AN EDUCATION (2009)

2 komentar

"An Education" adalah film yang mengorbitkan nama seorang Carey Mulligan. Film ini juga termasuk salah satu dari 10 film yang masuk nominasi "Best Picture" dalam Oscar 2010 lalu. Film yang diadaptasi dari sebuah autobiografi yang ditulis oleh Lynn Barber ini menceritakan kisah seorang remaja putri yang hidup di tahun 1960an dimana dia edang beranjak menuju dewasa atau sering disebut dengan coming-of-age.

Jenny (Carey Mulligan) adalah gadis SMA yang kesehariannya hanya digunakan untuk belajar dan belajar guna memenuhu target berkuliah di Oxford. Walaupun begitu, target dan cita-cita tersebut bukan sungguh-sungguh yang diinginkan Jenny. Hal itu berasal dari keinginan sang ayah (Alfred Molina) yang sangat menginginkan putrinya berkuliah di Oxford dan dia benar-benar mengekang Jenny untuk bergaul dan menikmati masa remajanya. Jack memang adalah figur ayah dan pria yang kolot dimana dia sendiri sangat jarang bersosialisasi dan bepergian keluar.
 

Kehidupan itu dirasa Jenny amat membosankan sampai dia bertemu dengan seorang pria bernama David (Peter Sarsgaard). Dilihat dari usia jelas David jauh lebih tua dari Jenny, sekitar 2x lipat usianya. Tapi pembawaan David yang membuat Jenny nyaman dan membuatnya bisa merasakan hidup yang lebih ceria dan mengunjungi berbagai tempat membuat Jenny jatuh cinta. David juga pandai membujuk ayah Jenny yang kolot dengan berbagai kata-kata yang dia miliki. Tapi pertanyaan terus timbul. Apakah David memang pria yang tepat bagi Jenny? Karena semenjak mengenal dan berhubungan dengan David, prestasi Jenny di  sekolah mulai menurun drastis.

Kisah yang ditampilkan dalam "An Education" terasa sangat dekat dengan kehidupan remaja sehari-hari. Saya sendiri sering menjumpai teman saya yang begitu dikekang oleh orang tuanya sehingga dia tidak bisa banyak bergaul dan menikmati masa remaja yang dia miliki. Padahal belum tentu itulah yang diinginkan sang anak. Dan banyak juga remaja yang merasa hidupnya hampa sampai pada akhirnya ia menemukan pria/wanita yang dia cintai dan membuat hidupnya lebih berwarna. Kedua kisah hidup remaja itu dirangkum dengan baik oleh Lone Scherfig selaku sutradara sehingga berhasil memberikan sebuah suguhan drama yang nyaman diikuti.

Kisah yang menarik tersebut makin diperlengkap dengan akting bagus para pemainnya. Disini saya menyoroti benar akting dari Carey Mulligan, Peter Sarsgaard dan Alfred Molina. Carey Mulligan menampilkan akting maksimal yang buat saya adalah yang terbaik yang pernah dia tampilkan sampai saat ini. Aktingnya sebagai Jenny yang penuh dengan berbagai macam emosi berhasil dia tampilkan dengan baik. Berbeda dengan aktingnya akhir-akhir ini yang walaupun tetap baik tapi mulai terjebak dengan karakter gadis yang suram. Alfred Molina yang identik dengan peran antagonis juga berhasil menjadi sosok ayah yang kolot dan cukup mudah emosi tapi terlihat sebagai orang yang sukar bersosialisasi. Peter Sarsgaard sendiri berhasil memperlihatkan kharisma seorang pria dewasa yang sangat wajar membuat gadis 16 tahun jatuh hati dengan berbagai perhatian dan kenyamanan yang dia berikan. Diantara ketiganya saya tetap memilih Alfred Molina sebagai favorit.


OVERALL: Drama yang mempunyai kisah yang down to earth dan sangat nyaman untuk diikuti. Akting semua pemainnya memuaskan.

RATING:

2 komentar :

Comment Page:
kendinanti mengatakan...

film yang bagus nih!! Saya suka banget kisahnya di bagian akhir, ketika tiba-tiba ayahnya mengijinkan Jenny untuk gag melanjutkan studi karena dapet laki-laki yang menurutnya mapan. Ini sebuah realiti yang agak menohok buat kaum perempuan!

carey mulligan juga cantik bener di sini.. ckckck... #sirik

Movfreak mengatakan...

Apakah komentar ini sebuah curhatan terselubung? :P

Yup, emang Mulligan lebih cantikan rambut panjang gitu