ROMANTIKA DALAM GELAP

Tidak ada komentar
Kali ini postingan saya tidak akan membahas tentang review sebuah film ataupun artikel lainnya mengenai dunia perfilman. Kali ini saya akan melakukan "sedikit" promosi tentang pementasan teater yang saya sutradarai dan naskahnya merupakan hasil tulisan saya sendiri. Teater? Ya, dalam tiga tahun saya menulis di blog ini memang saya tidak pernah sekalipun membahas mengenai pertunjukkan teater dan tetek bengeknya, karena hal itu sudah saya tuliskan di blog milik teater kampus yang saya ikuti (lebih jelasnya silahkan kunjungi blog "Keluarga Rapat Sebuah Teater"). Selama tiga tahun saya berkuliah memang saya bergabung dengan sebuah teater kampus di Psikologi UGM yang bernama Keluarga Rapat Sebuah Teater (KRST). Namun kali ini saya bukan akan membahas pengalaman saya berteater selama tiga tahun ataupun mengenai KRST, namun seperti yang saya singgung diatas saya akan berpromosi mengenai sebuah pementasan yang akan diadakan sekitar satu minggu lagi.

Pada tanggal 2 Mei 2013 besok akan diadakan sebuah pementasan teater berjudul "Romantika dalam Gelap" yang posternya bisa anda lihat di bagian atas posting. Pementasan tersebut akan diadakan tepatnya pukul 19:00 WIB di Gedung Societet Militer, Taman Budaya Yogyakarta. Selain itu, sekitar dua minggu berselang tepatnya tanggal 19 Mei 2013 pementasan kedua akan digelar di Purwokerto dengan jam yang sama dan berlokasi di Auditorium Fakultas Pertanian Universitas Jendral Soedirman. Tiket pre-sale sudah dijual mulai tanggal 24 April 2013 di Sekretariat KRST yang berletak di Fakultas Psikologi UGM. Namun bagi yang tidak berkesempatan datang membeli langsung bisa menghubungi CP (Aga: 089640244288 atau Rhoyan: 085726440099). Harga untuk tiket pre-sale adalah Rp 10.000 sedangkan untuk on the spot Rp 15.000. Untuk pre-sale hanya dijual sebanyak 100 lembar dari total 250 tiket, jadi bagi yang berminat bisa secepatnya menghubungi contact person diatas.
Screenshot adegan saat latihan
Untuk ceritanya sendiri, "Romantika dalam Gelap" pada dasarnya adalah sebuah kisah percintaan pria dan wanita. Sang pria bernama Regi dan sang wanita bernama Kara. Keduanya adalah sepasang mahasiswa yang sudah berpacaran selama empat bulan. Dari luar keduanya adalah sepasang kekasih yang begitu mesra dan nampak mempunyai tujuan ataupun harapan yang sama dalam hubungan tersebut. Namun di balik semua itu, kata hati mereka berkata lain. Regi sebenarnya adalah seorang pria yang mengutamakan hasrat dan nafsu dalam hubungan percintaannya. Tentu saja yang dia harapkan dari Kara bukan hanya sekedar cinta namun juga pemuas nafsu seksualnya. Sedangkan Kara adalah seseorang yang baru pertama kali ini berpacaran dan berharap menemukan sosok pria yang bisa menjaganya dan menghindarkan dirinya dari kesendirian yang selama ini ia rasakan. Sampai disaat hubungan mereka berjalan semakin jauh, mereka mulai melakukan berbagai macam hal tanpa memikirkan akibat yang akan mereka dapatkan nantinya. 
Screenshot adegan saat latihan
Dari sinopsis diatas memang "Romantika dalam Gelap" terdengar seperti sebuah kisah cinta yang klise dan sudah beratus bahkan beribu kali ditampilkan baik itu dalam naskah teater maupun film. Namun saya sebagai sutradara sekaligus penulis naskah mencoba membungkusnya dengan berbeda. Inspirasi utama saya dalam merangkum kisah ini adalah karya-karya David Lycnh dan Quentin Tarantino. Untuk Tarantino saya begitu menyukai bagaimana ia merangkum dialog dan sering memasukkan dialog yang sekilas terasa tidak punya arti namun mampu membawa suasana cerita, dan dialog-dialog macam itu yang coba saya hadirkan disini. Sedangkan Lynch cukup mempengaruhi saya dalam hal merangkum narasi cerita dimana sisi surealisme begitu kentara dalam karya-karyanya. Dalam naskah inipun saya coba sedikit memasukkan gaya Lynchian dimana ada beberapa adegan dengan metafora bahkan kemunculan karakter diluar karakter utama yang punya beberapa perlambang. Pada pementasan ini saya juga mencoba memasukkan berbagai macam tarian yang akan menyatu dengan kisahnya. Jadi bagi anda yang menyukai tari baik itu tari tradisional maupun kontemporer bisa menantikan hal-hal tersebut disini. Jadi bagi anda yang tertarik dan penasaran akan seperti apa "Romantika dalam Gelap" bisa segera menghubungi CP diatas untuk memesan tiket baik itu pementasan di Yogyakarta, Purwokerto, ataupun keduanya.
Salam MASUK AKAL!

Cast Romantika dalam Gelap
Rifky....sebagai....Regi
Ela.......sebagai....Kara
Gita.....sebagai....Kata Hati Regi
Afra.....sebagai....Kata Hati Kara
Helvi....sebagai....Mimpi Buruk
Anggi...sebagai....Rahmi
Khosy..sebagai....Andi
Pamela..sebagai...Penari
Tunggul..sebagai...Penari
Andin....sebagai...Penari
Santi.....sebagai....Penari
Annisa...sebagai...Penari
Kalista...sebagai...Penari
Astri......sebagai...Penari
Meta.....sebagai...Penari
Sulis......sebagai...Penari

Tidak ada komentar :

Comment Page: