10 FILM ASING TERBAIK 2023

25 komentar

Mengapa saya tetap membuat daftar ini di saat jumlah tontonan selama tahun 2023 menurun drastis? Karena bagi saya, daftar terbaik tahunan bukanlah ajang pamer siapa yang lebih banyak menonton, atau seberapa sering seseorang mengonsumsi karya antimainstream, melainkan sebuah kapsul waktu yang mencerminkan fase kehidupan pembuatnya dalam setahun terakhir. 

Di luar 10 judul yang masuk jajaran teratas, ada lima judul yang terlalu sayang untuk tak saya sertakan dalam artikel ini. Past Lives dengan konklusi yang masih menghantui sampai sekarang, Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem dengan keliaran animasinya, Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang jadi perpisahan emosional, Barbie dengan kreativitasnya menyusun kisah empowerment, dan Killers of the Flower Moon yang sedemikian mendalam mengeksplorasi ruang gelap manusia. 

Berikut adalah "10 Film Asing Terbaik 2023" versi Movfreak yang terdiri dari film-film yang rilis di Indonesia (bioskop, streaming, festival) sepanjang tahun lalu.

Kisah mengenai relasi manusia dengan lingkungannya, juga benturan antara modernisasi dan alam, yang oleh Ryusuke Hamaguchi dikemas begitu menghipnotis. 

Hayao Miyazaki kembali dari masa pensiun dan langsung melahirkan mahakarya mengenai proses pendewasaan seraya menghadapi duka, yang hadir lebih sureal dibanding karya-karya sang legenda biasanya.

Kejutan terbesar tahun lalu. Sebuah adaptasi yang dapat dengan mudah menjadi satu lagi produk generik ala Hollywood, nyatanya justru menghadirkan perpaduan magis antara Paddington dan La La Land. 

Salah satu film aksi terbaik sepanjang masa. Sesederhana itu. Setiap set piece aksi digarap dengan perhatian luar biasa akan detail serta estetika. 

Hirokazo Kore-eda memanfaatkan Rashomon effect guna mengingatkan penonton akan pentingnya proses mengenali. Bahwa monster di dunia nyata bukanlah sesosok raksasa melainkan jahatnya prasangka. 

Perjalanan dua setengah jam yang tak pernah melepaskan cengkeraman intensitasnya. Ketika misteri pembunuhan(?) menarik berpadu dengan drama yang mempertanyakan perihal definisi "kebenaran".

Sebuah surat cinta sekaligus benci terhadap sinema beserta industrinya yang tampil luar biasa megah nan magis. Film yang saya yakin reputasinya bakal terus membaik dalam tahun-tahun ke depan.

One of a kind. Begitulah debut penyutradaraan Jason Yu ini. Memadukan beragam genre untuk menciptakan suguhan sarat kejutan, yang (sayangnya) berujung jadi kado perpisahan dari Lee Sun-kyun. Rest in peace. 

Makin liar dalam teknik animasi, makin gila pula dalam bercerita. Sebuah sekuel yang sanggup melampaui pencapaian memikat pendahulunya. 

Kulminasi dari karya-karya seorang Christopher Nolan, di mana segala kekhasan yang identik dengan sang sineas mencapai titik terbaiknya. Ditunjang akting superior Cillian Murphy, Nolan akhirnya berhasil mementahkan tudingan bahwa ia kurang jago menghantarkan emosi. Oppenheimer adalah karya paling emosional dari sang sutradara, tentunya dengan caranya sendiri. 


25 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

Film Homo Terbaik adalah Monster

Keren

Anonim mengatakan...

Oppenheimer, dimana tony stark memulai perjalanan hidupnya dari sisi gelap iron man

Hebat, meraih Golden Globe 2023/2024

Anonim mengatakan...

Babyloon un sensor dong itu keren

Anonim mengatakan...

Yes Eyang John Wick

Anonim mengatakan...

Monster hmmmmmm perhomoan sejak dini itu ternyata bukan penyakit & bukan menular, hidup itu pilihan

Anonim mengatakan...

Bagus bagus ini film asing nya

Anonim mengatakan...

Hayao Miyazaki too dark bagi film kartun

agoesinema mengatakan...

John Wick film yg sangat melelahkan buat saya. Terlalu banyak repetisi adegan. Hanya Donnie Yen yg bisa menyegarkan film itu.

Anonim mengatakan...

Killers of the flowers moon ngga masuk bang?

Anonim mengatakan...

Udah gak heran di listnya pasti tercemar film dari manusia-manusia plastik

Anonim mengatakan...

We Love Spiderman

Anonim mengatakan...

2024 Menunggu Kembali Film Asing Terbaik, Start Now January

Anonim mengatakan...

Anime Peraih Golden Globe Otomatis Nanti Oscar pun di sabet tuntas

Anonim mengatakan...

Ulasan yang keren dari mas rasyid

Anonim mengatakan...

Om Tony Stark emang keren

Anonim mengatakan...

Nonton wonka jadi pengen ngemut permen coklat

Anonim mengatakan...

Babyloon Baby Banget 💕💕💕

Anonim mengatakan...

Hirokazo Kore-eda Cape Ngantuk di bayar tuntas dengan ending bikin sakit kepala mual muntah, good job

Anonim mengatakan...

Ulasan keren mas rasyid, thanks

Anonim mengatakan...

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem di poles 2D & 3D secara abstrak dan wow ciamik

Anonim mengatakan...

10 film luar biasa

ASHBAR mengatakan...

Elemental, Mario Bross, Gran Turismo, Blackberry, Tetris dan Air gak masuk bang?

Anonim mengatakan...

nggak ada film XXX

Anonim mengatakan...

good film 10

Anonim mengatakan...

wow film asing keren