tw gak judul soundtrack pas ryan angkat tu emma wkt d rmh?
    :D
    mw download..Tp gak tw judul..

    BalasHapus
  6. Itu judulnya "The Time of My Life", soundtrack film Dirty Dancing. Tuh lagu juga dipake buat bagian chorus lagu The Time-nya BEP

    BalasHapus
  7. Oh..thanks y gan..
    langsung nih gwa download...haha

    BalasHapus