MY TOP 10 JAMES BOND THEME SONGS

1 komentar
Sama seperti unsur lain, theme song merupakan aspek penting yang telah menjadi ciri franchise James Bond. Jika dalam film kebanyakan soundtrack bagus adalah "bonus", tidak untuk Bond. Penonton akan jauh lebih kritis menanggapi perilisan lagu yang nanti akan mengiringi credit title filmnya (another important and iconic aspect). Tidak hanya wajib memiliki kualitas bagus, lagu tersebut harus pula sempurna mewakili sosok James Bond beserta petualangannya. Maka wajar saat Sam Smith merilis "Writing's on the Wall" kritik langsung menghampiri karena lirik dan nuansa lagu yang terlalu mellow dianggap tidak sesuai dengan pencirian seorang Bond. Berikut di bawah ini adalah 10 lagu dari film 007 yang menjadi favorit saya. (Saya tidak tahu apapun tentang musik, jadi semua ini berdasarkan selera pribadi).


10. DIE ANOTHER DAY from DIE ANOTHER DAY (Performed by Madonna)

Pilihan kontroversial, saya tahu. Tapi pengulangan beberapa kali akan membuat ketagihan. Lagipula lagu ini cocok mewakili filmnya yang (juga) cheesy dan melibatkan laser plus teknologi berlebihan.
9. ALL TIME HIGH from OCTOPUSSY
(Performed by Rita Coolidge) 
Lackluster? Mungkin. Minim inovasi? Memang. But it's not a bad song either. Dengan catchy chorus yang sedikit mengingatkan pada lagu-lagu The Carpenters, cukup membuat saya menyukai nomor ini.
8. THUNDERBALL from THUNDERBALL 
(Performed by Tom Jones)
Instrumen yang menggedor secara mendadak, vokal powerful Tom Jones khususnya di akhir lagu ditambah sedikit selipan James Bond Theme adalah kombinasi sempurna.
7. THE WORLD IS NOT ENOUGH from THE WORLD IS NOT ENOUGH 
(Performed by Garbage)
I grew up with this song, enough said. 
6. DIAMONDS ARE FOREVER from DIAMONDS ARE FOREVER (Performed by Shirley Bassey)
Dibuka oleh intro yang eerie, lagunya berubah memabukkan, lalu berlanjut ke chorus bombastis yang dibuka dengan lirik "I don't need love", berujung pada vokal bravura Shirley Bassey. Amazing journey through one song.
5. LIVE AND LET DIE from LIVE AND LET DIE (Performed by Paul McCarney & Wings)
Disaat Lennon identik dengan sisi liar Beatles, McCartney lebih komersil, dianggap minim eksplorasi. Tapi track ala-Queen ini nyatanya membuktikan ia sanggup menghadirkan lagu Bond "paling rock" dan paling kaya secara komposisi.
4. NOBODY DOES IT BETTER from THE SPY WHO LOVED ME (Performed by Carly Simon)
Mendengarkan lagu ini menerbangkan saya ke imajinasi tentang berjalan di lorong gelap motel yang disinari cahaya neon remang-remang dengan seorang wanita cantik menanti di ujung jalan. Seksi!
3. SKYFALL from SKYFALL (Performed by Adele)
Lagu Bond paling populer, tapi bukan sekedar itu saja karena Adele sanggup merepresentasikan tema kelam filmnya dalam atmosfer serta lirik lagu ini. Kelam tapi megah.
2. GOLDFINGER from GOLDFINGER 
(Performed by Shirley Bassey)
Perfect soundtrack for perfect Bond movie. Segala trademark lagu Bond dimiliki lagu ini, sebagaimana filmnya yang memantapkan ciri khas franchise-nya. Tidak heran Shirley Bassey secara total sudah menyanyikan tiga lagu Bond (sesungguhnya empat, tapi "Mr. Kiss Kiss Bang Bang digantikan oleh Thunderball disaat akhir).
1. YOU ONLY LIVE TWICE from YOU ONLY LIVE TWICE (Performed by Nancy Sinatra)
Saat filmnya sendiri terkesan konyol dengan "wajah Jepang" yang dikenakan Sean Connery, lagunya atmospheric, dreamy dan mysterious berbalut vokal Nancy Sinatra yang menghipnotis. Absolute perfection!

1 komentar :

Comment Page:
blogbram mengatakan...

Setuju banget sama yang pertama. "Manis" betul suaranya Nancy Sinatra hahaha.