LOVE ACTUALLY (2004)

2 komentar

Film komedi romantis yang memasukkan banyak plot cerita kedalamnya udah banyak dan menurut saya mayoritas kurang bisa memberikan nyawa bagi cerita dan karakter yang ada dikarenakan terlalu banyak kisah yang membuat filmnya kurang fokus. Cuma "He's Just Not That Into You" yang agak berhasil. Love Actually sendiri adalah salah satu film yang mengawali cara penceritaan itu. Dalam film ini terdapat 9 kisah plus 1 epilog. Seperti layaknya film sejenis, cast yang dihadirkan disini juga menghadirkan banyak bintang yang mayoritas berasal dari Inggris. Ada Emma Thompson, Alan Rickman, Hugh Grant, Keira Knightley, Colin Firth, Liam Neeson, sampai Rowan Atkinson.

Ada kisah Billi Mack seorang rock & roll star gaek dan mempunyai kelakuan nyeleneh yang berusaha mengincar posisi pertama di chart untuk single natal terbarunya. Dia hanya mempunyai 1 kerabat dekat yaitu sang manajer, Joe yang telah lama bekerja untuknya. Lalu kisah cinta segitiga Juliet, Peter, dan Mark. Dimana Juliet dan Peter baru saja menikah, dan ternyata sahabat baik Peter, Mark telah sejak lama memendam cinta pada Juliet. Kemudian kisah Jamie seorang penulis novel yang jatuh cinta pada pembantunya, Aurelia yang berasal dari Portugis. Satu lagi kisah cinta segitiga muncul, dimana pernikahan Hary dan Karen yang telah dikaruniai 2 anak terganggu oleh khadiran Mia, wanita muda yang menjadi bawahan Harry.


Ada juga kisah cinta antara David yang merupakan PM Inggris yang baru terpilih kepada Natalie yang merupakan staff dikantornya yang juga merupakan staff baru yang agak sulit menjaga kata "f*ck" keluar dari mulutnya. Ada kisah cinta yang lain antara Sam dan Joanna yang baru berusia 11 tahun dimana Sam tertarik pada Joanna tapi tidak tahu harus berbuat apa, dan sang ayah tiri, Daniel mencoba membantu sang anak akan cintanya. Kemudian ada Sarah, seorang wanita yang juga merupakan bawahan Harry yang jatuh cinta kepada rekan sekantornya, Karl tetapi hubungan itu terganggu oleh kepentingan Sarah yang harus merawat kakaknya, Michael yang mengalami gangguan jiwa. Kemudia kisah pria Inggris, Colin yang kesulitan mencari pacar di Inggris lalu melancong ke Amerika dengan keyakinan disana lebih bisa mencari wanita dengan mengadalkan aksen britishnya. Yang terakhir kisah John dan Ruddy yang bertemu kala sedang shooting adegan sex dan ternyata keduanya menyambung dalam obrolannya. Semua kisah itu dihadirkan dalam latar belakang 5 minggu menjelang natal, dan hitung mundur hingga natal tiba.

Kekuatan utama film ini adalah bagaimana mampunya film ini dalam menghadirkan perjuangan para tokohnya dalam mencari cinta mereka. Kegigihan yang ditampilkan cukup menyentuh, dan diselingi humor yang bagi saya cukup berhasil. Yang paling menyentuh adalah cinta segitiga Mark, Peter, dan Juliet. Disana digambarkan bagaimana Mark sebegitu rela meminggirkan egonya supaya tidak menyakiti perasaan sang sahabat. Dan kejutan yang diberikan Mark pada Juliet dimalam natal bagi saya sangat romantis. Kisah PM David dan Natalie juga cukup menarik dikarenakan terdapat humor yang menarik dan karakter David yang diperankan Hugh Grant buat saya cukup keren ditampilkan. Ada 2 karakter lagi yang membuat saya tertark, yaitu sang rock & roll star gaek, Billy Mack yang sepanjang film menyajikan kata-kata dan polah nyeleneh, lalu ada peran kecil yang dimainkan Rowan Atkinson. Dia cuma muncul sebentar, tapi cukup berpengaruh pada nasib beberapa karakter. Aktingnya juga cukup baik, membuktikan dia tidak cuma bisa menjadi orang bloon. Sayang ada 2 kisah yang bagi saya gak penting dan cuma buat nambahin slot, yaitu kisah pejalanan Colin dan juga kisah John dan Judy yang buat saya sangatlah datar.

OVERALL: Seperti judulnya, film ini berhasil memberikan kisah cinta yang sesungguhnya

RATING:

2 komentar :

  1. Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
    Love Actually [ 2003 USA BrRip 1080p anoXmous Audio English Subtitle English, Indonesia 2360 MB ]

    http://bioskop21free.blogspot.com/2014/10/love-actually-2003-usa-brrip-1080p.html

    Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa

    BalasHapus
  2. Keren Reviewnya. ijin share review film pribadi iya, meski belom sebagus tulisan blog ini.

    http://leonardfresly.blogspot.com/

    BalasHapus