BATTLE: LOS ANGELES (2011)

Tidak ada komentar
Satu lagi film tentang invasi alien yang dibuat. Tapi tampaknya sineas Hollywood masih belum terlalu berani mengambil pendekatan layaknya "District 9" yang memperlihatkan sudut pandang yang berbeda dari sebuah film mengenai kunjungan alien ke Bumi. Kali ini sutradara Jonathan Liebesman membuat film invasi alien yang sekali lagi mengisahkan perjuangan umat manusia dalam menghadapi serangan alien. Film ini sendiri terinspirasi dari sebuah kejadian nyata yang terjadi pada tahun 1942 dimana saat itu langit Los Angeles dikejutkan oleh kemunculan benda angkasa tidak dikenal dan menimbulkan false alarm dimana kejadian itu lalu dikenal dengan sebutan "Battle of Los Angeles"

Film ini berpusat pada seorang veteran marinir berpangkat Staff Sergeant, bernama Michael Nantz (Aaron Eckhart). Nantz berniat untuk pensiun dari kehidupan militer yang sudah 20 tahun dia jalani. Beberapa waktu sebelumnya team yang dipimpin oleh Nantz di Irak tewas dan hanya menyisakan dirinya seorang. Hal itulah yang membuat Nantz menyimpan perasaan bersalah dan sering menjadi bahan perbincangan rekan dan bawahannya. Disaat dirinya sudah memutuskan pensiun, tiba-tiba ia mendapat panggilan tugas yang menyatakan kesatuannya membutuhkan bantuan Nantz. Ternyata saat itu dunia sedang digemparkan dengan jatuhnya meteor-meteor raksasa yang kemudian diketahui bersamaan dengan meteor tersebut turut pula alien-alien yang melakukan serangan kepada manusia. Saat itulah Nantz dan pasukannya harus mempertahankan kota Los Angeles dari invasi alien-alien tersebut.

Spesial efek film ini memang cukuplah dibilang bagus walaupun dengan bujet yang lebih dari 2x bujet "Distrcit 9" film ini masih terkesan kurang alami dalam penggambaran alien dan pesawat-pesawatnya, tapi untuk urusan penggambaran kemunculan alien dalam situasi perang film ini termasuk cukup bagus. Penggunaan teknik "kamera goyang" juga cukup mendukung penggmabaran adegan yang ada. Mencari ledakan dan baku tembak? Saya rasa penggemar adegan begitu dan penggila action akan cukup terhibur dengan film ini yang menggabungkan peperangan dan invasi alien dengan cukup baik, walaupun memang segala hal klise dalam film action dan perang banyak tergambar disini termasuk nasib dan karakterisasi tokoh yang ada khususnya Michael Nantz yang walaupun standar berhasil dibawakan dengan baik oleh Aaron Eckhart.

Dibalik segala adegan aksi dan baku tembaknya, "Battle: Los Angeles" kekurangan satu elemen yang sangat penting dalam sebuahfilm khususnya untuk film perang atau perjuangan menghadapi invasi alien. Bayangkan pertarungan sepasukan tentara terlatih menghadapi alien maka yang diharapkan pastilah aksi heroik nan epik dari jagoannya. Tapi sayangnya hal itu tidak terlihat disini. Daripada memperlihatkan aksi heroik, tentara di film ini lebih memilih mencurigai atasan mereka dan bertahan hidup secara individual. Hal itu memang wajar, tapi bukankah yang diharapkan penonton film perang macam ini adalah kepahlawanan jagoannya yang agak dilebihkan?

OVERALL: Standar film tentang invasi alien yang menampilkan cukup ledakan dan lumayan menghibur tapi kurang unsur epik dan kepahlawanan yang menggugah.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar