10 FILM TERBAIK 2022

18 komentar

2022 bukan tahun yang mulus bagi kegiatan saya bersinema. Di saat kesibukan meningkat, begitu pula jumlah tontonan, mengingat rilisan layar lebar dan streaming kini eksis bersamaan. Film yang disantap menurun (sekitar 220-230 judul), pun tidak seluruhnya sempat dituangkan dalam bentuk ulasan di blog ini. Alhasil pembuatan daftar ini juga mengalami kemunduran. 

Tapi apa pun kondisinya, rutinitas membuat daftar terbaik tiap tahun harus terus berjalan, bahkan jika kelak datang hari di mana kuantitas tulisan di blog ini makin menurun, atau tidak ada sama sekali. 

Sebelum memasuki daftar utama, berikut adalah honorable mentions, yang terdiri atas lima judul dengan kualitas tidak jauh berbeda dibanding penghuni 10 peringkat teratas. Writing with Fire menghantarkan kisah empowerment menggugah berlatar jurnalisme rakyat; Marcel the Shell with Shoes On menyajikan kombinasi animasi dengan live action sebagai sampul ide cerita uniknya; RRR menghadirkan kehebohan di seluruh dunia melalui gaya filmmaking yang mendobrak batasan; Barbarian adalah horor penuh kelokan yang luar bisa intens sekaligus menyenangkan; dan Official Competition dipenuhi interaksi brilian sebagai bentuk sentilan menggelitik terhadap pelaku industri film.

Dan inilah 10 FILM TERBAIK 2022 versi Movfreak:

10) AVATAR: THE WAY OF WATER
Bukankah banyak film dengan kualitas penceritaan yang menggunguli The Way of Water? Benar. Begitu pula anggapan bahwa "cerita" merupakan pondasi sebuah film. Tapi film dengan pencapaian teknologi luar biasa, termasuk efek 3D yang belum pernah ada sebelumnya, jelas pantas disebut sebagai salah satu jawara. 

9) JOYLAND
Sebuah paparan menyakitkan perihal efek domino, di mana kekolotan pikir begitu mengakar di masyarakat, sampai menciptakan kegetiran-kegetiran yang kelak berujung tragedi. Relevan, kompleks, pula adil dalam bertutur. Film terbaik yang saya tonton di JAFF 2022 lalu.

8) THE FALLOUT
Sebuah "film kecil" mengenai isu besar tentang bagaimana trauma amat menghancurkan. Trauma membuat individu terjatuh, tapi bukan berarti ia tak lagi utuh. Drama yang membawa Jenna Ortega naik kelas.

7) THE WORST PERSON IN THE WORLD
Apa cita-cita kita? Hendak melangkah ke mana kita di masa depan? Apakah ketidakmampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu menjadikan kita manusia terburuk di dunia dan tidak berguna? TIDAK! The Worst Person in the World tampil bak dekapan hangat bagi orang-orang yang masih terus berlari dan mencari.

6) THE OUTFIT
Salah satu film paling underrated tahun lalu. The Outfit menghadirkan bentuk sinema favorit saya. Cuma mencakup peristiwa satu malam, berlatar lokasi tunggal, mengedepankan akting serta interaksi layaknya drama panggung. Sangat intens. 

5) AFTERSUN
Selain "menyentuh", "unik" adalah kata yang paling tepat menggambarkan film ini. Bagaimana ia menampilan proses tumbuh kembang dalam satu liburan ayah-anak, menghadirkan penceritaan yang sekilas sederhana, tapi sesungguhnya amat berbeda. Aftersun merombak formula narasi film. 

4) LANGUAGE LESSONS
One of the first "amazing movies" that I've seen last year. Natalie Morales menjadikan kegiatan kursus Bahasa Spanyol jadi proses mempelajari bahasa yang jauh lebih penting dan universal. Bahasa kemanusiaan. 

3) TOP GUN: MAVERICK
Kalau Avatar: The Way of Water adalah pencapaian di ranah efek CGI dan 3D, maka Top Gun: Maverick menampik anggapan bahwa suguhan masif wajib bergantung pada komputer. Film ini mengingatkan hakikat sebuah blockbuster, yakni tontonan yang membuat penonton memercayai kemustahilan di layar lebar.

2) EVERYTHING EVERYWHERE ALL AT ONCE
Satu dari tiga calon terkuat pemenang Best Picture di Oscars 2023 (selain The Fabelmans dan The Banshees of Inisherin) ini merupakan contoh dari ucapan "imajinasi tanpa batas". Unik, segar, mengejutkan, berani, tanpa sekalipun melupakan hati.

1) DECISION TO LEAVE
Sekali menonton, saya menyukainya. Di pengalaman menonton kedua, saya mencintainya. Begitu menonton untuk kali ketiga dan seterusnya, saya menganggap karya terbaru Park Chan-wook ini adalah masterpiece. Kecerdikan dalam meleburkan dua genre yang belum pernah ada, barisan simbolisme yang ditanam dengan begitu jeli, film ini bagai puisi sensual yang menghipnotis sekaligus memabukkan. 

18 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

EVERYTHING EVERYWHERE ALL AT ONCE adalah film alur cerita & CGI keren yang absurd total mengalahkan timeline MCU dengan problematik yang sama mengenai time machine dengan sudut pandang berbeda
*
EVERYTHING EVERYWHERE ALL AT ONCE membuktikan kemampuan CGI juga bisa menguatkan skenario yang terbaik dan membuat kita betah untuk menonton film drama gado-gado fighting scene ala john wick dan superhero ala MCU DCU BCU

Aesthetic mengatakan...

The Fabelmans sama the banshees of Inisherin gak masuk dalam list film tahun ini bang?

Anonim mengatakan...

film lawas lanjutan TOP GUN: MAVERICK dikira hanya sekedar film tambah cuan, polesan semata mengenang masa lalu di tambah trailernya biasa saja namun blarrrrrr ketika nonton ini film menyuguhkan bukan saja adegan sport jantung mendebarkan suara dan gerakan kamera juga ditambah visualisasi dan alur cerita yang enak di tonton bahkan tanpa lihat film pertama nya pun masih asyik untuk di simak bahkan untuk dilanjutkan TOP GUN 3 atau pun prekuel sekuel atau pisah mengisahkan tokoh lainnya atau series tv pun layak dinanti, entah kapan

plot twist dan kejutan menambah film ini layak masuk jajaran terbaik 2022

Anonim mengatakan...

mas rasyid benar terkait film EVERYTHING EVERYWHERE ALL AT ONCE peringkat terbaik 2022 terbukti film ini terus meraih penghargaan ajang internasional sampai saat ini bahkan nanti oscar 2023 dan memang layak di tonton

Anonim mengatakan...

The Batman kira-kira masuk list top 20 ga bang

agngtmyhns mengatakan...

The Banshees of Inisherin > Decision to Leave, ups😜

Nugroho Suhartanto mengatakan...

Kirain peringkat satunya bakalan The Fabelmans. Ternyata malah nggak masuk. Hehehe... Btw, thank you buat list nya. Ini memang sudah ditunggu-tunggu lama oleh fansmu, mas Rasyid. :)
Semoga blog ini tetap jaya untuk selamanya, dan sedikit saran, mungkin bisa membuat akun instagram, yang isinya mirroring dari blog ini. Trims.

Cinema Paradiso mengatakan...

Aftersun reviewnya singkat bgt wkwk

SUNSHINE mengatakan...

Ini yg aku tunggu dari blog ini, LIST OF TOP MOVIES BY RASYID

Anonim mengatakan...

menunggu 10 film animasi terbaik ala khas mas rasyid

Likin mengatakan...

Akhirnya,, liat yg ditunggu tunggu keluar jg bang..
Bakal bnyak film yg ditonton stlah baca review ini..
Matursuwun Mas

Anonim mengatakan...

Fix, Rasyid belum nonton THE BANSHEES OF INISHERIN 🤣

Anonim mengatakan...

mas di tunggu 10 film asia terbaik ya

Soang mengatakan...

Asli film Banshees menurut saya mantap banget. Emosional dan ceritanya unik, ditambah lokasi syutingnya.... Banyak karakter menarik di film ini.... 5 besar versi saya ini.

Soang mengatakan...

Saya emang belum nonton Decision... Tapi Banshees menurut saya sangat bagus. Jokes dan emosionalnya ok banget!

Anonim mengatakan...

Tapi kok Decision to leave gak masuk oscar samasekali?

Anonim mengatakan...

Literasinya diperbaiki ya mas/mbak jangan cuma ingin berkomentar

Gunawan S mengatakan...

Share Info film terbaik 2023 saat ini, hhe