5 ROMANCE MOVIES THAT GAVE ME LESSONS ABOUT LOVE

4 komentar

Film bergenre romantis adalah film yang tidak akan lekang oleh waktu. Baik itu jenisnya fairy tale, tragedi, dibumbui komedi bahkan sampai thriller semuanya selalu disukai dan dicintai para penikmat film. Masing-masing penonton pasti punya film romantis favorit mereka. Entah itu karena ceritanya yang romantis dan mengharu biru, menginspirasi, memberikan pelarajan, mempunyai kesamaan nasib dengan kehidupan yang menonton, atau mungkin sekadar karena aktor dan aktrisnya cantik dan ganteng. Semua terserah penonton. Saya sudah cukup banyak menonton film bergenre romance. Ada yang cuma numpang lewat di ingatan saya lantaran ceritanya yang biasa saja. Tapi tidak sedikit juga yang menjadi favorit saya bahkan sampai menginspirasi dan memberikan pelajaran hidup yang tidak sedikit. Dibawah ini saya mencoba membuat daftar 5 film romance yang mampu memberikan pelajaran bagi saya tentang makna cinta dalam hidup. Semua orang punya favoritnya masing-masing, dan inilah list dari saya:

BLUE VALENTINE (2010)


Pernikahan adalah sebuah hal yang amat sakral. Kebahagiaan pasti mengiringi setiap pasangan yang menjalin asmara dan akan segera lanjut ke jenjang pernikahan. Tapi tidak sedikit yang kurang menyadari bahwa pernikahan tidaklah mudah dan tidak akan seindah dan semudah pada saat masa pacaran. Tahun-tahun awal mungkin masih akan terasa indah. Tapi setelah berjalan lebih lama semua bisa berubah. Rasa bosan akan satu sama lain sangat mungkin menyergap. Tanggung jawab juga akan makin berat khususnya jika pasangan itu sudah mempunyai anak. Mereka tidak bisa lagi egois memikirkan hubungan mereka saja tapi juga harus memikirkan kondisi dan masa depan sang anak. Dan saat pernikahan sudah diujung tanduk, pasangan itu harus bisa mengambil keputusan secara bijak bagaimana mereka melangkah kedepannya. Kurang lebih itulah yang coba diperlihatkan film ini pada kita. Sebuah film yang sangat tepat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan pernikahan.

BEFORE SUNRISE (1995)


Benarkah cinta sejati mampu tercipta hanya dalam waktu semalam? Disaat kita bertemu sosok yang kita suka apakah memang dia adalah yang terbaik bagi kita? Lalu apa yang harus kita lakukan disaat harus membuat pilihan berat antara meninggalkan orang yang kita suka tapi belum tentu merupakan cinta sejati itu atau terus bersama dia dengan resiko kita belum begitu tahu sosoknya yang sesungguhnya karena baru kenal dalam sehari? Kedua tokoh di film ini berkenalan secara tidak sengaja, lalu kemudian merasa obrolan mereka nyambung dan iseng-iseng berjalan-jalan berdua sambil menunggu pagi datang dimana saat itu keduanya harus berpisah. Dan lama-lama cinta mulai merasuki mereka berdua. Film ini membuat saya merenungi tentang bagaimana sepasang kekasih dikatakan cocok dan saling mencintai. Hal yang makin membuat saya mantap memegang prinsip bahwa waktu bukanlah jaminan utama 2 orang bisa cocok.

BEFORE SUNSET (2004)



9 Tahun berselang disaat Jesse dan Celine kembali bertemu.Tapi kali ini kondisinya sudah berubah. Jesse yang dulu seorang pria muda biasa dan baru saja putus cinta kini sudah menjadi penulis buku terkenal dan sudah menikah bahkan sudah punya anak. Begitu pula Celine yang kini adalah wanita dewasa yang menjadi aktifis sosial dan mempunyai kekasih walaupun keduanya jarang bertemu. Dalam kondisi yang sudah begitu berbeda keduanya kembali mengenang masa romantis mereka dahulu. Dan akhirnya terkuak keduanya sama sekali tidak bahagia dengan hubungan cinta mereka saat ini. Tapi atas dasar kesetiaan keduanya masih bertahan, apalagi Jesse sudah punya anak. Apakah pernikahan yang kacau patut dipertahankan? Mungkin banyak yang mengatakan "YA" dengan alasan untuk masa depan anak. Tapi mana yang lebih baik diantara "Membesarkan anak di keluarga utuh dimana ayah ibu dan anak hidup bersama tapi ayah dan ibu saling bertengkar karena sudah tidak cinta" atau "Membesarkan anak dalam lingkungan orang tuanya bercerai tetapi mereka masih mengasuh dan sayang pada sang anak karena tidak lagi tertekan oleh hubungan yang menyiksa", yang mana? Sekali lagi saya dihadapkan pada pelajaran tentang pernikahan dan pengambilan keputusan yang sudah menyangkut cinta sejati.

(500) DAYS OF SUMMER (2009)


Film ini dan "Before Sunrise" selalu muncul jika saya membuat list tentang film favorit. Kemiripan nasib saya dengan apa yang dialami oleh Tom Hansen membuat film ini bagaikan sebuah curhatan bagi saya. Dan disini Tom Hansen juga mengalami apa yang saya alami dan rasakan dimana dia percaya bahwa wanita yang sedang dia cintai saat itu adalah memang yang terbaik dan yang ditakdirkan utnuknya dan tanpa wanita itu dia tidak bisa hidup bahagia. Tapi benarkah? Pelajaran film ini sangat mendasar dan mengingatkan saya pada pepatah lama bahwa "Masih banyak ikan di laut". Bagaiman Tom pada akhirnya mencoba move on dan bangkit dari rasa patah hati begitu mengena buat saya. Bahwa kesedihan dalam cinta tidaklah seharusnya terus diratapi tetapi harus ditinggalkan dan dilupakan dengan cara melakukan apa yang terbaik dan bagus untuk diri kita.


THE NOTEBOOK (2004)


Tipikal film romance yang ceritanya klise dimana melibatkan si kaya dan si miskin dalam perjuangan cinta mereka. Dan menunjukkan pula bagaimana seorang pria terus berusaha menepati janjinya pada sang pujaan hati untuk terus berusaha daoam hidupnya walau mungkin mereka tidak bisa bersama lagi. Kesetiaan seorang Noah juga patut ditiru dimana dia terus setia bercerita dan mengingatkan sang kekasih akan masa-masa indah mereka bersama. Cinta sejati memang tidak akan meninggalkan pasangannya disaat kondisi membaik ataupun paling buruk sekalipun dan akhirnya hanya bisa dipisahkan oleh maut yang menjemput.


Note: Dari kelima film diatas, Ryan Gosling dan Ethan Hawke sama-sama bermain di 2 film dan menunjukkan kapasitas akting dan chemistry yang sangat kuat dengan lawan mainnya. Sedangkan Joseph Gordon-Levitt bermain di 1 film lainnya dan menunjukkan akting yang bagus walaupun tidak sekuat Hawke dan Gosling

4 komentar :

Comment Page:
kendinanti mengatakan...

blue valentine?
saya senang film favorit saya ada di list ini... ^^

Movfreak mengatakan...

Hoho, itu film beneran sebagai persiapan buat pernikahan di masa depan nanti

Raven mengatakan...

Udah nonton eternal sunshine of the spotless mind?
My most favorite romance movie ever :)

Movfreak mengatakan...

Udah, setuju kalo tuh film idenya unik dan emang nyentuh :)