I LOVE YOU PHILLIP MORRIS (2009)

Tidak ada komentar

Nama Jim Carrey dulu adalah jaminan mutu dan pengeruk uang di film komedi. Kalo ada Jim Carrey dipastikan kita akan terhibur dengan kelucuan, dan pihak studio terhibur dengan keuntungan besar dari filmnya. Tapi beberapa tahun terakhir namanya mulai meredup. Filmnya yang sukses praktis cuma Yes Man dan A Christmas Carrol. Bahkan percobaannya bermain di film horror The Number 23 berujung pada dinominasikannya Carrey di Razzie sebagai aktor terburuk. Tapi kali ini dia punya senjata baru. Yaituu film ini dimana dia berperan sebagai Steven Jay Russell yang seorang gay. Film ini diangkat dari kisah nyata Steven Russell. Apakah dia bisa mengembalikan kejayaannya.

Steven Russell (Jim Carrey) adalah seorang polisi yang punya istri dan anak. Mereka hidup bahagia. Steven sendiri masih terus mencari keberadaan ibu kandungnya. Setelah dia menemukan sang ibu kandung, ternyata ibunya gak mau mengakui yang membuatnya emosi dan berhenti dari kepolisian. Suatu ahri dia mengalami kecelakaan. Saat di rumah sakit dia mengaku ke istrinya kalo dia adalah gay. Mulai saat itu Steven menjalani hidup baru bersama sang pacar, Jimmy (Rodrigo Santoro).


Sadar menjadi gay ternyata butuh biaya, Steven mulai bertindak kriminal yakni memalsukan asuransi yang membuatnya dijebloskan ke penjara. Di penjara dia justru ketemu seorang gay bernama Phillip Moris (Evan McGregor). Mereka pun saling ajtuh cinta walopun sempet terpisah jarak karena penjaranya berjauhan. Bagaimana hubungan mereka berlanjut?

Biasanya saya kurang suka film bertema gay karena beberapa alasan. Kalo porsi drama di film gay kayanya gak mempedulikan romantisme, cuma menonjolkan seks antarpria yang bikin jijik menurut saya pribadi. Kalo porsi komedinya juga selalu yang berbau seks dan kadang malah jayus. Tapi film ini beda. Romantisme antar Steven & Phillip terasa cukup menyentuh. Bagaimana Steven menuliskan kata-kata romantis di coklat Phillip. Ato bagaimana Steven rela melanggar hukum dan keluar masuk penjara demi membahagiakan pacarnya. Kalo dari segi komedi, Jim Carrey kadang emang agak terkesan lebay di film-filnya, disini malah cukup normal tapi tetep lucu. Suguhan yang paling menghibur jelas aksi Steven yang keluar masuk penjara. Trik-trik yang dia lakukan untuk kabur dari penjara emang unik. Khususnya di bagian ending dimana saya sempat sedikit tertipu dengan endingnya. Setidaknya, film yang rilis tahun 2009 di festival tapi baru di 2010 rilis di teater ini bisa membuktikan Jim Carrey belum habis walopun pemasukannya kurang memuaskan.

OVERALL: Film yang lucu, tidak terlalu berlebihan kadar seks antar gay di dalamnya. Salah satu komedi terbaik tahun ini.

RATING:
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar