IP MAN 2 (2010)

2 komentar

Film Ip Man yang pertama adalah film yang membuka mata saya tentang kualitas film-film Asia. Sebelumnya saya merasa malas menonton film Asia karena saya kira akting & cinematografinya masih kurang dibanding Hollywood. Tapi ternyata setelah lama-lama jenuh dengan film Hollywood yang plotnya itu-itu aja, film bikinan Asia ternyata punya kekuatan sendiri. Dan film Ip Man ini punya kekuatan di Martial Arts yang seru dan akting Donnie Yen sebagai Ip Man yang sangat ikonik, menyamai Jet Li sebagai Wong Fei Hung. Makanya sekuelnya saya harap bisa paling enggak sejajar dengan film pertamanya.

Film ini mengambil setting setelah Ip Man bersama anak istrinya pindah ke Hong Kong. Kalo di film pertama Ip Man menolak membuka perguruan kung fu, kali ini dia sengaja ngebuka perguruan demi menghidupi keluarganya. Ternyata usahanya mendapat tantangan dari guru beladiri lain disana yang mengharuskan membayar bahkan bertarung dengan master lainnya untuk membuka perguruan.
Tapi konfliknya bukan hanya itu. Konflik sesungguhnya datang dari orang Inggris yang mengadakan turnamen tinju. Perwakilan Inggris adalah petinju beringas, Twister yang merendahkan harga diri Cina. Maka sekali lagi Ip Man dan master kung fu lain harus turun bertarung menghentikan penindasan bangsanya.

Yang saya tangkap adalah, film ini sangat berasa seperti pengulangan film pertamanya. Bagaimana bagian awal film dimulai dengan perseteruan antara Ip Man dan master kung fu lokal yang kemudian bergabung melawan penjajah. Selain itu penggambaran tokoh lainya juga mirip, seperti orang Cina yang jadi bawahan orang asing, master kung fu yang jadi rival tapi berubah jadi temen Ip Man, sampe endingnya sendiri agak mirip film pertamanya. Membuat semuanya terasa predictable bagi saya. Kelebihan dari film ini adalah dikuranginya kesuperan Ip Man. Di film pertama, jangankan kalah, melawan penjahat utamanya aja dia gak kesulitan sama sekali. Kali ini, si musuh utama Twister berhasil merepotkan Ip Man. Kalo dari sgi aksi Ip Man udah digambarkan normal, dari segi nurani beda. Masih aja terlihat sangat baik. Padahal aslinya dia adalah seorang candu opium yang menghabiskan uang buat ngedrugs. Bahkan dia meminta bayaran sangat mahal dari murid-muridnya untuk beli opium.

Yang jadi daya tarik lain adalah munculnya Sammo Hung yang menampilkan kung fu yang luarbiasa. Padahal dia udah tua dan bodynya gemuk begitu. Kemudian disini juga muncul murid Ip Man yang paling terkenal, Bruce Lee. Yah, walopun cuman beberapa saat, tapi itu cukup memberi clue kalo film ketiga Ip Man mungkin berkisar pada Ip Man yang mulai melatih Bruce Lee. Tapi sayangnya terdengar kabar kurang enak, kalo Donnie Yen menolak ikutan lagi. Menurut saya sih:  No Donnie yen, No Ip Man!

OVERALL: Terlepas dari pengulangan film pertamanya, Ip Man 2 tetep film berkualitas yang masuk favorit saya diantara film-film 2010 ini.

RATING: 

2 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

KOntol kontol kontol
mana link downloadnya ?!!!!!

Amri Fathoni mengatakan...

Syid ono fans Syid