AKIRA (1988)

Tidak ada komentar
Film arahan sutradara Katsuihro Otomo yang diangkat dari manga berjudul sama. Sebagai film animasi, "Akira" dinilai punya impact yang cukup besar baik itu ditinjau dari perkembangan film animasi bahkan sampai keseluruhan dunia perfilman dunia. Bahkan akhir-akhir ini ramai diberitakan Hollywood berniat me-remake film ini dalam versi live action. Mungkin sudah banyak juga yang tahu kalau "The Matrix" juga cukup banyak terinspirasi akan film ini. Saya sendiri sempat salah menebak jalan cerita dari "Akira" karena dimana-mana film ini memperlihatkan sosok pria dengan motor besarnya, saya mengira film ini bercerita tentang balapan liar. Ternyata "Akira" lebih mengarah kepada tema science fiction + post apocalypse + tema agama.

Film ini ber-setting pada tahun 2019 di sebuah kota bernama Neo Tokyo. Kota itu adalah gambaran Tokyo 31 tahun setelah meletusnya perang dunia III. Kondisi Neo Tokyo sudah menjadi berantakan baik dari tampilan kota sampai isi penduduknya. Banyak pejabat korupsi sampai peperangan antar geng, khususnya geng motor. Kaneda dan Tetsuo juga adalah 2 orang sahabat yang terlibat dalam pertikaian antar geng motor. Dalam sebuah balapan antar geng, Tetsuo mengalami kecelakaan disaat dia melihat sesosok anak kecil berpenampilan aneh di tengah jalan. Tetsuo yang terluka parah dibawa pergi oleh sepasukan misterius untuk dilakukan eksperiman pada dirinya. Eksperimen untuk membangkitkan sebuah kekuatan besar yang konon dimiliki sosok bernama Akira yang berperan dalam ledakan nuklir yang menghancurkan Tokyo 31 tahun yang lalu. Kaneda dibantu beberapa kelompok anti pemerintah bekerja sama untuk menyelamatkan Tetsuo dan menghentikan kekuatan mengerikan yang disebut "kekuatan Tuhan" tersebut.
"Akira" adalah sebuah animasi yang punya pendekatan yang memang berbeda dalam artian film ini tidak segan menunjukkan kekerasan dan kesadisan yang lebih brutal daripada film animasi lainnya. Jelas sekali dilihat dari grafis dan juga tema, film ini bukan untuk dikonsumsi anak-anak walaupun bentuknya animasi. Penggambaran adegan sadis tersebut juga terlihat begitu bagus dengan efek animasi yang cukup memanjakan mata dan unik jika dilihat film ini dirilis tahun 80an.  Dengan taburan kekerasan itu juga "Akira" menjadi unik dan beda dimata saya. Istilahnya lebih gelap dan keras mungkin.

Dasar ide cerita film ini cukup kreatif dalam menggabungkan unsur science fiction dan memberikan sedikit unsur kemunculan messiah yang mungkin bisa diartikan sebagai Dajjal. Obsesi manusia untuk menyamai kekuatan Tuhan juga disinggung. Sudah bukan rahasia lagi jika sampai sekarang manusia masih berusaha menciptakan kekuatan besar karena obsesi mereka menjadi yang nomor satu menyamai Tuhan. Segala tema itu cukup baik digabungkan tanpa terasa tumpang tindih dan maksa. Gambaran post apocalyptic dalam film ini juga sepertinya menjadi inspirasi banyak film lain yang mengangkat tema serupa.Tapi mengatakan film ini luar biasa juga buat saya agak terasa berlebihan. Walaupun saya katakan film ini berhasil dalam menggabungkan berbagai tema diatas, bukan berarti "Akira" terhindar dari berbagai macam plot hole. Beberapa penjelasan mengenai kejadian disini terasa banyak sekali kejanggalan.

OVERALL: Secara keseluruhan, "Akira" cukup layak diberikan label bagus dan mampu menginspirasi film-film lainnya. Tapi menurut saya mengatakan film ini luar biasa agak berlebihan walaupun kini mendapat status cult.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar