LIFE IS BEAUTIFUL (1997)

Tidak ada komentar
Hanya sedikit saja film non-Hollywood yang bisa berbicara banyak di Oscar bahkan sampai masuk nominasi "Best Picture". Film garapan Roberto Benigni dimana dia juga berperan sebagai aktor utamanya ini adalah satu dari sedikit film non-Holly yang bisa mendapatkan 7 nominasi Oscar termasuk "Best Picture" dan memenangkan 3 diantaranya dimana salah satunya adalah kemenangan Benigni di kategori "Best Actor". Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah film Eropa.

Guido (Roberto Benigni) merupakan seorang Yahudi-Italia. Guido adalah tipikal orang yang unik dimana kesehariannya seolah tidak pernah diisi dengan kesedihan. Apapun permasalahan yang dia hadapi dia selalu berusaha menyikapinya dengan santai dan senang. Bahkan disaat ia jatuh cinta dengan Dora (Nicoletta Braschi) yang akan segera bertunangan dengan pria lain yang jauh lebih kaya darinya, Guido tetap berusaha dengan penuh senyuman hingga akhirnya ia bisa membawa Dora lari dan menikah.

Menikah beberapa tahun akhirnya mereka dikaruniai seorang anak bernama Joshua (Giorgio Cantarini). Kehidupan mereka bertiga selalu diwarnai kesenangan, dan itu semua berkat Guido. Bahkan disaat para Yahudi selalu diolok-olok Guido tetap berusaha membuat sang anak tersenyum dengan membuat cerita tersendiri sehingga sang anak bisa terus menikmati hidupnya dalam keindahan. Sampai puncaknya suatu hari mereka sekeluarga ditangkap oleh tentara Nazi dan dibawa ke kamp konsentrasi. Disanalah ujian bagi Guido dimulai untuk melindungi sang anak dan terus membuat sang anak menganggap hidupnya diisi dengan keindahan.

Film ini mungkin akan terasa bodoh dan tidak logis disaat penonton melihatnya sebagai film mengenai kehidupan di kamp konsentrasi. Sosok Guido yang diberikan Benigni selaku aktor (dengan sangat luar biasa) hanya akan terlihat sebagai orang bodoh yang cari mati. Tapi jika "Life is Beautiful" dilihat sebagai sebuah film pembelajaran mengenai bagaimana kita seharusnya selalu memandang positif semua hal dalam hidup kita sekaligus tidak pernah patah semangat, maka film ini adalah film yang menyenangkan dan menyentuh untuk disaksikan. Sosok Guido adalah benar-benar contoh individu yang tidak pernah melihat suatu kejadian dari sisi negatif dan berusaha menghadapinya dengan senyuman dan candaan. Bahkan dia juga berusaha sekuat tenaga membuat orang disekitarnya tidak larut dalam kesedihan dan ikut tertawa dengannya.

Hal itu juga yang coba diberikan oleh Benigni selaku sutradara. Dia mencoba mengajak menonton untuk tidak meratapi segala penderitaan dan problema hidup Guido yang makin lama makin berat, tapi mengajak mereka untuk bisa tetap memandang positif dan tersenyum mengikuti kisahnya. Hingga akhirnya penonton dibawa pada sebuah ending yang mungkin bisa dilihat sebagai ending yang menyedihkan. Tapi sekali lagi jangan lupa akan semua pesan yang dibawa oleh Guido sepanjang film bahwa kita harus melihat sebuah kejadian dari sisi positif. Maka kita akan melihat ending itu sebagai sebuah akhir yang mungkin mengharukan tapi positif dan menjadi awal yang baru.


OVERALL: Sebuah film yang menyenangkan dan merupakan salah satu film hollocaust yang paling positif dalam menyikapinya dan tidak meninggalkan rasa depresif bagi yang menonton. Life is beautiful, dude.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar