FANTASTIC MR. FOX (2009)

Tidak ada komentar

Penghargaan Oscar tahun lalu untuk Film Animasi terbaik emang udah banyak yang memprediksi bakal dimenangkan oleh UP. Tapi bukan berarti kemenangan tuh film tanpa perlawanan. Ada 2 film stop motion yang jadi saingan berat Up, yaitu Coraline dan Fantastic Mr. Fox. Kedua film itu punya gaya masing-masing yang cocok buat orang yang udah bosan dengan gaya animasi CGI yang jamak dipakai termasuk oleh Up. Untuk Fantastic Mr. Fox, film ini mempunyai pengisi suara yang merupakan bintang kelas satu Hollywood. Sebut aja George Clooney, Meryl Streep, Bill Murray, Willem Dafoe, sampe Owen Wilson. Jelas ini jadi salah satu magnet penarik penonton.

Film yang diadaptasi dari novel anak-anak berjudul sama ini mengisahkan tentang Mr. Fox (George Clooney), seorang rubah yang sangat ahli dalam hal mencuri ayam. Tapi pekerjaannya itu terpaksa ia tinggalkan setelah sang istri, Mrs. Fox (Meryl Streep) hamil. Kehidupannya berubah menjadi seperti kelaurga normal. Dia bekerja sebagai kolumnis sebuah koran dan tinggal bersama istri dan anaknya, Ash Fox yang cenderung nakal dan moody. Sebenernya hidup mereka lancar sampe Mr. Fox memutuskan kembali melakukan sebuah pencurian. Pencurian yang direncanakan olehnya sebagai pencurian terakhir dan terbesar yang pernah dia lakukan. Target pencurian itu adalah 3 peternak yang terkenal kejam dan punya pengamanan ekstra ketat terhadap hasil ternak mereka.


Berkat rencana cerdiknya, Mr. Fox berhasil mencuri hasil ternak para petani itu. Ternyata merka bertiga tidak tinggal diam dan mencoba membalas Mr. Fox dengan cara mencoba membunuhnya beserta seluruh keluarganya. Bagaimana nasib Mr. Fox beserta keluarganya?

Emang yang namanya teknik animasi stop motion punya kenikmatan sendiri untuk ditonton. Di film ini, kedetilan animasinya emang detil dan keren. Mata kita bakal dimanjakan oleh grafis yang sangat catchy. Kelucuan yang ditampilkan juga kena banget. Emang rada berasa aneh, tapi itulah kekuatan utama film ini. Setiap potongan gambar film ini selalu memperlihatkan scene yang bagus. Walopun dari segi animasinya saya lebih suka Marry & Max. Dari segi cerita sebenernya gak spesial banget, tapi sekali lagi stop motion di film ini membuatny menjadi spesial. Coba kalo adegan masterplan Mr. Fox dalam mencuri lebih diperpanjang dan sedikit dirumitkan pasti bakal lebih menarik. Walopun film ini kalah dari Up, secara keseluruhan film ini tetep luarbiasa. Kekurangna Fantastic Mr. Fox dibanding Up mungkin cuma ada di kedalaman cerita untuk menyentuh para penonton, walopun menurut saya cerita di film ini cukup bermakna dan memberikan baynyak pembelajaran.

OVERALL: Film yang sangat menyenangkan untuk ditonton. Sangat memanjakan mata dan pikiran.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar