DAYBREAKERS (2010)

Tidak ada komentar

Setelah kemaren saya dibuat puas dengan film vampir korea "Thirst" yang ngembaliin vampir ke hakikat asalnya sebagai makhluk buas penghisap darah, kali ini saya nonton film vampir bikinan Hollywood (lagi). Dengan harapan film ini bakal jadi film vampir yang berbeda dari formula mainstream hollywood akhir-akhir ini. Dan dari premisnya sepertinya emang ini film yang menghadirkan suasana vampir yang lebih horror dan mengumbar banyak adegan gore.

Tahun 2019 diceritakan dunia udah sangat berubah. Populasi manusia tinggal 5%. Sedangkan sisanya adalah vampir. Hal itu karena pas tahun 2009 terjadi peristiwa bernama "Outbreak" yang ngebikin manusia terinfeksi virus vampir & menjadi vampir tentunya. Tapi lama kelamaan populasi manusia berkurang. Otomatis persediaan darah buat diminum vampir ikutan menipis. Sehingga banyak vampir yang "dehidrasi". Dehidrasi bikin vampir bermutasi jadi sebuah makhluk buas yang lebih mirip gabungan monster kelelawar+zombie yang disebut "Subsider". Edward Dalton (bukan Cullen) adalah vampir yang bersimpati sama manusia. Dia adalah doktor di perusahaan Charles Bromley yang neliti tentang alternatif konsumsi pengganti darah buat vampir. Tapi penelitiannya menemui jalan buntu.


Sampe suatu hari dia bertemu rombongan manusia, yang ngenalin dia sama Elvis. Manusia yang dulu pernah jadi vampir tapi bisa sembuh. Edward mulai nyari tahu sebabnya bisa sembuh. Di lain pihak dia berbalik bgelawan perusahaannya sehingga dia jadi buronan militer yang didalamanya terdapat adiknya sendiri. Apa sebenrnya penawar supaya vampir bisa kembali jadi manusia? Yak, akhirnya hollywood mulai kembali ke resep awal vampir. Film ini lumayan menyegarkan tentunya. Dan yang lebih bagusnya, ini film asli bikinan duo sutradara Spierig bersaudara, alias bukan adaptasi buku atopun remake film lama. Film ini kelihatan unik karena ngebalik formula lama. Biasanya vampir adalah kaum minoritas yang bersembunyi dari manusia. Sekarang kebalik, manusia jadi minoritas dan seluruh dunia dikuasai vampir yang beraktifitas sama seperti layaknya manusia.

Adegan gore di film ini cukup bisa dikasih nilai lebih. Gak berlebihan tapi kelihatan cukup sadis. Adegan pas manusia dicabik-cabik dan ditenteng kepalanya juga cukup realistis. Tapi rasanya film ini kurang nonjolin kemampuan super vampir. Jadi kesannya vampir disini cuman monster haus darah yang takut sinar matahari. Tapi mungkin itu dilakuin supaya film ini lebih terlihat realistis. That's ok.

OVERALL: Bersiap melihat penampilan tokoh EDWARD yang berbeda. Tetep tokoh protagonis, cuman lebih bisa berekspresi "uuuups" Daybreakers adalah film vampir yang cukup baik dan seru ditonton. Ide penggabungan horror dan Sci-Fi juga cukup berhasil.


RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar