THE SPECTACULAR NOW (2013)

4 komentar
Satu lagi film bertemakan coming-of age di tahun 2013 setelah The Way Way Back  dan The Kings of Summer berasal dari James Ponsoldt yang sebelumnya menyuguhkan pada kita drama tentang alkoholik dalam Smashed di tahun 2012 lalu. Dalam The Spectacular Now, Ponsoldt membawa kembali Mary Elizabeth Winstead yang menjadi aktris utama dalam Smashed, namun kali ini Elizabeth Winstead hanya menjadi pemeran pembantu karena sosok sentral dari film ini ada pada duo Miles Teller (Rabbit Hole & Project X) dan Shailene Woodley (The Descendants). Tentu saja layaknya film-film lain yang bertemakan coming-of age, The Spectacular Now akan membawa kita pada perjalanan karakter utamanya dalam menghadapi berbagai konflik yang menimpanya dan membawa sang karakter menuju pendewasaan diri berkat pelajaran hidup yang ia pahami setelah melewati segala konflik tersebut. Fokus utama film ini adalah Sutter Keely (Miles Teller), seorang remaja yang menjalani hidup penuh pesta dan hedonisme. Dia adalah tipikal remaja yang hidup untuk bersenang-senang hari ini tanpa mau repot-repot memikirkan masa depannya kelak. Sutter sendiri merasa bahagia dengan hal itu termasuk dengan hubungan cinta yang ia jalin dengan Cassidy (Brie Larson).

Namun akibat sebuah salah paham, Cassidy memilih untuk memutuskan hubungan dengan Sutter, bahkan tidak lama kemudian ia menjalin hubungan dengan Marcus (Dayo Okeniyi) yang seorang ketua kelas dan siswa beprestasi di sekolah. Tentu saja itu membuat Sutter begitu terpukul dan memilih mabuk-mabukan untuk melampiaskan patah hatinya. Tanpa ia sadari ia mabuk sampai tertidur di halaman orang lain dan ditemukan oleh Aimee Finecky (Shailene Woodley), gadis teman sekolahnya yang lugu, sedikit nerd, dan tentu saja tidak dikenal oleh Sutter yang hobinya mabuk-mabukan di pesta. Sutter pun akhirnya memilih menjadikan Aimee sebagai pelampiasan sementara dari patah hatinya. Dia mau membantu Aimee melakukan pekerjaannya mengantar koran, mengajak Aimee ke pesta, sampai puncaknya menjadikan Aimee teman kencannya di acara prom. Aimee yang polos tentu saja merasa bahwa kedatangan Sutter yang membuatnya jatuh cinta merupakan babak baru dan kebahagiaan yang juga baru dalam kehidupannya. Sedangkan bagi Sutter yang masih mengharapkan cinta Cassidy, hubungan yang ia jalin dengan Aimee memang pada awalnya ia niati hanya bersifat sementara, namun ia tidak sadar bahwa Aimee juga membawa babak baru dalam kehidupannya.


The Spectacular Now adalah kisah tentang bagaimana kita menghadapi masa lalu, masa kini dan masa sekarang. Ini adalah kisah coming-of age tentang bagaimana kita seharusnya hidup tidak hanya untuk masa kini dan terus tenggelam untuk memikirkan masa lalu. Seperti karakter Sutter yang menjalani hidupnya hanya untuk menikmati masa sekarang dan terus tenggelam pada kenangan masa lalu dimana dia masih belum bisa move on dari sang mantan pacar. James Ponsoldt dan The Spectacular Now mengajak kita untuk menatap ke depan dan beranjak maju seberapa indahnya masa lalu dan seberapa menyenangkannya masa sekarang. Namun bukan berarti kita benar-benar harus meninggalkan masa lalu karena pada akhirnya masa lalu akan menjadi sebuah keping memori yang indah layaknya seorang mantan pacar yang pernah memberikan kenangan romansa yang memabukkan. Biarkan hal itu menjadi memori indah untuk dikenang namun jangan jadikan itu sebagai jalan hidup kita sekarang yang selalu kita kejar lagi. Namun The Spectacular Now tidak hanya menuturkan hal-hal tersebut di seputaran kisah cinta, karena paruh keduanya mengajak kita menelusuri hal yang lebih mendalam dari sekedar romansa masa SMA. Ya, ini adalah tentang memandag ke depan dan move on dalam segala hal baik itu cinta maupun kehiudpan secara keseluruhan.
Kekuatan utama The Spectacular Now ada pada segala kesederhanaan ceritanya yang membuat saya mampu merasakan bahwa kisah-kisah yang ada juga sempat atau bahkan sedang terjadi dalam kehidupan saya sendiri. Karakterisasi serta akting dari kedua pemain utamanya juga sangat menarik untuk disimak. Shailene Woodley sempurna sebagai Aimee yang karakternya membuat saya merasakan sensasi yang sama seperti saat bertemu dengan seorang gadis yang menarik di dunia nyata. Kenapa saya bilang menarik? Karena pada awalnya sosok Aimee dengan segala kepolosannya termasuk kepolosan make-upnya tidaklah terlihat cantik-cantik amat namun semakin saya mengenal karakternya dan semakin sering berinteraksi dengannya sosok Aimee semakin terlihat menarik, cantik dan likeable. Chemistry yang ia jalin dengan Miles Teller juga begitu kuat dan membuat momen-momen mereka berdua terasa mengena entah itu obrolan yang terasa menyenangkan, seks lugu yang lucu, hingga pertengkaran dalam mobil yang begitu emosional dan menyentuh. Hubungan antar Sutter dengan Aimee pun menjadi terasa simpatik dan hingga akhir saya dibuat terus berharap supaya mereka berakhir bersama.

Cukup dengan segala kesederhanaan cerita dan karakter yang membumi dan mudah disukai sudah cukup menjadikan The Spectacular Now sebagai film coming-of age terbaik dari deretan film-film serupa yang dirilis tahun 2013 lalu. Sebuah kisah menyentuh yang mengajarkan untuk beranjak ke masa depan dan mengambil keputusan yang tepat diantara pilihan-pilihan sulit yang dilematis. The Spectacular Now pada akhirnya juga mengajarkan tentang bagaimana kita untuk menerima kenyataan disaat sesuatu yang begitu kita bela dan puja ternyata tidak seindah dan tidak sebaik yang kita bayangkan sebelumnya. Alurnya mengalir dengan begitu mulus termasuk saat pergantian babak dari kisah romansa di paruh keawal menuju pencarian fakta kehidupan lebih mendalam yang dilakukan oleh Sutter. Pada akhirnya The Spectacular Now ditutup dengan begitu dramatis saat kita diperlihatkan ekspresi Shailene Woodley yang terasa ambigu namun menyisakan banyak harapan akan kelanjutan romansa Sutter dan Aimee. Anda yang sedang bingung karena tidak bisa move on dari segala aspek hidup apapun termasuk romansa segeralah menonton The Spectacular Now. Tidak salah bersenang-senang hari ini, tidak salah pula mengenang masa lalu asalkan tetap terus hidup menatap masa depan.

4 komentar :

  1. Udah falling in love sama Shailene Woodley sejak The Descendants :) Tahun ini bakal main di The Amazing Spider Man 2 dan Divergent juga. Asik.

    BalasHapus
  2. @Fauzi : gak salah tuh bro, bukannya The Amazing Spiderman 2 Emma Stone. mungkin yg ke 3 kali. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komennya si bro Fauzi itu emang waktu Shailene Woodley masih masuk daftar cast TAS2 sebelum di cancel :)

      Hapus
    2. Komennya si bro Fauzi itu emang waktu Shailene Woodley masih masuk daftar cast TAS2 sebelum di cancel :)

      Hapus