THE DILEMMA (2011)

Tidak ada komentar
Ada jenis film dimana tokoh yang ada didalamnya berperan sebagai orang yang lebih tahu fakta sesungguhnya didalam cerita film tersebut dibanding penonton, ada juga jenis film dimana penonton menjadi pihak serba tahu dan lebih tahu dibanding karakter dalam film tersebut. "The Dilemma" termasuk jenis yang kedua dimana penonton adalah orang yang lebih tahu dibanding mayoritas karakter yang ada mengenai fakta sesungguhnya yang terjadi. Saya sendiri tidak membenci film sejenis itu. Tapi disaat "The Dilemma" juga turut menggabungkan elemen salah paham yang agak berlebihan dimana saya sebagai penonton sudah tahu fakta sesungguhnya, maka hal itu menjadi tidak menyenangkan diikuti.

Ronny (Vince Vaughn) dan Nick (Kevin James) adalah sahabat yang sangat dekat sudah sejak lama. Bahkan kekasih Ronny, Beth (Jennifer Connelly) dan istri Nick, Geneva (Wynona Ryder) juga berteman dekat. Mereka seringkali melakukan double date. Ronny dan Nick juga adalah partner bisnis yang saling melengkapi. Ronny ahli bicara, sedangkan Nick adalah si jenius yang menjadi otak bisnis mereka. Saat itu keduanya tengah mengejar deadline sebuah proyek yang akan menghasilkan banyak uang. Deadline itu membuat keduanya cukup tertekan. Khususnya bagi Nick yang saat itu tengah berniat melamar kekasihnya tapi masih bingung bagaimana melakukannya.
 
Disaat sedang mencari tempat yang tepat untuk melamar Beth, secara tidak sengaja Ronny melihat Geneva ada ditempat yang sama. Alangkah kagetnya Ronny mendapati istri sahabatnya sedang berciuman dengan pria lain, yang belakangan diketahui bernama Zip (Channing Tatum). Ronny yang ragu memberitahukan ini pada Nick memilih terus membututi Geneva dan Zip. Hal ini tentu saja menjadi dilema tersendiri karena apabila dia memberitahu Nick tentu sahabatnya itu akan sangat terluka. Apalagi Nick sedang mengalami tekanan dikejar deadline proyek mereka.

Lihat berbagai nama besar yang ada. Selain yang sudah saya sebutkan dalam sinopsis masih ada Queen Latifah di jajaran cast "The Dilemma". Sutradaranya juga tidak main-main, yakni Ron Howard yang menyajikan pada kita film-film seperti "A Beautiful Mind", "Frost/Nixon" sampai "The Da Vinci Code". Tapi sayangnya segala potensi tersebut terbuang sia-sia, khususnya karena naskah yang ditulis Allan Loeb seperti yang saya katakan diatas terlalu banyak memberikan porsi kepada "kesalahpahaman" sebagai faktor utama pemicu konflik di film ini. Awalnya memang masih menghibur dan cukup membuat penasaran. Tapi lama kelamaan disaat kita sudah tahu fakta sebenarnya, terasa menyebalkan dan melelahkan mengikuti jalan cerita film ini. Toh saya sudah tahu akhir cerita film ber-genre macam ini akan seperti apa. "The Dilemma" coba menyajikan pesan mengenai kejujuran dan keterbukaan terhadap orang terdekat. Pesan itu sebenarnya tersampaikan tapi jalan cerita yang tidak nyaman diikuti menjadi mengaburkann hal tersebut.

Jajaran pemainnya juga memberikan akting yang tidak spesial walaupun masih masuk kategori luamayan untuk ukuran film komedi. Vinca Vaughn sudah mulai terjebak dengan karakter yang begini-begini saja. Kevin James memainkan peran yang lebih serius dibanding di "Paul Blart" dan dia cukup bagus disini. Wynono Ryder juga bisa dibilang bagus. Yang cukup menarik justru Channing Tatum dimana dia memainkan karakter yang cukup konyol, berbeda dengan kebanyakan karakternya yang berada di seputaran cowok cool.

OVERALL: Premis menarik dan jajaran pemain serta sutradara besar tidak mampu menyelamatkan "The Dilemma" dari lemahnya naskah yang ada dan menjadi film yang kurang menyenangkan.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar