REVIEW - HOME FOR RENT

17 komentar

Home for Rent berpotensi jadi sajian horor soal aliran sesat yang spesial. Ketika tema serupa cenderung memotret si penganut sebagai sosok gila yang kehilangan akal sehat, rilisan terbaru GDH ini melihatnya dari sudut pandang berbeda. Andai saja naskah yang ditulis sang sutradara, Sophon Sakdaphisit (Coming Soon, Laddaland, The Swimmers), bersama Tanida Hantaweewatana (Bad Genius), tahu cara mengontrol diri dalam urusan melempar twist. 

Seperti judulnya, pasutri Ning (Nittha Jirayungyurn) dan Kwin (Sukollawat Kanarot) memutuskan menyewakan rumah mereka, untuk kemudian tinggal di sebuah apartemen bersama sang puteri, Ing (Thanyaphat Mayuraleela). Penyewanya adalah seorang dokter bernama Ratree (Penpak Sirikul). Tentu ia bukan dokter sungguhan, dan filmnya tak memaksa kita berpura-pura bodoh dengan menyembunyikan fakta itu terlalu lama. 

Home for Rent bergerak cepat. Ratree terungkap sebagai pemimpin sebuah kultus, sedangkan Kwin merupakan salah satu pengikutnya. Ning mendapati sang suami melakukan ritual aneh tiap pukul 4 dinihari, dan sejak itu ia pun kerap mendapati gangguan mistis. 

Mayoritas terornya berkutat di penampakan hantu berwujud anak perempuan, yang sayangnya, dieksekusi secara murahan oleh Sophon Sakdaphisit. Trik medioker (baca: hantu setor muka) hingga gebrakan efek suara berisik masih jadi andalan. 

Satu poin penyelamat berasal dari iringan musik gubahan Vichaya Vatanasapt (One Day, Bad Genius, Friend Zone), yang muncul dengan beragam bunyi-bunyian janggal nan creepy, termasuk lantunan mantra milik aliran sesatnya. Sebuah pencapaian di bidang audio yang gagal ditandingi departemen visual. 

Home for Rent sejatinya memunculkan harapan akan perbaikan kualitas, tatkala kompilasi jumpscare sejenak dikesampingkan untuk memberi ruang pada cerita. Bukan lewat cara yang "cantik", karena Home for Rent menerapkan gaya narasi yang menggantungkan seluruh pengungkapan fakta melalui flashback. 

Paruh keduanya praktis didominasi flashback dari berbagai masa. Setidaknya di titik itu ia mau bercerita. Tiap cerita menyibak fakta baru mengenai tokoh-tokohnya, tiap fakta membawa kejutan. Di situlah perspektif segar Home for Rent timbul ke permukaan. Kegilaan karakter serta tindakan di luar nalarnya diposisikan selaku wujud coping manusiawi atas suatu tragedi. Bukan cuma dijustifikasi, keputusan mereka pun memancing simpati.

Muncul pula subteks mengenai "rumah" di konklusi. Bagaimana rumah (tidak melulu berupa bangunan) bisa jadi hanya persinggahan sementara, atau justru tempat menetap selamanya. Ada kalanya rumah itu dimiliki, ada kalanya sebatas sewaan. Tapi yang mana pun, pada akhirnya kita mesti beradaptasi, lalu belajar mencintai rumah yang jadi tempat kita berteduh itu. 

Kalau saja Home for Rent menutup penceritaannya beberapa menit lebih awal. Sayangnya tidak. Tatkala naskahnya berambisi terus mengejutkan penonton menggunakan barisan kejutan tanpa akhir, filmnya pun terlempar keluar jalur, terjebak dalam kerumitan-kerumitan tak perlu yang memangkas dampak emosinya. Hanya ada twist, twist, dan twist.

17 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

duh, jelek banget ini film, nggak lucu blas,,,lebih lucu film komedi warkop daripada film home for rent, serba tanggung ini film bikin kita ngantuk

Unknown mengatakan...

Tumben beda ama Rangga sama Arya

Anonim mengatakan...

ini film pasti tayang terbatas, jam terbatas dan layar terbatas

kita nantikan tanggal 21 juni

Anonim mengatakan...

minggu kemarin, udah nonton...biasa aja, gaya aksen bicara mengganggu di telinga nggak jelas blas seperti menggumam

skor nilai : 6 5/10

Anonim mengatakan...

film alternatif yang selalu memberi warna bagi penonton yang suka nonton di bioskop agar tidak monoton

Anonim mengatakan...

berisik banget ini film, nggak ada mutu banget abis recehan dikeluarkan

Anonim mengatakan...

OMG WTF !!!

Anonim mengatakan...

berasa nonton film komedi tahun 70an

Anonim mengatakan...

absurd slowburn

Anonim mengatakan...

film jelek nggak wajib di tonton

Anonim mengatakan...

trailer nya biasa aja ini nggak bikin bagaimana gi tu

Anonim mengatakan...

nonton nggak ya ini film

Anonim mengatakan...

21 juni tayang film ini di layar bioskop terbatas dengan jam tayang terbatas

Anonim mengatakan...

malas ah nonton film ini jadual jam tayang nya nggak jelas

Anonim mengatakan...

skip, jelek

Anonim mengatakan...

thanks mr.rasyid

Anonim mengatakan...

terimakasih mas rasyid