THE MAGNIFICENT SEVEN (1960)

Tidak ada komentar

Setelah menonton film-film baru, saya mencoba "break" buat nonton film lama yang termasuk kategori bagus, atau berdasar review yang ada dianggap film yang bagus. Pilihan saya jatuh pada film rilisan tahun 1960 berjudul "The Magnificent Seven". Film ini adalah remake dari film Jepang rilisan 1956 karya sutradara legendaris Akira Kurosawa yang berjudul "Seven Samurai". Bedanya, samurai diganti dengan koboi di film remake ini. Sekarang The Magnificent Seven diakui sebagai salah satu remake terbaik yang pernah dilakukan Hollywood. Sebuah prestasi mengingat biasanya Holly malah merusak kualitas film yang mereka buat ulang. Prestasi ini makin membanggakan mengingat Seven Samurai sendiri adalah sebuah film yang masuk kategori "Best Movie Ever Made" alias salah satu film terbaik yang pernah dibuat yang secara tidak langsung menasbihkan The Magnificent Seven sebagai kategori itu juga.

Sebuah perkampungan di Mexico sedang dilanda masalah akibat kampung tersebut seringkali dijarah oleh seorang bandit bernama Calvera. Calvera dan anak buahnya menjarah hasil pertanian dan harta warga kampung. Calvera sendiri berjanji akan segera kembali. Warga desa yang tidak tahan menderita akhirnya mengirim 3 perwakilannya ke perbatasan untuk membeli senjata. Tetapi sesampainya disana mereka malah bertemu seorang jago tembak bernama Chris yang menyarankan untuk menyewa orang karena hal itu lebih murah daripada membeli senjata.


Akhirnya malah Chris sepakat membantu warga desa itu dan mencari orang tambahan. Hingga lewat pencarian dan sedikit keberuntungan Chris menemukan 6 orang lain. Harry Luck, kawan lama Chris yang meyakini didesa tersebut terdapat harta karun. Vin, jago tembak yang ditemui Chris secara tidak sengaja dan sedang butuh uang. Bernardo O'Reilly, jago tembak yang punya kekuatan otot diatas rata-rata dan juga sedang kekurangan uang. Britt, selain jago tembak juga pelempar pisau handal dan mematikan. Lee, seorang penembak cepat yang sedang dalam pelarian dan sedang mengalami krisis kepercayaan diri. Dan yang terakhir adalah Chico yang paling muda dan menggebu gebu. Terkumpul 7 koboi jago tembak untuk melawan sekitar 40an bandit.

Kalo melihat film ini dari kacamata jaman sekarang jelas banyak sekali lubang khususnya dibidang special effect dimana efek baku tembak dan bekas tembakan terlihat tidak nyata. Cinematography film ini juga terasa kurang rapih. Tapi kalo kita lihat fakta bahwa film ini adalah rilisan tahun 1960, jelas The Magnificent Seven memberikan hal yang luarbiasa. Sutradara John Struges berhasil mengadaptasi jalan cerita Seven Samurai yang aslinya berdurasi 207 menit atau hampir 3 setengah jam menjadi 128 menit alias 2 jam lebih sedikit. Jalan ceritanya asyik diikuti. Mulai dari pengenalan tokoh, rekrutmen koboi, perencanaan taktik, samapi pertempuran klimaks semuanya bagus.

Tapi yang paling saya suka adalah karakter 7 koboi disini yang punya ciri dan kekuatan masing-masing jadi tidak terasa ketimpangan yang terlalu besar walaupun karakter Chris menjadi leader. Pengenalan masing-masing karakter saat terjadi rekrutmen buat saya berasa keren, khususnya karakter Britt. Pembangunan karakter itu membuat saya jadi peduli dengan nasib 7 koboi jagoan kita ini dan berharap kesemuanya bertahan hidup dan tetap menjadi Magnificent Seven. (SPOILER: Walaupun bagi yang udah pernah nonton Seven Samurai pasti tahu kalau tidak semuanya bisa bertahan hidup) Jangan lupakan juga score film ini yang luarbiasa dan akhirnya diadaptasi untuk score iklan rokok marlboro.

OVERALL: Salah satu remake terbaik yang pernah dibuat, dan salahs atu film western terbaik juga.

NOTE: Film ini juga menjadi posting terakhir blog ini di 2010. Tahun yang luar biasa ditutup dengan film luar biasa.  HAPPY NEW YEAR!!!

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar