INSIDE JOB (2010)

Tidak ada komentar

Bukan hal yang mudah untuk mencerna film yang memenangkan "Best Documentary Feature" di Oscar 2011 lalu ini. Saya yang sama sekali tidak mempunya background ekonomi dan termasuk orang yang kruang mengikuti secara mendalam mengenai krisis ekonomi global yang terjadi pada 2008 lalu harus berusaha ekstra keras untuk bisa mengerti apa yang ditawarkan film ini secara keseluruhan. Bahkan akibat kemampuan berbahasa Inggris saya yang pas pasan saya sampai harus menunggu subtitle Bahasa Indonesia dari film ini keluar sebelum saya menontonnya.

Premis film ini yaitu mengenai bagaimana sebuah krisis ekonomi global tersebut dapat terjadi. Secara keseluruhan film ini dibagi menjadi 4 bagian besar yang kalau dijabarkan adalah proses awal yang menjadi penyebab krisis teresbut terjadi sampai bagaimana kondisi pasca krisis. Cukup banyak narasumber yang dihadirkan oleh sutradara Charles Ferguson disini. Sejauh yang saya tangkap narasumber tersebut datang dari berbagai macam pihak yang membuat penonton bisa memahami krisis ini dari berbagai macam sudut pandang. Tapi untuk bisa memaknain hal itu sekali lagi saya membutuhkan usaha keras. Karena mayoritas narasumber berbicara dengan menggunakan istilah-istilah ekonomi yang saya tidak mengerti. Beruntung Charles Ferguson masih "berbaik hati" menjelaskan bebera hal yang orang awam tidak akan paham.

Yang paling saya sukai dari "Inside Job" adalah pemilihan gambar yang sangat bagus dan enak dilihat. Selain itu, gambar-gambar tersebut juga beberapa kali membantu saya mengerti mengenai topik yang sedang dibicarakan. Pujian juga patut disematkan pada Matt Damon yang menjadi narator film ini. Dia mampu menarasikan film ini dengan intonasi yang tepat sehingga selain visual yang bagus, narasi Matt Damon juga menambah kenyamanan menonton. Selain itu dia terlihat begitu menguasai materi yang diberikan film ini sehingga dia tidak terdenganr hanya membacakan narasi tetapi terdengar seperti seorang pakar yang sedang menjelaskan pada penonton.

Kebingungan saya mulai cukup banyak menghilan setelah film ini mencapai part 3 dimana bagian itu menceritakan saat krisis terjadi. Dimana saya benar-benar memahami jika korupsi yang melanda Amerika Serikat selaku negara superpower itu ternyata sudah masuk kategori yang lumayan parah. Dan diakhir film kita benar-benar akan ditunjukkan bahwa sebenarnya walaupun kondisi terlihat sudah membaik tetapi dibalik itu semua orang - orang yang bertanggung jawab diabalik krisis yang terjadi masih banyak yang hidup bebas. Dan mereka akan melakukan apa saja dan membayar berapapun untuk mencegah reformasi terjadi dimana apabila itu terjadi mereka tidak akan leluasa lagi dalam meraup uang haram sebanyak yang mereka mau. Namun setidaknya masih ada harapan bagi masyarakat dunia untuk berjuang dalam hidup mereka ditengah kemisikinan sekalipun seperti yang diaktakan Matt Damon diakhir film,  "Somethings are worth fighting for"

OVERALL: "Inisde Job" memberikan beberapa pengetahuan baru yang bisa lebih banyak lagi andaikan film inidibuat lebih "bersahabat" bagi orang-orang awam.


RATING:

Tidak ada komentar :

Comment Page: