BALIBO (2009)

2 komentar

Ini dia film yang beberapa waktu lalu mengundang kontroversi di Indonesia. Kabarnya film ini mengandung muatan polistis yang sangat menyudutkan Indonesia. Film ini sendiri sempat dicekal di beberapa tempat di Indonesia termasuk festival Jiffest. Tapi pelarangnan pemutaran film ini justru bikin penasaran. Saya sendiri merasa gak mungkin terdoktrin oleh film ini, makanya saya terus nyari nih film.

Dikisahkan 5 wartawan Australia sedang meliput ketegangan yang terjadi di Timor Leste tahun 1975. Saat itu Indonesia emang lagi nginvasi Timor Leste a.k.a Timor Timur. Kelima jurnalis ini nekat untuk meliput di daerah bernama Balibo yang berada dekat eprbatasan Timor Leste & Indonesia. Bahkan mereka nekat ngambil gambar TNI yang lagi mulai invasi. Dan sialnya mereka ketahuan & diburu sampe ke sebuah rumah. Mereka berusaha meyakinkan kalo mereka adalah wartawan Australia. Apa mereka selamat atau malah dibantai disana? Beberapa bulan kemudian, Roger East seorang wartawan senior Australia


memutuskan datang ke Timor atas permintaan Jose Ramos Horta, yang waktu itu masih seorang pejuang muda Fretilin. Roger sendiri memutuskan menyelidiki hilangnya 5 jurnalis itu dan mendatangi Balibo walau udah diperingatkan. Apakah Roger berhasil menemukan fakta dibalik hilangnya para jurnalis tersebut?

Yah, film ini emang sangat menyudutkan Indonesia khususnya TNI. Mulai dari teks narasi, adegan, sampe dialog antar tokohnya menggambarkan kalo Indonesia adalah negara kejam yang tentaranya asal bunuh warga. Tapi saya mencoba menyikapi film ini dengan netral. Toh saya gak tahu gimana kebenaran asli dibalik kasus ini. Film ini dibikin sedikit dokumenter. Ketegangan didalamnya juga dihasilkan dengan cukup baik. Adat & alam Timor juga lumayan terkspos. Saya suka mendengarkan lagu daerah sana yang dinyanyikan oleh anak kecil yang terasa damai. Gak banyak yang bisa saya tulis karena emang film ini sarat nuansa politis & saya coba bersikap netral. Film ini sendiri emang berdasarkan kisah nyata, tapi lewat sudut pandang Australia. Saya rasa Indonesia jangan cuma mencak-mencak protes menanggapi ni film. Buatlah film Balibo versi Indonesia yang berupa pembelaan kalo negara kita ini bukan negara bengis.

OVERALL: Kalo anda mudah terpengaruh film ini boleh ditinggalkan karena film ini mendoktrin dengan "cukup baik". Kandungan thriller & dramanya sendiri cukup menghibur.

RATING: 

2 komentar :

  1. cari dvdnya susah banget nihhh :p

    BalasHapus
  2. Iya ni, setelah nyari lama akhirnya baru dapet
    :D
    Mungkin karena kontroversial itu

    BalasHapus