SHARKNADO (2013)

4 komentar
Apa film paling fenomenal sepanjang tahun 2013? Jawabannya bukanlah Iron Man 3, Man of Steel ataupun Fast & Furious 6 melainkan sebuah mockbuster garapan studio The Asylum yang punya judul epic, Sharknado! Ditayangkan di stasiun televisi Syfy, film ini berhasil menimbulkan fenomena di dunia maya khsusunya di twitter dimana begitu banyak yang membicarakan mengenai judul film, premis hingga trailernya yang konon kabarnya begitu epic dan mendobrak segala batas imajinasi penulisan naskah film. Kehebohan tersebut membuat Sharknado diputar hingga tiga kali penayangan dan berhasil mengumpulkan penonton hingga diatas 5 juta. Bahkan film ini sempat ditayangkan di beberapa bioskop dan berhasil sold out. Sebuah pencapaian luar biasa dari film mockbuster yang biasanya hanya berakhir sebagai rilisan dvd yang menjadi bahan lelucon para penontonnya. Keberhasilan yang luar biasa tersebut bahkan membuat film ini akan dibuat sekuelnya yang rencananya akan dirilis pada tahun 2014. Jadi segila apakah serangan hiu yang datang bersama tornadi ini?

Tidak perlu panjang lebar untuk memaparkan cerita dari Sharknado yang intinya hanyalah usaha dari seorang surfer legendaris yang sekarang menjadi pemilik bar di pinggir pantai untuk menyelamatkan dirinya beserta keluarganya dari serangan ikan hiu ganas yang terbawa oleh angin topan raksasa hingga ke tengah kota Los Angeles. Tentunya apa yang diharapkan hadir dalam Sharknado adalah berbagai macam adegan gila yang akan meleburkan segala logika dan akal sehat penontonnya. Jika yang anda harapkan adalah ratusan hiu yang jatuh dari langit maka anda akan mendapatkannya. Jika yang anda harapkan adalah seorang tokoh utama super badass yang sanggup membelah ikan hiu terbang menjadi dua dengan memakai gergaji mesin maka anda akan menemukannya. Jika yang anda harapkan adalah usaha karakternya menghentikan angin topan raksasa dengan cara melemparkan bom kedalamnya maka anda juga akan mendapatkannya. Sebutkan saja hal-hal tidak masuk akal yang berkaitan dengan hiu yang terbang dibawa oleh tornado maka anda akan menemukan semuanya. Karena ini adalah Sharknado, dan seperti apa yang tertulis di tagline-nya, enough said!

Tentunya sebuah film mockbuster tidak akan memiliki efek CGI mewah karena bujetnya sendiri minimalis. Bahkan konon katanya rata-rata bujet dari film buatan Asylum tidak lebih dari $1 juta. Tapi justru lewat hal itulah saya bisa dengan puas mentertawakan segala kebodohan plot maupun keburukan efek visualnya. Tentu saja bukan sebuah tindakan buruk mentertawakan hal tersebut karena saya yakin seyakin-yakinnya bahwa mereka yang berada dibalik pembuatan film ini tahu benar bahwa Sharknado memang diciptakan sebagai sebuah hiburan murni tidak peduli bagaimana penonton dibuat terhibur bahkan emski dengan cara mentertawakan segala kebodohan serta keterbatasan dana filmnya. Sharknado adalah usaha sadar diri yang dilakukan dengan maksimal. Pembuatnya sadar bahwa ini adalah film bodoh yang ditujukan sebagai hiburan dan oleh karena itu kenapa tidak buat semua kebodohannya pada tingkat yang paling tinggi saja sekalian? Dari mana saja kebohannya? Lupakan dulu inti ceritanya tentang hiu-hiu yang terbang terbawa angin tersebut, karena tanpa hal itupun Sharknado sudah bodoh. Mulai dari akting pemain yang konyol bukan main (baca: Tara Reid) sampai berbagai dialog one liner yang memang diciptakan sekonyol mungkin.
Bicara one-liner hal tersebut adalah salah satu senjata utama untuk memberikan sentuhan komedi dalam film ini selain melalui plot luar biasa absurd tersebut. Akan ada begitu banyak dialog-dialog bodoh nan tidak penting yang saya jamin akan membuat anda tertawa setidaknya sekali atau dua kali. Bahkan film ini sempat memparodikan salah satu quote terkenal dalam film Jaws yang berbunyi "we're gonna need a bigger boat" menjadi "we're gonna need a bigger chopper". Sebuah bukti betapa jeniusnya Thunder Levin yang menulis naskah film ini. Sayang sekali keasyikan saya menonton Sharknado mengalami sebuah gangguan yang ironisnya datang dari strategi marketing film ini yang sebenarnya merupakan salah satu kunci keberhasilannya yang terbesar. Hal tersebut adalah banyaknya adegan-adegan keren dan gila yang sudah diumbar dalam trailer tersebut. Bahkan selain yang kita lihat di trailer tidak ada lagi adegan kurang ajar yang saya temui dalam filmnya. Masih ada memang adegan aneh lain tapi tidak ada yang segila adegan memotong hiu menjadi dua bagian ataupun menerobos masuk kedalam tubuh hiu.

Jika anda sudah menonton berbagai film Asylum lainnya seperti Sharktopus, Mega Piranha sampai Mega Shark versus Giant Octopus mungkin tidak akan menemukan hal baru disini karena sejujurnya kegilaan dan keanehan dalam Sharknado tidak beda jauh dengan film-film yang saya sebut diatas. Mungkin anda masih ingat adegan seekor hiu memakan pesawat dalam Mega Shark versus Giant Octopus yang juga menghebohkan itu. Strategi marketing yang baik adalah kunci fenomena kesuksesan film ini. Namun jika anda menginginkan hiburan yang bodoh namun menyenangkan maka tontonlah Sharknado dengan segala momen kerennya ini. Tidak banyak yang bisa saya bicarakan mengenai Sharknado karena memang hanya hiburan gila tanpa otaklah yang menjadi tujuan film ini, dan tujuan tersebut bisa dibilang berhasil.

4 komentar :

Comment Page:
Sultan Aulia mengatakan...

jadi penasaran ane gan seedan apa film ini
ngedownload dimana sih ?

Rasyidharry mengatakan...

Udah banyak kok linknya di web donlot film :)

Fariz Razi mengatakan...

Hshaha nih film heboh bgt yaa dari kmrn2 itu... sampe mau dibikin sekuelnya pula haha ntar coba lah kapan2 kalo sempet

Rasyidharry mengatakan...

Ati-ati otak bisa meleleh nontonnya